CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Numpang Tanya: Gimana Sih Cara Mengasah Pisau yang Benar?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf5c21b41d300f3600f271/numpang-tanya-gimana-sih-cara-mengasah-pisau-yang-benar

Numpang Tanya: Gimana Sih Cara Mengasah Pisau yang Benar?

Hai GanSis ketemu lagi dengan aku.. dan kali ini aku mau numpang bertanya nih gan. Terutama buat agan agan di sini. Pada tau pisau kan? Nah ini adalah salah satu peralatan dapur yang mungkin di tiap rumah pasti punya. Kalau di rumah aku sih emang cuman ada beberapa pisau saja, diantaranya adalah pisau buat memotong sayuran, pisau untuk memotong daging/ayam, pisau buat memotong buah-buahan, dan terakhir adalah pisau biasanya untuk memotong roti. Maaf.. nggak lengkap, karena memang kebutuhannya sejauh ini cuman buat itu-itu saja.

Setelah sekian lam pisau itu dipakai, lama-lama memang ketajamannya sedikit berkurang. Terlebih lagi untuk pisau untuk memotong sayur, mungkin karena memang pisau ini adalah pisau paling banyak memiliki jam terbang (digunakan).


Quote:



Beberapa hari lalu udah browsing dan sempet nontonin beberapa video di youtube. Pakai batu asahan terus dibasahi. Tapi kata temen aku sih sebenarnya ga usah dibasahin juga bisa. Bingung deh.. sebenarnya cara mengasah pisau yang bener itu gimana. 

Mungkin agan agan pada bisa bantu kasih aku pencerahan? Boleh tolong yah Gan.. Mohon dibantu pencerahannya Gan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TheKimuraituQ dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
ngasahnya satu arah aja... emoticon-Cool
profile-picture
febrifzn memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Dibasahin sedikit....buat ngelancarin gesekkan...
Satu arah...jgn bolak balik. Buat lbh yakin hasilnya....ditest ...gesekkin keleher kambing tetangga..
Kalo tuh kambing geli2 menggeliat...brarti cara ente manjur... emoticon-Malu (S)
Numpang Tanya: Gimana Sih Cara Mengasah Pisau yang Benar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jackreach dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Kyk lg iris daging

1 arah sudut 30 drajat
Atau kalau mau awet tajemnya bisa lbh rendah sudutnya, tp lama ngasahnya

Klo mau awet bli kualitas pisaunya yg emng bagus

Jgn pakai alas batu buat motong, jgn kena batu atau keramik permukaan tajamnya

Klo ga mau ribet dtg ke tukang pisau yg pakai speda, minta asahin pake batu gerinda

Atau ke tukang yg punya alat gerinda, minta asahin emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
embhera dan pe.coret memberi reputasi
Diubah oleh 3770372
Lihat 7 balasan
begini

Numpang Tanya: Gimana Sih Cara Mengasah Pisau yang Benar?
profile-picture
profile-picture
liverd dan keympas memberi reputasi
Quote:


Quote:


terim kasih gan
dibasahin dikit dan searah sajaaaa
tahap ngasah pisau itu ada 3
1. profiling
2. sharpening
3. finishing

profiling, ini tujuannya ngebentuk bevel primer. asah pake asahan kasar aja gpp biar cepet. Mau maju mundur gerakannya bebas dan ga ngaruh

untuk sharpening ini bisa naik pake stone grit sekitar 1000. Gerakan maju mundur. indikator pisau sudah siap difinishing itu sudah timbul burr merata di sepanjang mata pisau. apa itu burr? silahkan gugling gan. Ngetes sudah muncul burr atau belum palinh akuratnya pake kuku ente sendiri. Ente goresin itu pisau di kuku ente (jangan ditekan cukup digores) kalo pisaunya mau ngegigit berarti sudah ada burr

terakhir finishing, tujuannya ngilangin burr yg terbentuk di tahap sharpening. Bisa pake batu grit 3000 keatas. Kali ini caranya wajib digerakkan 1 arah, yaitu ke belakang. Lakukan bolak balik jangan fokus di satu sisi baru ke sisi lainnya. Idealnya bisa 1-3 stroke habis itu 1-3 stroke di sisi sebelahnya sampe dirasa burr sudah hilang. Terakhir bisa pake leather strap dengan gerakan mundur 1 stroke tiap sisi bergantian. Tes lagi pake kuku dengan cara yg sama. Kalo sudah bisa gerak licin dan gak ngegigit, maka burr sudah hilang

Di level ini pisau bakal serasa malah ga tajam, tapi jangan ketipu. Mata pisau tanpa burr memang kayak gitu. Ente tes aja.

Kalo step dan caranya benar, minimal sudah mampu nyukur bulu tangan dan tes pake kertas koran.

Nb : batu asah itu bukan asal dibasahin. Sebelum dipake, rendem dulu di aer sebentar. Nanti pas dipake kan biasanya keluar lumpur item. Nah itu lumpur yg perlu dibersihin. Bisa disiram pake air
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leoangelo00 dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh megatron21
Lihat 14 balasan

Ngasah sisi satu arah pada permukaan batu yg yg jadi alas, klo bisa jenis batu kali,
lalu mengasahnya gunakan air supaya gesekan membesar jadi mengikis logam emoticon-Malu (S)
Jenis pisau TS apaan?
Sayat, sembelih, trabas, choper atau jangan jagal
pake pantat piring keramik..
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


mantaps ane jadi tau nih cara ngasah pisau emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
izaljhony dan j1nsho memberi reputasi
Diubah oleh whitehats
itu bisa ya ngasah pake pantat piring keramik? ane kira itu gimmick doang di program tv
Lihat 4 balasan
mending nimbrung ke sub forum pisau gan, buat teknik-teknik lainnnta
Lihat 3 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


wahh
makasih banget Kak atas saran dan tutorial asah pisau.
kalau jenis pisau sendiri aku kurang ngerti. cuman tau peruntukan aja. buat potong roti, daging atau apa gitu
Maaf gan yang pertama harus punya Pisaunya dahulu... khawatir nanti... salah asah, segitu aja terima kasih
profile-picture
soekotoiy memberi reputasi
Nyimak ah emoticon-Matabelo
Gw dirumah cuma pake batu asahan yg abu2 2 warna, direndem dl 5 menit batunya baru pake buat ngasah.


Setau gw yg kasar itu utk biar cepet ngikis pisau lebih dalam, dan yg halus biar hasilnya bagus dan tajamnya tahan lama.

Biasa kalo ngasah golok daging, pake yg kasar dl, baru deh yg halus.


Harus nanya chef yg biasa ngasah pisau dan tau jenis2 dan bahan pisau emoticon-Big Grin
profile-picture
hoorray memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Kalau ngasah pisau, ane cukup dengan lantai di dapur, lumayan pisaunya bisa tajam lagi emoticon-Leh Uga
Lihat 3 balasan
Di rumah ibu saya ada lemper batu, biasa disebut cobek batu. Ngasah pisau biasanya disitu.... satu arah aja gesekinnya. Arah yg tajam,hbs itu basahin air , buat bersihin kotoran batu yg menempel
ah oke jadi satu arah yak. kirain dua arah gitu selama ini ane salah.
ane juga ga ngebasahin sih. hmmm boleh deh dicoba
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di