CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Keren nih Orang, Ngoprek Kalkulator Buat Bisa Internetan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf42be10d2951408203313/keren-nih-orang-ngoprek-kalkulator-buat-bisa-internetan

Keren nih Orang, Ngoprek Kalkulator Buat Bisa Internetan


Di tengah masa pandemi seperti sekarang, banyak orang yang ngelakuin sesuatu yang mungkin sebelumnya jarang atau gak pernah mereka lakuin. Hal ini dilakuin karena banyaknya waktu kosong di rumah. Seperti yang dilakuin ama Youtuber bernama Neutrino ini GanSis. Ia iseng ngoprek kalkulator Casio lama pemberian pamannya untuk diubah menjadi “kalkulator pintar”.

Kalkulator yang di oprek ini adalah Casio model Fx – 991MS. Alat hitung ini diubah sedemikian rupa sehingga memiliki koneksi ke jaringan internet. Dengan kemampuannya, kalkulator itu pun bisa konek internet dengan terhubung WiFi dan bisa digunakan untuk chatting. Neutrino pun memposting video tutorial oprekannya tersebut ke Youtube.

Keren nih Orang, Ngoprek Kalkulator Buat Bisa Internetan

Neutrino ngotak – atik kalkulator ini dengan sebuah program chat sederhana. Ia memanfaatkan layar solar kecil yang ada di posisi kanan kalkulator. Layar tersebut diubah menjadi panel OLED kemudian dihubungkan dengan modul WiFi ESP8266. Hasil oprekannya ini gak mengubah bentuk fisik dari kalkulator ini.

Setelah konek dengan WiFi, Youtuber ini menambahkan data pre – uploaded dari pengembang mobile Firebase. Ia juga menambahkan interface dengan menggunakan sensor dan magnet tersembunyi.

Sayangnya video oprekan Neutrino ini mendapat tanggapan negatif dari pihak Casio. Pabrikan Jepang tersebut menuntut Youtube dan GitHub dan meminta video yang udah diposting oleh Neutrino di hapus, karena melanggar Digital Millenium Copy Act (DMCA) atau hak cipta digital.

Neutrino pun menanggapi tuntutan tersebut, ia mengatakan bahwa ia gak melakukan apa pun untuk kode yang disebutkan oleh Casio dalam tuntutannya. Ia menjelaskan kalau ia membuat kode sendiri, dan bukan mengotak – atik kode dari perangkat Casio.

Tapi walaupun dituntut ama Casio, apa yang dilakuin orang ini keren GanSis, bisa ngubah kalkulator jadi bisa online. Agan dan Sista ada bisa?

sumur

profile-picture
profile-picture
profile-picture
siriza dan 5 lainnya memberi reputasi
gimana caranya tuh? kok bisa²nya jadi nyambung internet jg.. keren sih emang.. terniat bgt, gabut kali nih orang
waw jaman skrg orgorg udh cerdas dan semua canggihhhhh gak sih ngerasanyaa!!🤗
cerdas bgt nih org
Semua demi konten. Kalkulator pun tak luput dr oprekan emoticon-Ngakak
mustinya orang kek gini direkrut sama Casio,bukan malah dituntut.....
harusnya pihak terkait malah ngerekrut doi, biar bisa ngembangin kalkulator canggih kyk gitu, blm pernah denger loh ane kalkulator bisa nyambung internet gituemoticon-Matabelo
bkin ahg calculator android
Kalkulator di smartphone gk perlu di oprek sudah bisa buat internetan jg kok emoticon-Wakaka
andai aja gabut ane bisa bermanfaat gitu
berguna bgt ni kalkulator pas UTS nih ,bisa chat temen minta contekan wkwkwk
kalkulator legend pada jaman nya.....emoticon-Blue Guy Peace
Post ini telah dihapus oleh KS06
namtaaabbbbss
dulu pengen banget punya kalkulator ini bree emoticon-Mewek:
keren si dan pasti orangnya jenius bangeg


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di