CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Ujian Kepemimpinan Saat Pandemi : Pimpinan, Owner, HR dan Manager
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf3f7c8d94d07d00436e01/ujian-kepemimpinan-saat-pandemi--pimpinan-owner-hr-dan-manager

Ujian Kepemimpinan Saat Pandemi : Pimpinan, Owner, HR dan Manager

Artikel ini ditujukan kepada Anda seorang pimpinan, HR, owner atau manager perusahaan. Masa pandemi ini membuat semua kalangan merasa khawatir. Bukan karena kesehatan saja, tetapi dengan jalannya kegiatan ekonomi. Dimasa pandemi ini perlu adanya pengelolaan sumber daya manusia yang tanggap terhadap situasi dan kondisi di masa ketidakpastian. Dimana banyak sekali perubahan dan bisa disebut sebagai masa transisi. Apa yang perlu dilakukan sebagai seorang pimpinan, HR, ownermanager?

Misi merupakan ruh bagi perusahaan. Sifat dari misi ini berlaku selamanya atau abadi. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan jalan bagi perusahaan apa yang perlu dilakukan. Pernyataan misi menjawab pertanyaan, “Mengapa perusahaan harus ada?”. Karyawan yang menghayati bahwa misi perusahaan dengan penuh makna, membuat tingkat kelekatan terhadap perusahaan tinggi. Semakin lekat seorang karyawan terhadap perusahaannya, maka produktivitasnya juga akan semakin meningkat. Mengingatkan dan menguatkan misi perusahaan sangatlah penting untuk menumbuhkan rasa memiliki, bahwa perusahaan bergantung pada karyawan, karyawan juga menggantung harapan pada perusahaan.

Menghadapi situasi saat ini dengan ketidakpastian yang jelas pasti dihadapi. Maka apa yang perlu dilakukan sebagai seorang pimpinan? terutama yang saat ini sangat harus terfokus pada sumber daya manusia. Memberdayakan ide dan gagasan tim sangat diperlukan karena waktu yang sangat terbatas dan info sangat minim diatas ketidakpastian saat ini. Jangan lupa tetap memegang ruh perusahaan. Tidak ada hal yang mustahil dan tetap membuka peluang baru.

Dikondisi yang serba tidak pasti ini, perusahaan perlu keterbukaan terhadap karyawan. Melalui HR segala informasi perusahaan akan di delivery kepada karyawan. Seorang HR perlu untuk memiliki ketrampilan untuk menggugah spirit dari karyawan. Dan bumbu informasi dari manajemen strategik perusahaan untuk membakar semangat bisa saja dilakukan asal tidak berlebih dan tidak berdampak buruk bagi kedua pihak. Ada hal yang perlu untuk diketahui karyawan, dan selektiflah terhadap info yang akan disampaikan. Treatment perusahaan ke karyawan tentu berbeda-beda di masing-masing perusahaan. Tentu saja Anda harus menjadi ahlinya.

Setelah seorang HR atau pimpinan sudah membakar semangat karyawan dengan menanamkan misi perusahaan, menggugah ide-ide baru dan berusaha terbuka. Selanjutnya bangun hubungan yang baik dengan karyawan. Tempatkan posisi anda berada pada posisi mereka. Buat strategi bersama mereka dan tempatkan posisi-posisi penting pada pemilik ide. Jangan lupa untuk memberikan gift kepada pemilik ide sebegai imbalan atas keberhasilanya. Hal ini nantinya akan membuat loyalitas karyawan meningkat, feedbacknya perusahaan akan memperoleh keuntungan. Tentu saja pada masa pandemi ini perusahaan tetap bertahan melalui kondisi ini dengan baik, dan bisa growth up.

Produktivitas adalah issue terbesar saat ini. Dimana masa transisi telah datang. Biasanya pekerjaan dan diskusi untuk menentukan target dilakukan secara offline, kini harus beralih ke online meeting. Dimana seharusnya karyawan berangkat kerja dipagi hari dan pulang ketika malam berubah menjadi berkerja dirumah atau yang biasa kita sebut work from home. Lalu bagaimana mengukur tingkat produktivitas dan ketercapaian target perusahaan yang semula bisa di monitoring dari kehadiran kini mendadak alpa?  beralih ke absen online dan report online menjadi solusinya. Reprime adalah sistem kehadiran pegawai dengan teknologi terbaru face recognition. Segera klik COBA GRATIS.

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di