CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Miris! Gaji Guru Honorer Lebih Kecil dari Upah ART
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf3a6ff4ae2f2c41535c34/miris-gaji-guru-honorer-lebih-kecil-dari-upah-art

Miris! Gaji Guru Honorer Lebih Kecil dari Upah ART

Selasa, 09 Jun 2020 12:36 WIB
https://finance.detik.com/berita-eko...293.1560840445

Anisa Indraini - detikFinance


Miris! Gaji Guru Honorer Lebih Kecil dari Upah ART Ilustrasi/Demonstrasi Guru Honorer/Foto: Rifkianto Nugroho

Miris! Gaji Guru Honorer Lebih Kecil dari Upah ART
Jakarta -
Banyak guru honorer yang belum mendapat upah layak bahkan masih jauh di bawah Upah Minimum Regional (UMR). Seperti yang dialami guru honorer di Purworejo bernama Yan Budi Nugroho, pekerjaannya dari mengajar hanya diupah Rp 200.000 per bulan.
"Dari awal saya masuk di dunia pendidikan saya mendapat upah Rp 50.000 terus naik Rp 100.000, terus naik Rp 150.000, terus sampai Rp 200.000 sekarang sejak 2018," kata Yan saat dihubungi detikcom, Selasa (9/6/2020).
Upah tersebut lebih kecil dibanding menjadi Asisten Rumah Tangga (ART/PRT). Berdasarkan catatan detikcom, untuk menggunakan jasa ART harus merogoh kocek mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta per bulan tergantung pengalaman yang dimiliki.

"Kalau yang masih baru kurang lebih Rp 1,5 jutaan, kalau yang sudah pengalaman di atas itu sampai Rp 2 jutaan mungkin ya," kata pemilik perusahaan penyalur pekerja PT Dani Mandiri, Dani Setiawan kepada detikcom, dikutip Selasa (9/6/2020).
Besaran upah ART akan ditetapkan oleh perusahaan penyalur. Perusahaan akan menilai dari kemampuan dan pengalaman calon ART sebelum dikirim ke rumah-rumah orang. Sedangkan untuk ART mandiri, upah ditetapkan sesuai perjanjian antara kedua belah pihak.
[table][tr][td]Baca juga: Gaji Guru Honorer Cuma Rp 200.000/Bulan, Duitnya Bisa Dipakai Apa?[/td]
[/tr]
[/table]
Upah Yan yang Rp 200.000 per bulan juga sangat jauh dari Upah Minimum Provinsi (UMP) tempatnya mengajar di Purworejo, Jawa Tengah. Yang mana UMP Jawa Tengah sebesar Rp 1.742.015.
Selain jumlahnya yang jauh dari batas wajar, upah tersebut ia dapatkan di tanggal yang tidak pasti. Bahkan pernah hampir tiga bulan guru honorer di sana tidak menerima upah.
"Istilahnya upah guru honorer itu digantung, nggak kayak orang habis mencangkul langsung dapat upah, enggak. Kadang tanggalnya nggak jelas misalnya bulan ini tanggal 1 nanti bulan depan bisa tanggal 5, nanti bisa tanggal 7. Bahkan pernah sampai hampir 3 bulan kami nggak menerima upah," ungkapnya.
Meski begitu, Yan bercerita sejak 2018 mendapat insentif dari Kabupaten sebesar Rp 500.000 per bulan. Namun di masa pandemi ini insentif tersebut tidak cair karena kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah.
"(Insentif) besarannya Rp 500.000 per bulan cuma tanggalnya saja yang tidak pasti. Untuk masa pandemi ini guru honorer untuk wilayah saya nggak ada insentifnya jadi hanya dapat yang Rp 200.000 itu," sebutnya.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyukyunana dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Upah guru lebih rendah dari gaji bujjer$
profile-picture
profile-picture
Chikashi.Masuda dan PneumonoCyclone memberi reputasi
Diubah oleh kampung.kampung
honorer digaji ga layaak tapi maksa perusahaan buat bayar gaji sesuai umpemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
carilah pekerjaan lain, jgn gengsi maunya dianggap pegawai saja.. ngapain kerja dari pagi ampe sore kalau cuma digaji 200 ribu
profile-picture
knoopy memberi reputasi
Lihat 5 balasan
turut beduka cita
ya keluar dari honorer terus jadi ART dong
kalo nggak ada yang mau jadi honorer lama2 juga gaji honorer naek emoticon-Ngakak
Bukan bayaran honorer yg dinaikkan, tapi hilangkan profesi guru honorer sekalian. Kalau memang ybs layak dan sekolahnya butuh guru ya angkat ASN pengajar.
Sudah tau gaji seiprit kok ya mau. Jadi guru les aja, bisa ngatur berapa yang didapat.
profile-picture
knoopy memberi reputasi
jadi ART aja
upah tukang bangunan aja gede juga lho
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Jadi ART lalu bisa bahasa cinak. Gaji dijamin paling rendah aja 5jt jadi rebutan bre
wajar dibayar lebih rendah dari art, kualitas ngajarnya lebih parah dari art, sebagai buktinya generasi micin bukannya berkurang malah tambah banyak emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
kaptenzack55 dan m4rs08 memberi reputasi
Diubah oleh hhendryz
kalo kata sarjana kaskus berpol.... gak cucok bayarannya ya minggat aja, ingat sumpah profesi mu!emoticon-Big Grin
Jujur aja. Lo jd guru pake jalur apaan? emoticon-Ngakak honor ber SK gaji UMR emoticon-Ngakak contoh? ya di Prov gua emoticon-Ngakak
Lihat 3 balasan
jangan jadi honorer pak bu, sambilan aja dulu.
Sudah dari dulu seperti itu. Jangan cuma bicara soal nominal, beberkan juga beban jam mengajarnya berapa. Kalau cuma 2 jam seminggu ya memang cuma segitu dapatnya, katakanlah per jamnya di hargai 100 rebu. Memang tidak ada prioritas buat guru honorer, jam mengajar lebih banyak dialokasikan buat guru pns khususnya yang sudah sertifikasi, kalau nggak bisa berabe status sertifikasinya. Jadi kalau dapat jam mengajar sedikit (honor sedikit) memang itu konsekuensinya apalagi yang diampu memang mata pelajaram dengan jam minimal seperti olahraga, kesenian atau pendidikan agama. Kalau nggak tahan mendingan keluar. Lagian motivasi sebagian besar guru honorer supaya nanti bisa diangkat pns secara langsung, bukan untuk mencari gaji. Sampai saat ini, gaji honorer masih ditanggung pihak sekolah. Sekolah dengan finansial yang bagus akan mampu membayar honorer dengan layak, tapi mengharap sekolah negeri mampu melakukan hal itu, mustahil. Mungkin ada bantuan dari pemda buat honorer tapi nominalnya juga kecil.
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
faktanya,
- fresh grad guru & nakes terlalu banyak lulusan. so kasi aturan jml lulusan & kompetensi
- honorer timbul dr PNS2 malas yg ngerasa kebanyakan kerjaan. so kasi aturan UM
Miris! Gaji Guru Honorer Lebih Kecil dari Upah ART

Jadi Gojek aja bos
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
Miris! Gaji Guru Honorer Lebih Kecil dari Upah ART
Om ane guru honorer juga gan, emang sih gajinya kecil tapi beliau putar otak cari penghasilan tambahan lewat jualan ayam goreng gitu kalo malam, dibantu anak istrinya.
Yaa asal ada kemauan berusaha pasti ada jalan
profile-picture
profile-picture
knoopy dan gustiarny memberi reputasi
Temen ane 300/bulan, itupun diambilnya 3 bulan sekali katanya. Pernah jga pas kkn ga sengaja lihat ada fotocopyan guru yg di dalemnya terlampir gaji cuma 150/bln.

Semoga guru makin sejahtera
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
Diubah oleh AnggaNavie
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di