CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Kapal Induk Amerika Ini Harganya Rp184,1 T, tapi Sistem Peluncurnya Ngadat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf241465b24d203d1f3581/kapal-induk-amerika-ini-harganya-rp1841-t-tapi-sistem-peluncurnya-ngadat

Kapal Induk Amerika Ini Harganya Rp184,1 T, tapi Sistem Peluncurnya Ngadat

Kapal Induk Amerika Ini Harganya Rp184,1 T, tapi Sistem Peluncurnya Ngadat

WASHINGTON - Kapal induk terbaru Angkatan Laut Amerika Serikat (AS)USS Gerald Rudolph Ford, mengalami kegagalan pada sistem peluncuran elektromagnetik pekan lalu.

Insiden memalukan ini menjadi indikasi terbaru bahwa kapal seharga USD13,2 miliar (lebih dari Rp184,1 triliun) tersebut masih bermasalah dengan teknologi mutakhir saat menjalani uji coba di laut. USS Gerald R. Ford dilengkapi dua reaktor nuklir.

Sistem peluncuran elektromagnetik pada USS Gerald R. Ford—yang mendorong pesawat tempur dari geladak ke langit—mengalami "went down" pada 2 Juni tepat sebelum peluncuran pesawat yang dijadwalkan. Demikian pengumuman Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan Minggu malam.

"Kegagalan sistem (peluncuran elektromagnetik), yang dibangun oleh General Atomics, membatasi operasi penerbangan sampai batas tertentu," lanjut pernyataan tersebut, yang dilansir Bloomberg, Selasa (9/6/2020).

Dokumen internal Angkatan Laut mengatakan belum ada akar penyebab masalah tersebut yang ditemukan. Berselang beberapa hari setelah insiden itu, Angkatan Laut Amerika mengatakan, pihaknya menemukan solusi untuk masalah peluncuran yang dikenal sebagai sistem ketapel tersebut dan jet tempur dapat melanjutkan operasi penerbangan pada hari Minggu.

"Para kru yang didukung oleh tim ahli mengembangkan metode alternatif untuk meluncurkan sayap udara kemarin," kata Kapten Danny Hernandez, juru bicara Angkatan Laut, dalam sebuah pernyataan.

"Setiap tindakan korektif akan menjadi kunci untuk memastikan bahwa ketika (USS Gerald R) Ford memasuki armada setelah pengujian operasional siap untuk mendukung operasi," ujarnya.

Masalah keandalan dengan sistem ketapel menjadi salah satu masalah teknologi profil tinggi yang sebelumnya dihadapi USS Gerald R. Ford, yang pertama dari kelasnya.
Masalah sebelumnya menarik perhatian Presiden Donald Trump. Dia membandingkan sistem ketapel dengan versi yang lebih tua—yang digerakkan uap pada kapal-kapal induk sebelumnya. Trump pada 2018 mengatakan; "Sistem uap sangat andal, dan elektromagnetik—maksud saya, sayangnya, Anda harus menjadi Albert Einstein untuk benar-benar bekerja dengan baik."

Menurut dokumen internal Angkatan Laut AS, kerusakan terbaru ini tidak menimbulkan risiko keselamatan penerbangan. "Itu terjadi selama reset manual dari sistem penanganan daya, yang sesuai dengan prosedur saat ini," bunyi dokumen tersebut.
"Angkatan Laut sedang meninjau prosedur-prosedur tersebut dan segala dampak pada sistem dan sampai pemberitahuan lebih lanjut, awak kapal tidak akan menggunakan pengaturan ulang manual," imbuh dokumen Angkatan Laut.

Dalam laporan tahunan pada bulan Januari, penguji Pentagon terus melaporkan kekurangan dan keterbatasan radar kapal, sistem pengawasan peperangan elektronik, dan jaringan data komunikasi antar-kapal.


https://international.sindonews.com/...at-1591679163
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kapal induk kawe emoticon-Big Grin
tenggelamkan
Peluncur tenaga uap lebih robust, tapi yg elektronik kan baru2x dipake, mudah2an kedepannya lebih sempurna

Di kiloin ke madura aja lbh bermanfaat



profile-picture
laksyahina memberi reputasi
lagi uji coba, wajar kalo ada kesalahan

tapi 50 cent army sudah onani duluan emoticon-Ngakak (S)
Sementara Indo jangan impor dulu kapal USA
Diubah oleh kampung.kampung
Kalo ketepelnya macet, angkut aja jet2 tempur yg bisa vertikal take off macam harrier atw f-35
tambah blan9sak yu es ei dipimpin donal bebek,,.. mending kontek koh jin ping suruh ngajarin donal mimpin negara,,..
kapal induk amerika yg diklaim punya teknologi canggih aja kalah lawan corona
sampai banyak yg terjangkit corona di dalam kapal induk amerika itu
Made In USA
teknologi militer amerika sudah kalah pada china & rusia ....
Waduhhh agak ga paham sih tentang teknologi perkapalan gini, itu krusial yah kalo ada masalah di situ? Hmmmm harusnya ada penanganan khusus sih ya dgn harga segitu maintanance nya pasti berat
Pakai sistem lama aja. Ketapel elektromagnetik masih gagal. Ditest lagi.
Nanti itu kapal bukannyavdulempar ke udara malah lempar ke laut
bahaya kalo tetiba gagal fungsi, bisa kek di kartun kartun.
emoticon-Wakaka
made in usa
kapal sampah kw buatan bule paok amerika
bikin malu aja teknologi amerika
sudah itu malah amerika mau fitnah tuding china/russia curi teknologinya ..
emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di