CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jawab Kritik, PLN: Hanya 6% Pelanggan Alami Lonjakan Tagihan Listrik Drastis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf05acf4d695681462e0d3/jawab-kritik-pln-hanya-6-pelanggan-alami-lonjakan-tagihan-listrik-drastis

Jawab Kritik, PLN: Hanya 6% Pelanggan Alami Lonjakan Tagihan Listrik Drastis

Jawab Kritik, PLN: Hanya 6% Pelanggan Alami Lonjakan Tagihan Listrik Drastis

Menyikapi kritik soal lonjakan tagihan pelanggan pada Juni akibat keterbatasan pencatatan terkait pandemi corona, PLN mengatakan hanya 6 persen pelanggan yang mengalami kenaikan tagihan listrik drastis hingga 200 persen.

"Kami memiliki data, dan hanya sebesar 6 persen pelanggan yang memang mengalami kenaikan tagihan listrik hingga 200 persen dan itu ada catatan data pemakaian semua," kata Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Yuddy Setyo Wicaksono dalam diskusi virtual yang diikuti Antara di Jakarta, Senin (8/6) sore.

Lebih lanjut, Yuddy menjelaskan bahwa ada sebanyak 4,3 juta pelanggan PLN yang mengalami kenaikan tagihan listrik sebesar 20 persen pada saat masa PSBB, khususnya bulan Mei 2020.

Dari 4,3 juta pelanggan tersebut, hanya 6 persen yang mengalami kenaikan hingga 200 persen saat tagihan listrik bulan Mei 2020. Yuddy menegaskan bahwa tidak ada subsidi silang dalam pembayaran listrik, apalagai kenaikan tarif, semua data tercatat sistem dari pemakaian.

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril menjelaskan bahwa kenaikan tagihan listrik pada Juni 2020 merupakan dampak dari penghitungan rata-rata pada tiga bulan terakhir saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Tidak ada kenaikan tarif listrik, tapi memang ada kenaikan konsumsi listrik selama kebijakan PSBB yang dihitung menggunakan skema rata-rata tiga bulan sebelumnya,” kata Bob, dikutip Antara.

Kebanyakan pelanggan akan mengalami tagihan Juni melonjak lebih dari 20 persen daripada Mei 2020. akibat penagihan menggunakan rata-rata tiga bulan terakhir sehingga kenaikannya akan dibayar sebesar 40 persen pada Juni.

Kemudian untuk mengurangi lonjakan kenaikan, sisanya yaitu 60 persen-nya dibagi rata dalam tagihan bulan ke depan. Diharapkan, skema tersebut dapat mengurangi keterkejutan sebagian pelanggan yang tagihannya meningkat tajam.

Dalam bulan dua terakhir, sebagian pelanggan PLN yang jumlah totalnya sekitar 75 juta, rekening bulanannya dihitung dari rata-rata 3 bulan terakhir pemakaian, akibat pemberlakuan PSBB di beberapa wilayah sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Pada tagihan listrik bulan April dan Mei, sebagian pelanggan ditagih pembayarannya menggunakan rata-rata tiga bulan sebelumnya tersebut.

PLN mengatur kenaikan lonjakan tagihan pada bulan Juni maksimum 40 persen dari tagihan bulan sebelumnya supaya tidak memberatkan konsumen. Sisa tagihan yang belum terbayar di bulan Juni atau 60 persen dari lonjakan tagihan akan dibagi rata dalam 3 bulan ke depan.



profile-picture
nona212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
naeknya secara masip maksa yg pasif
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan gabener.edan memberi reputasi
200%????
Ada yg tiap bulan 120rb, skrg tagihan 2,7juta
Mau ngomong apa lu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayahesatria dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Stop monopoli listrik
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
PSSB bukannya di subsidi malah jadi makin mencekik, kok kesannya ini malah enak di PLN ya kaya gak mau pusing, terus jelas ada faktor kesalahan tagihan melonjak, tp dikeluarkan kata hanya 6% yg kena imbas kesalahan kenaikan tersebut... kesannya jadi kaya sudah dimaklumin saja... pdhl imbas PSSB ekonomi sulit malah mencekik leher karena ada kenaikan tersebut... seharusnya profesional minta maaf dan diperbaiki saja
profile-picture
profile-picture
chisaa dan gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh KyoZanRyu
Lihat 1 balasan
Antara listrik d rmh ad kebocorn , atau biasanya d luar rmh seharian skrg dlm rmh seharian lalu anggap ga perubhan pemakain listrik . .
Cek kwh aj . .
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gw duga pasti yang pascabayar meterannya nih yang kena prank. soalnya petugas blm keliling lagi jadi angka kwh suka2.
profile-picture
h3ro_pmpg memberi reputasi
Lihat 10 balasan
harap maklum...
koq terusan..
pindah ke prabayar musti keluar duit ga?
Lihat 1 balasan
pln dapat laba 3-4 T setiap tahun. 6%nya itu 180-240 milliar. andaikan naiknya 100% , lumayan tuh 180-240 M.

bagi donk emoticon-Malu
6% dari berapa jumlah total pelanggan emoticon-Matabelo
6% kalo dri seluruh pelanggan ya brarti 6% nya 270 jt populasi indo kampret, jutaan juga jumlahnya kan perusahaan yg masok listrik dinegri ini cuman lu doang....
Lihat 1 balasan
6% itu sudah jutaan pelanggan juga.. Lumayan banget cuannya. emoticon-Thinking
beritanya kudu valid nih..
6% dari seluruh pelanggan (75 juta) base on judul..
atau 6% dari 4.3 juta pelanggan, base on isi berita.

Kalau 6% dr 75 juta= 4.5 juta pelanggan, ini mah banyaaak bgt
Bulan kemarin tagihan listrik rumah melonjak jauh.
Biasanya bayar 170rb - 200rb
Bulan kemarin tiba naik jadi 832rb..
Akhirnya ya gw bayar tuh.. dengan dalih PLN klo gak nayar listrik di putus
Saat di tanya ke PLN. Itu katanya rata2 pemakaian dari januari sampai maret. Dengan dalih psbb. Tidak ada petugas yang ke lapangan...

Ya kali gw dari januari sampe maret.. hajatan 24jam sebulan penuhemoticon-Ngakak


Waktu gw tagih sisa kelebihan bayar. krna bilang ada kesalahan sistem..
PLN bilang "KITA BAYAR DICICIL PER BULAN MAS"
Ba****an emang




profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hanya 6% dan itu setara 4,3 juta pelanggan.

HANYA.........?

emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
6 persen mah banyak. Seenaknya banget nih bumn. Bukannya membantu meringankan emoticon-Matabelo
iyalah cuman 6%
selebihnya males pada ngelapor emoticon-Stick Out Tongue
Saya termasuk yg ga kena
Stabil
Selalu cek kwh meter sesuai tidak sebagai patokan
Karena selagi covid , pencatat meter ga hadir
Sbg ganti kita aktif lapor via wa yg dikasi petugas pencatat
Kalopun ada lonjakan kan bisa buat simpanan
6% ....
hanya....???
kali berapa juta pelanggan itu cuuuk...
pecat direkturnya ...ganti
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di