CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Alasan Kuat Risma Minta PSBB Surabaya Dihentikan Meski Kasus Corona Masih Tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edef9be977513706a2c81f7/alasan-kuat-risma-minta-psbb-surabaya-dihentikan-meski-kasus-corona-masih-tinggi

Alasan Kuat Risma Minta PSBB Surabaya Dihentikan Meski Kasus Corona Masih Tinggi

Diketahui, PSBB Surabaya jilid III akan berakhir pada Senin (8/6/2020). Sementara hingga kini kasus virus corona atau Covid-19 di Kota Pahlawan itu masih tinggi.

Meski begitu, Risma rupanya tetap meminta pelonggaran dan penghentian PSBB Surabaya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Baca Juga: Minta Khofifah Hentikan PSBB Surabaya, Risma Sebut Ekonomi Warga Harus Bergerak

Ekonomi Bergerak

Menurut Risma, ekonomi warga Surabaya harus tetap bergerak agar masyarakat dapat bertahan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Alasan itulah yang mendasari Tri Rismaharini mengajukan kepada Pemprov Jatim agar PSBB di Surabaya diakhiri.

Risma menuturkan, usulan tersebut harus diambil karena banyak masyarakat yang terlalu lama tidak bekerja akibat dari pandemi Covid-19.

Padahal, masyarakat membutuhkan penghasilan membiayai kehidupan sehari-hari.

"Kan kita tidak bisa, kalau mal terus sepi kan pegawainya bisa dipecat. Jadi ini harus kita mulai. Karena sekali lagi saya khawatir sama hotel, restoran. Kan enggak mungkin, membayar orang tapi nganggur, sedangkan mereka tidak punya pendapatan," ujar Risma dikutip dari Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Karena alasan itu, Risma optimistis usulannya diterima Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Protokol Kesehatan Ketat

Pemkot Surabaya, kata Risma, sudah menyiapkan protokol kesehatan ketat yang harus dilakukan masyarakat jika PSBB Surabaya tidak diperpanjang.

Protokol itu meliputi proses transaksi skala kecil seperti di warung makan sampai restoran.

"Karena kita belum bebas 100 persen, jadi artinya kita harus lakukan protokol yang ketat, mulai nanti bagaimana di restoran, di warung. Bahkan kita juga atur pembayarannya cara menggunakan uang itu, cara nerimanya bagaimana," kata Risma.

Baca Juga: Khofifah Evaluasi PSBB Surabaya Raya Tahap III

Bantuan Alat Rapid Test

Selain itu, Risma mengaku telah meminta bantuan alat rapid test pada pemerintah pusat.

Alat rapid test itu akan diprioritaskan menyasar tempat-tempat keramaian, pegawai mal, serta restoran di Surabaya.

"Saya sudah mohon ke Pak Menteri (Menkes Terawan) nanti kalau kita ada rapid test kita prioritaskan itu pegawai minimarket, supermarket, pegawai mal, pegawai toko," kata dia.

"Mudah-mudahan kami punya alat rapid test-nya. Sehingga, kembali bisa normal dalam ikatan yang disebut Pak Presiden Joko Widodo new normal," sambung Risma.

Tren kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Surabaya terus bertambah. Hal ini tak lepas dari masifnya upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, adanya dukungan mobil PCR dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sehingga membuat diagnosa menjadi lebih cepat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mencatat, hingga Sabtu, (06/06/2020), data kumulatif pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Surabaya mencapai 766 orang. Dalam empat hari terakhir, angka pasien sembuh di Surabaya terus bertambah. Rinciannya, pada Rabu (03/06) ada 240 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Kemudian pada Kamis (04/06), ada 70 orang. Lalu, pada Jum’at (05/06) ada 132 orang. Sementara itu, pada Sabtu (06/06) ada 24 tambahan pasien sembuh. Dinkes mengatakan tes swab PCR atau polymerase chain reaction secara masif merupakan kunci di balik tren peningkatan pasien sembuh covid-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dalam beberapa hari terakhir.

Pasalnya, sebelum dinyatakan sembuh, pasien positif Covid-19 harus menjalani tes swab sebanyak dua kali dengan hasil negatif demi memastikan kesembuhannya.

https://www.kompas.tv/amp/article/85...inggi?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 3 lainnya memberi reputasi
Bisa menjadi kota percontohan herd immunity, kalau bagus daerah2 lain bisa meniru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Satu2 menyelesaikannya, kesehatan dulu, baru ekonomi.

Lihat itu lockdown Italia, setelah menurun jumlah pasiennya, baru dibuka new normal.
Lancar semuanya dari kegiatan ekonomi hingga sosialnya.
Warga Italia saat ini sudah normal kembali aktivitasnya, dengan protokol kesehatan yg aman.

Kalau Surabaya ini carut marut semua.
Risma nggak becus ngurus Surabaya.
Pencitraan terus tapi nggak bisa kerja.

Saat lengsernya Risna nanti hanya akan meninggalkan kesan yg sangat buruk.
Dan dia akan diserang lewat kinerja buruk ini saat mau nyapres.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Terlalu dipaksakan ini bu. Khawatir semakin parah korona di sana.
profile-picture
kelayan memberi reputasi
buat apa panjang tapi lembek emoticon-Embarrassment

emang dari awal harus lockdown, kek gini akibatnya kalo sok2 an main lama. Nyawa masyarakat yang jadi taruhannya.

Berlaku di semua daerah
profile-picture
reid2 memberi reputasi
sudah kepalang jatuh, karena marah2 kemarin itu malah jadi sentimen negatif ke diri beliau setelah tidak bisa menghandle kejadian satpol pp dan habib ..
profile-picture
kelayan memberi reputasi
coba sambil nyapu dan ngepel . tak lupa pula cuap cuap, kali aja beres semua semuanya
Walikota guoblok
jahat bener entee gan.....emoticon-Wkwkwk jadi selama ini pencitraan hanya di foles foles sajaa emoticon-Wkwkwk


Alasan Kuat Risma Minta PSBB Surabaya Dihentikan Meski Kasus Corona Masih Tinggi
Diubah oleh ozzoi.
Lagian, Gak ada bedanya PSBB atau enggak emoticon-Ngakak
Saya kira Kobes Surabaya cukup baik dalam ekonomi nya setelah JKT..
PSBB dilonggarkan terlalu dini dibanding JKT,saya kuatir akan memicu lonjakan kasus Corona.
profile-picture
kelayan memberi reputasi
Rada ngeri disana emoticon-Smilie
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Risma ga galak sama pengusaha ya....
keknya ga ada berita mall ditutup pas awal2 covid sampai sekarang....

Ya mungkin bener kata dosen siapa gitu
psbb di sby itu abal2
profile-picture
kelayan memberi reputasi
siap2 ledakan kasus aja ini sih
Surabaya darurar covid gitu padahal. Kalo dibebasin aktivitas malah bikin makin parah emoticon-Sorry
profile-picture
kelayan memberi reputasi
Ok. Moga berhasil
Pemerintahnya libatkan dokter ga?? Tanya dokter ga, baiknya gimana?

Jangan ambil kebijakan berdasarkan perasaan!


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di