CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Batam /
ABCD Kuliner Janggal Legendnya Batam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede7caa65b24d66786e0634/abcd-kuliner-janggal-legendnya-batam

[COC Reg. Batam] ABCD Kuliner Janggal Legendnya Batam

ABCD Kuliner Janggal Legendnya Batam
sumber
Mau ngopi di Batam?

A ke B

Ada yang janggal ketika berwisata kuliner di Batam lho, Gansist. Misal pada penyebutan kopi panas dan teh panas kayak gambar di atas. Mengingat Batam adalah wilayah Indonesia yang sangat dekat dengan Singapura dan banyak didiami oleh warga Tionghoa, maka sedikit banyak ada penamaan kuliner yang ternyata bikin nama minuman jadi unik dan nggak ada di tempat lain.

Bila Gansist hendak ngopi di Batam, sebaiknya bilang ke pelayannya gini, "Mas Pesan Kopi O!" atau jika maunya teh panas bilangnya jadi gini, "Mas pesan Teh O, yaks!" Demikian adalah sebutan yang telah lazim di sana, Gansist. Jangan sampai Gansist nekad atau lupa malah pesan kopi panas atau teh panas dech, soalnya kalau Gansist ngeyel bisa-bisa cuma bakal dikasih air panas dan serbuk kopi saja malahan nanti.emoticon-Big Grin

Kejanggalan lain adalah penyebutan es teh dan es kopi. Orang Tionghoa memiliki budaya bahasa menyebut sesuatu yang dingin dengan sebutan "openg" mereka nggak menyebut es dengan kata "es" seperti kita gituj, Gansist. Nah, kearifan budaya akhirnya terbentuklah kata serapan dari "Openg" menjadi "Obeng" dech.

ABCD Kuliner Janggal Legendnya Batam

So, kalau Gansist hendak memesan es teh atau es kopi, pas mesan bilangnya gini, "Mas, Teh Obeng, Yaks!" atau "Kopi Obeng satu!" Hahhaa, lucu dan unik, kan?

C.

ABCD Kuliner Janggal Legendnya Batam
sumber
Poin kedua bakal Ane isi ama Mi Lendir. Kuliner mi ini legend banget sih, asalnya dari Kepulauan Riau. Lendirnya mie ini nih yang bikin doi dinamakan Mi Lendir. Jangan bayangin lendir yang jorok-jorok ah!emoticon-Big Grin

Mi Lendir merupakan kuliner asli dari suku Melayu dengan cita rasa aduhai gitoh lho, Gansist. Lendirnya sendiri kayak saos kacang yang creamy. Ane sempat mikir mungkin saosnya dicampur dengan tepung maezena atau tepung kanji, ternyata oh ternyata malah dari tepung sagu lho.

Terbuat dari mie kuning yang direbus, tauge yang telah direbus, telor rebus, beserta kuah kacang yang creamy, Mi Lendir sangat cocok buat dijadikan menu sarapan lho, Gansist. Harganya juga terjangkau kok, mulai 8000-10.000 rupiah ajah. Murah, kan?

Mi Lendir ini kalau menurut Ane hampir samalah kayak lontong balapnya Surabaya gitoh, yang biasa hadir saat waktunya sarapan cuma beda kuah dan lontonnya ajah. Nah, kalau mau pedas ya tinggal nambahin irisan cabai rawit. Rasa Mi Lendir cenderung manis, iya semanis kamu, Gansist.emoticon-Blue Guy Peace


D.

ABCD Kuliner Janggal Legendnya Batam

Nasi Dagong

Nasi Dagong ini sejenis nasi lemak gitu kalau bahasa Melayu, seperti nasi Uduk tapi nggak menggunakan pewarna, jadi warna nasinya tetap putih, gurih juga, karena dimasak dengan air santan.

Dinamakan Nasi Dagong (Dagang Gong-gong) memiliki makna nasi lemak yang dicampur dengan sea food endemis kepulauan Riau bernama Gong-gong. Harganya juga lumayan murah sih, berkisar 10.000 ajah kok, Gansist. Rekomended juga buat sarapan dech.

Kalau Gansist menjumpai kedai makan yang menjual Nasi Gonggong, biasanya akan dipadukan dengam Teh Tarik lho, bukan tarik ulur hatiku juga kok.emoticon-Big Grin


Well, banyak banget sebenarnya kuliner Batam itu lho, Gansist. Ane nge-up 3 makanan ABCD ajah yang namanya janggal kali ini. Kalau Gansist sukanya makan kuliner Batam apa nih? Yuk, yuk, sharing di mari, dech!


Sumber : klik, klik, dan klik
Ngawi, 9 Juni 2020
Batam is paradise juga,

Warna_Senja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shabira.elnafla dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qoni77

5 Hal Unik di Batam Nih

1. Jembatan ikon
2. Teh Obeng
3. Carry
4. Kota Industri
5. Dekat ma Singapore dan Malaysia

profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
Diubah oleh qoni77
page two mau bobok dulu
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
belum edit judul
Wkkwkkwk wainee minuman lejen dari batam @lenitan
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
jadi pengen coba es kopi/obeng kopi, biasanya buatnya yg panas
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 10 balasan
wah ketemu mie lendir lagi hehe klo di jateng mie nyemek
ga bgus smua yak.hihi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di