CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
PROSES, BIAYA, KEUNTUNGAN DAN MANFAAT FASILITAS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede6e0fa2d195517505d12a/proses-biaya-keuntungan-dan-manfaat--fasilitas-daur-ulang-sampah-plastik

PROSES, BIAYA, KEUNTUNGAN DAN MANFAAT FASILITAS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK

PROSES, BIAYA, KEUNTUNGAN DAN MANFAAT FASILITAS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK


[font=Verdana]Plastik dan kerusakan lingkungan sangat berkaitan. Produksi plastik 60 tahun belakangan meningkat dari 1.7 ton menjadi 288 juta ton (Johnny Gasperi, 2018). Bahkan saat ini diperkirakan 300 juta ton plastik diproduksi setiap tahun (World Bank, 2019). Plastik dapat dilihat hampir disetiap barang yang digunakan tiap harinya, ini karena karakteristiknya yang ringan, tahan lama, kuat, fleksibel, dan berbiaya produksi rendah. Karena karakteristik tesebut, plastik menjadi pencemar lautan yang berbahaya karena sulit dikelola. Plastik membutuhkan waktu 1000 tahun untuk dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah (Karuniastuti, 2008). Dan ada sekitar 700 spesies lautan yang terkena dampak dari sampah plastik ini, spesies yang dimaksud antara lain berkisar dari lamu, ganggang hingga anjing laut, dan kura-kura, serta 17% dari spesies ini dikategorikan sebagai terancam oleh IUCN (University of California, 2019).
[/left]

Oleh karena itu perlu dilakukan bentuk pencegahan agar plastik yang kita gunakan tidak terbuang sembarangan dan menuju lautan. Dengan daur ulang kita dapat mengambil nilai ekonomis sampah plastik tersebut dan memberikan profit (penghasilan) bagi kita. Diperkirakan ada sekitar Rp. 500 Milliar lebih nilai ekonomis dari sampah plastik yang ada di Indonesia apabila di daur ulang dengan baik.  


Secara umum terdapat 6 proses antara lain Collecting (Pengumpulan), Sorting (Penyortiran), Washing (Pencucian), Resizing (Mengubah Ukuran/ Dicacah), Identification and Separation (Indentifikasi dan Pemisahan), Compounding (Pembentukan/Penggabungan).


SELENGKAPNYA ADA DISINI
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Diubah oleh ahmadamiruddin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di