CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede6326facb95110369bc50/bulbul-manisan-jaman-old-yang-hampir-punah

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!

Bulbul Manisan Langka
Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!
Dokpri


Assalamu'alaikum Gansist selamat tengah malam. Ketemu lagi sama emak dua anak yang produktif. Lama nggak jumpa ya sebab emak sibuk dengan dunia nyata.

Oke kali ini Emak akan bahas satu makanan yang udah hampir langka, apakah itu? Yaps manisan Bulbul yang terbuat dari buah pepaya. Banyak macam manisan yang bisa diolah dari buah yang kaya akan nutrisi.

Pepaya bagi sebagian orang dipercaya bisa mencegah kanker, memperbaiki jantung, menjaga kesehatan kulit dan banyak lagi. Selain bisa di konsumsi tanpa tambahan bahan apapun. Pepaya juga bisa dibuat menjadi manisan yang legit.

Sebagian orang mengolah pepay untuk membuat manisan yang hanya diiris saja. Ada juga yang dibuat untuk rujak dengan tambahin bumbu untuk menambah aroma segar. Oke langsung aja simak cara membuat manisan bulbul.

Langkah pertama yang kalian harus siapkan tentunya adalah bahan sebagai berikut :

-2 buah pepaya ukuran sedang
-1/2kg gula pasir
-2 sendok teh citrun
-Pasta/pewarna makanan
-Garam

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!


Step selanjutnya
Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!
Kupas pepaya kemudian parut, tips agar tangan kalian aman. Saat mengupas dan memarut pepaya, lapisi tangan kalian dengan kresek atau plastik. Karena getah pepaya sangat tajam, agar proses sampai akhir tetap nyaman maka perlindungan itu wajib.

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!
Peras pepaya menggunakan saringan untuk nasi. Lipat hingga 4 lapis, peras hingga kadar air berkurang. Ini perlu dilakukan supaya saat memasak tidak memakan waktu berjam-jam lamanya.
Untuk tahu apakah kadar air cukup atau tidak, perhatikan gambar di bawah. Jika ujung perasan terlihat putih, artinya cukup jangan diperas lagi. Ini penampakannya.
Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!

Step selanjutnya
Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!
Larutkan citrun, garam dan pewarna.


Supaya manisan mendapatkan hasil yang bagus. Tehnik ini perlu Gansist tahu, karena takaran antara pepaya dan gula harus 1 : 1. Artinya 1 gelas pepaya parut dan 1 gelas gula pasir.

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!
(Seperti ini)

Kemudian tambahkan pewarna, jangan terlalu pekat ya. Karna setelah matang, bisa berubah menjadi gelap dari warna aslinya.

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!

Lalu aduk sampai kalis sebelum wajan nongkrong di atas kompor.

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!

Masak dengan api yang sangat kecil, terus aduk sampai gula tercampur. Saat dipegang, pepaya sudah terasa lengket.

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!

Setelah itu biarkan manisan yang sudah jadi sampai terasa hangat. Lalu bentuk bulat-bulat, karena ini ciri khas dari bulbul. Setelah selesai langsung jemur di bawah terik matahari, selama kurang lebih 3 hari dan manisan siap di santap.

Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!

Karena ini manisan basah, biasanya awet 1-2 minggu. Tergantung Gansist menuruti kaidah trit ini atau tidak. Hahahahaha.

Sekian thread kali ini dari emak, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan rate, cendol dan share agar thread emak bermanfaat juga untuk yang lain.

Salam santuy dan haturnuhun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
amankan cooking, silahkan bersiskusi santuy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kok mirip nama akun saya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pupilsxone dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kayak permen yuppy gaes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


seperti kehidupan gaes
profile-picture
profile-picture
RonBrot dan nurulnadlifa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


sudah sangat berpengalaman gaes
profile-picture
nurulnadlifa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tak kira permen asem emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
nurulnadlifa memberi reputasi
Kayanya seger neh .. tapi manisnya coba kalau mangga ada asem2nya..
Lihat 1 balasan
bulbul?? ane malah baru tau kalau namanya manisan bulbul kayaknya ane pernah makan ini manisan deh cuman nggak tau namanya enak kok cuman sekarang sudah jarang ditemuin deh kecuali ditukang jualan manisan
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 12 balasan
yupi dengan kearifan lokal nihh
Lihat 1 balasan
Huaoogghghhh ini yg dicari...susah cari makanan ini. Pernah nemu di bdg tp gak bisa turun.
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Enak banget nih. Mau dong ...
Lihat 1 balasan
ini dari pepaya ya mau donkk enak aku sukaaa
Lihat 1 balasan
Mirip permen jahe
Lihat 1 balasan
buatin donk ummu......emoticon-Mewek
Lihat 1 balasan
Wah cemilan waktu ane kecil nih mesti doyan di emut' doang
Lihat 3 balasan
wah sepertinya enak nih
Lihat 3 balasan
ini semacam manisan bukan ya? 🤔
Lihat 1 balasan
Waah manisan ya, manisnya seperti aku. Hehe
Lihat 2 balasan
kayaknya dulu pernah makan deh bun..
tapi udah lama banget..
terakhir makan model beginian tuh yang bahan baku nya dari tamarind..
Lihat 1 balasan
anjir udah lama banget sih engga pernah makan manisan ini lagi...
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di