CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Travelling, Jangan Malah Bikin Pusing!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede5f9982d495260811040a/travelling-jangan-malah-bikin-pusing

Travelling, Jangan Malah Bikin Pusing!

Pergi jalan-jalan ke luar kota, luar pulau atau bahkan luar negeri sekalipun, pasti akan menyenangkan. Seharunya menyenangkan.

Liburan itu fungsinya untuk refreshing, melepaskan beban hidup dan masalah yang sedang dialami. Tapi, liburan nggak semena-mena kamu datang ke sebuah kota dan niscaya liburan langsung mengasyikkan. 

Memang, ada beberapa orang yang melakukan perjalanan liburan secara mendadak langsung berangkat aja gitu. Namun, liburan mendadak tanpa direncanakan juga punya kekurangan dimasalah budget.


Quote:



Jadi, ada 7 pertanyaan sebelum travelling agar liburanmu seru tapi ga bikin pusing. Apa aja yang perlu dilakuin?
Oh iya, tips ini sangat cocok untuk milenials anak kos, anak sekolah, dan orang-orang yang ngidam travelling tapi takut keluar banyak duit.
1. "Berapa budgetnya?"
Ada tipe orang yang telah merencanakan liburan, berbulan-bulan sebelumnya. Bahkan ada yang membuat planning liburan 1 tahun sebelumnya. 
Karena ada rencan, tentunya dia akan mencoba menyiapkan liburannya dong. Dengan cara apa? Yas! Menabung.

Eits, jangan khawatir. Sebagian orang juga ada yang mendambakan liburan dengan waktu yang cenderung mepet. Dengan kondisi seperti itu, kamu bisa coba untuk menentukan dulu budget untuk liburanmu.

Perlu kamu ingat. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, jangan sampai liburanmu bikin kasbon semakin banyak. Pastikan lagi kamu masih menyediakan uang untuk hidup sehari-hari. 

Dengan budget yang telah kamu tentuin, selanjutnya kamu bisa membagi dana tersebut ke beberapa poin selanjutnya.
 
2. "Mau kemana aja?"
Ani suka berlibur ke pantai. Budi suka berlibur ke gunung. Abdi lebih suka untuk travelling di pusat kota. Dan, Siti memilih wisata kuliner saat mendatangi sebuah kota.

Kamu termasuk tipe liburan yang mana? Tanyakan pada diri sendiri, beberapa pertanyaan ini :
a. udara dingin atau berjemur di bawah matahari
b. berenang di air atau berkemah di atas bukit
c. belanja souvenir atau menikmati makanan khas Bali
d. naik wahana atau memanjakan diri di spa
e. museum sejarah atau museum seni

Dari hasil pertanyaan itu, kamu bisa simpulkan kemana tujuanmu dan ke kota mana kamu akan pergi. Simpan baik-baik keputusannya, next!

3. "Mau ngapain aja?"
Setelah menemukan arah gaya liburan, selanjutnya aktivitas apa yang kamu ingin lakukan disitu. 
Misalkan, jika dari pertanyaan ke 2 kamu menyimpulkan untuk ingin pergi ke kota dengan banyak wisata pantai, sesampainya disana, mana yang ingin kamu lakukan, berjemur atau berenang?

4. "Ke kota A naik apa?"
Ini khusus untuk kamu yang ingin pergi ke luar kota. 
Pilihan transportasi di Indonesia itu cukup banyak. Mulai darat, laut dan udara semua tersedia. Jadi, transportasi apa yang akan kamu pilih.

5. "Harga tiket berapa?"
Nah, ini perlu kamu persiapkan. Mulai dari dana hingga informasi mengenai harga tiket, jadwal, rute dan fasilitas transportasi yang kamu pilih. Cari situs terpercaya yang membahas mengenai dunia transportasi.

Seperti website tiketresmi.com. Disitu, kamu bisa dapet informasi jadwal, harga tiket, fasilitas, rute, dan tips naik bus, kereta, kapal, pesawat bahkan transportasi kota ada disitu. 

6. "Nginep dimana?"
Travelling sehari aja mungkin belum cukup. Mungkin 2 hingga 3 hari untuk menjelajahi seluruh kota. 

Jika begitu, kamu perlu merencanakan akomodasi penginapan untuk tidur dan beristirahat. Cari penginapan yang sesuai dengan budget. Tak perlu berbintang, yang terpenting kamu nyaman.

Akan lebih hemat lagi kalau kamu punya saudara atau kenalan yang bisa untuk bermalam.

7. "Kendaraan di kota A pakai apa?"
Ketika ingin berkeliling kota, atau mendatangi beberapa tempat wisata sekaligus, sangat tidak mungkin jika ditempuh dengan berjalan kaki. 

Ojek online? Bisa. Namun sayangnya beberapa wilayah di luar pusat kota tidak bisa ditempuh menggunakan ojol. Mungkin beberapa ada yang tersedia, namun dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan menggunakan jasa rental sewa mobil.

Contohnya dengan sewa mobil lepas kunci, kamu bisa membawa mobil itu kemanapun kamu mau dengan biaya terjangkau jika dibandingkan dengan menggunakan ojek online

So, siap liburan setelah pandemi mereda? Sama pasangan, teman, atau solo travelling nih gan sis?emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di