CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kisah Abi Sirah, Penulis Wahyu Rasul yang Murtad
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede58a97414f5490f203326/kisah-abi-sirah-penulis-wahyu-rasul-yang-murtad

Kisah Abi Sirah, Penulis Wahyu Rasul yang Murtad

Kisah Abi Sirah, Penulis Wahyu Rasul yang Murtad



VIVA – Abdullah bin Abu Sarah adalah seorang sahabat Nabi yang telah memeluk Islam sebelum Perjanjian Hudaibiyyah. Dia adalah saudara sesusu dari salah satu sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang mulia, yakni Utsman bin Affan.

Di masa itu, Abi Sarah dipercaya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk melakukan tugas mulia, yaitu sebagai salah seorang penulis wahyu. Namun, ada yang disalahpahami oleh Abi Sarah , pada saat Nabi mendiktekan kata “Samii’an bashiiraan”, maka ia tulis “Aliman hakiiman.”

Begitu juga apabila Rasulullah mendiktekan, “Aliman hakiiman”, maka ia tulis “Ghafuuran rahiiman.” Rasulullah pun mengomentari dengan mengatakan, bahwa Allah memang memiliki sifat yang demikian. 

Pengkhianatan dan Murtad

Pada suatu malam, Abi Sarah secara diam-diam pergi ke Mekkah dan menemui para orang-orang kafir Quraisy, Di sana ia mengumumkan bahwa dirinya telah murtad.

Ia juga memberi kabar kepada orang-orang Quraisy dengan mengatakan bahwa ia telah merubah wahyu yang dia tulis selama ini.

Menurut At-Thabari, Surah Al-An’am, ayat 93 turun berkaitan dengan Ibnu Abi Sarah dan Musailamah bin al-Habib [Jami’ul Bayan Fi Tafsiril Qur’an, 11/536].

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللهِ كَذِبًا أَوْ قَالَ أُوحِيَ إِلَي وَلَمْ يُوحَ إِلَيْهِ شَيْءٌ وَمَن قَالَ سَأُنزِلُ مِثْلَ مَا أَنزَلَ اللهُ ۗ وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الظالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلَائِكَةُ بَاسِطُو أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُوا أَنفُسَكُمُ ۖ الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللهِ غَيْرَ الْحَق وَكُنتُمْ عَنْ آيَاتِهِ تَسْتَكْبِرُونَ

Artinya: “Siapakah yang lebih zhalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, “Telah diwahyukan kepadaku,” padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata, “Aku akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah.” (Alangkah ngerinya) sekiranya engkau melihat pada waktu orang-orang zhalim (berada) dalam kesakitan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata), “Keluarkanlah nyawamu.” Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan, karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.” [QS. Al-An’am ayat 93]


Kemudian, bnu Taimiyyah dalam kitabnya yang berjudul al-Shārim al-Maslūl ‘Ala Syātimi al-Rasūl (Hal: 115) menyebutkan secara jelas kesalahannya.

Dari beberapa riwayat, bisa diketahui bahwa Abdullah bin Sa’ad bin Abi Sarh berdusta atas nabi.

Bahkan ia sampai beranggapan telah menyempurnakan wahyu yang diterima oleh Nabi sehingga ia bisa menulis apa saja yang dikehendaki, ini karena dia merasa disepakati dan dibiarkan nabi.

Perbuatannya itu jelas dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan sekaligus penghinaan terhadap Alquran, wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah.

Menjadi Buronan Utama Kaum Muslimin dan Pengampunan Nabi



Kabar tentang penghinaan terhadap Rasulullah dan murtadnya Abi Sarah ini akhirnya sampai kepada Rasulullah.

Pada peristiwa Fathu Makkah, Rasulullah sebenarnya sudah memberikan perintah kepada para sahabat untuk mencari keberadaan Abdullah bin Abu Sarah dan membunuhnya.

Namun, pada akhirnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memutuskan untuk mengampuni Abdullah bin Abi Sarah karena adanya permintaan dan jaminan dari sahabat Utsman bin Affan.

Ditambah lagi, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melihat ada ketulusan dan keikhlasan hati dari Abdullah bin Abu Sarah untuk bertaubat dan kembali ke jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Terbukti, setelah kembali memeluk Islam dan bertaubat, Abdullah bin Abu Sarah kembali menjalankan agama Islam dengan sangat baik. Bahkan, pada masa khalifah Utsman bin Affan, ia diangkat menjadi Komandan Angkatan Laut, serta berperan serta dalam jihad di benua Afrika dan Laut Mediterania.

Ia juga memiliki jasa besar dalam penyebaran agama Islam di Sudan dan Tunisia.

Sumber:

https://www.viva.co.id/blog/lainnya/...ul-yang-murtad
https://www.virenial.com/dunia-islam...uni-rasulullah

Subahanaloh sungguh sangat mulia sekali Islam rahmatan lil alamin emoticon-Matabelo

Agama yg penuh damai, akan semakin indah kalau dunia ini dipenuhi oleh umat muslim emoticon-Malu

The religion of peace emoticon-Malu


Kisah Abi Sirah, Penulis Wahyu Rasul yang MurtadKisah Abi Sirah, Penulis Wahyu Rasul yang Murtad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
djubexs dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Harus nya di sekolah-sekolah diajarin juga nih kisah orang murtad dan diburu gara2 murtad biar pada bisa menilai sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Mau dibunuh bukan karena murtadnya, tapi karena ancaman kekacauan publiknya.. Buktinya? Bisa dijamin oleh Sayyidina Usman... Mirip orang pemabuk suka ngamuk... Ditangkap bukan karena mabuk, tapi karena ngamuk... Makanya bisa bebas dengan jaminan...

Silakan pahami esensinya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aliftina dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 66 balasan
Komandan Angkatan Laut, serta berperan serta dalam jihad di benua Afrika dan Laut Mediterania.

Ia juga memiliki jasa besar dalam penyebaran agama Islam di Sudan dan Tunisia.


Perang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 46 balasan
Cebong muslim sedang diuji keimanannya
Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan MUF0REVER memberi reputasi
Trit bahas club.. Tar caci maki antar fans karena bursa transfer..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lolapolo dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gw.kenshin1601 dan 3 lainnya memberi reputasi
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan MUF0REVER memberi reputasi
saudara sesusu????
profile-picture
egag memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Heh infidel @buron.warteg , suatu saat palak kaw bakal dipenggal oleh laskar kitak2 emoticon-army
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan MUF0REVER memberi reputasi
Manusia sempurna, panutan segala masa

Tidak bisa baca tulis emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aliftina dan 7 lainnya memberi reputasi
holol darah nya di tumfah kan ??
profile-picture
bajier memberi reputasi
oh ini aku ingat ceritanya, dia dan mamad lagi susun kitab itu tuh. Jadi abdul Sirah ini kagum dia bilang "Allah is the greatest among creators" .
Lalu mamad langsung bilang Cepet! Cepet! Tulis ke kitab!
Abdul dengan bingung tanya ke mamad, Mad! ini kan ucapanku kok harus di masukan ke kitab suci ini yang mana harusnya berisikan firman Allah.

Dibalas lah sama mamad, Allah juga berfirman demikian kepada ku dan serupa seperti yang kamu ucapkan

Abdul dalam hati : WTF mamad...
Mati kafir dia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aliftina dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
agama kami ini paling damai, buktinya kami biar kalian hidup
Kisah Abi Sirah, Penulis Wahyu Rasul yang Murtad
emoticon-Cool
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Bangga jd kafir Lah

emoticon-Traveller

Ga perlu kerjakan yg tidak perlu
profile-picture
Air.Gate memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau mau murtad silahkan gaes, tapi jangan sampai koar-koar, kalau kepala suku dengar tau sendiri hukuman apa yang bakal di terima, dipenggal leher kalian, kepala jadi bandulan kunci. emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Air.Gate dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
golanmilano memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Lihat lah kedunguan para kafir.



Mereka percaya pada referensi yg kuno nya sama dengan masa alqur-an tapi memilih tidak percaya alqur-an.






profile-picture
profile-picture
profile-picture
gestan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
masa sih gara gara murtad doang? ga salah tuh ts nya?
Lihat 1 balasan
Quote:


Heh anjal halusinasi

G percaya gue Lu main cryptocurrency

Punya uang darimana beli VGA GPU luks

wadam hoaxer emoticon-Busa
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di