CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Batam /
[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede390982d495554e36b6a1/coc-reg-batam-4-kuliner-khas-batam-berbahan-dasar-mie-nomor-3-bikin-kikuk

[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk

Makanan Khas Batam yang Menggugah Selera
[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuksumber gambar

Sudah menjadi rahasia umum jika setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing, tak terkecuali dengan Batam. Kota terbesar di Kepulauan Riau ini, memiliki perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Cina. Hal itulah yang membuat kuliner khas Batam mempunyai cita rasa unik, hasil dari perpaduan ketiga budaya tersebut.



Sama seperti kebanyakan kuliner Indonesia yang dikenal sampai ke mancanegara, nama kuliner khas Batam pun banyak yang sudah mendunia. Ditambah letak Batam berdekatan dengan Malaysia dan Singapura, membuat Batam seringkali dijadikan tempat transit bagi orang-orang yang hendak berkunjung ke negara tersebut. Hal ini tentu membuat kuliner dari Batam cepat dikenal, bukan hanya oleh masyarakat Indonesia saja tapi juga dunia.

Jika Gansist berkunjung ke kota Batam, ada banyak pilihan menu yang bisa kalian coba. Mulai dari yang kering, berkuah, atau makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Namun, di trit ini TS khusus ingin mengulas kuliner khas Batam berbahan dasar mie.

Penasaran, apa saja dan seperti apakah wujudnya? Cus lah, kita simak

4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk



1. Mie Sagu

[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk

Di urutan pertama ada Mie Sagu. Sesuai namanya, mie ini terbuat dari bahan sagu. Teksturnya kenyal, ukurannya besar, serta memiliki aroma khas berasal dari aroma sagu yang pekat dan bercampur dengan bumbu serta rempah-rempah. Mie sagu disajikan kering dilengkapi dengan tauge, telur, bakso ikan, udang, atau potongan ikan.

Ada yang unik nih Gansist, dari cara melunakkan mie sagu. Jika pada umumnya supaya mie lunak direndam dengan air panas, mie sagu justru bisa lunak hanya dengan merendamnya menggunakan air dingin. Harga satu porsi mie sagu, sekitar 15 ribu rupiah saja.


2. Mie Tarempa

[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk

Penampakan dari Mie Tarempa hampir serupa dengan Mie Aceh yang memiliki cita rasa kaya akan rempah dan berwarna merah. Perpaduan rasa pedas dan gurihnya, dijamin bikin ketagihan siapa pun yang memakannya. Penyajian Mie Tarempa dilengkapi dengan Topping potongan ikan. Selain enak, Mie Tarempa juga memiliki harga yang bersahabat dengan kantong.

Mau tahu berapa harga untuk satu porsi Mie Tarempa? Hanya 8 ribu rupiah saja Gansist! Ini tentu harga yang sangat murah, mengingat Batam adalah kota besar. Umumnya di kota-kota besar, apalagi daerah wisata akan sulit menemukan makanan dengan harga murah.


3. Mie Lendir

[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk

Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar kata lendir?

Pasti pikiran langsung tertuju pada sesuatu yang licin, lengket dan bikin kikuk. Namun tenang, hal tersebut tidak akan kalian temukan pada Mie Lendir.

Meski namanya bikin kikuk, tapi kuah kental dari Mie Lendir dijamin mampu menggoyang lidah kalian untuk terus memakannya. Ditambah dengan pelengkap seperti tauge, telur rebus, potongan cabai rawit hijau, sledri, serta bawang goreng akan menggugah selera siapa saja yang melihatnya.



4. Mie Selat Kacang Panjang

[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk

Meski namanya Mie Selat Kacang Panjang, tapi sama sekali tidak ada tambahan kacang panjangnya ya Gansist. Mie ini sebenarnya salah satu varian dari Mie Selat Panjang, yang namanya mengadopsi dari salah satu selat yang ada di Kepulauan Riau.

Terus kenapa dinamakan Selat Kacang Panjang? Hal ini karena kuah mienya terbuat dari kacang yang dicampur dengan udang dan santan. Rasanya mirip gado-gado tapi tidak terlalu pekat. Hemmm, kayaknya enak ya Gansist.

Untuk yang ini, harganya lumayan mahal. Sekitar 20 ribu per porsi.


Itu dia 4 menu berbahan dasar mie dari kota Batam. Semoga bisa menjadi rekomendasi menu bagi yang ingin berkunjung ke kota ini. Eits! Tapi berkunjungnya nanti, kalau pandemi sudah berakhir ya.

Gansist, apakah kalian punya menu rekomendasi lain dari kita Batam? Yuk, kasih tahu di kolom komentar!



Refrensi
Sumber gambar 1, 2, 3, 4


Tara Anggara
Cilacap, 08 Juni 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 57 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TaraAnggara
Halaman 1 dari 5
jadi pengen😋😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 6 lainnya memberi reputasi
kok mie lendir namanya.. kek anu ih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinadewi10 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
iyaaa itu bener kata sista di atas hahaahhaah ngeri namanya mie lendir wkwwkkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sy lagi pengin bubur

Quote:


Hore ada kata anu lagi

Quote:


Hihi ngeri ya cil?
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
ngeri yang nomer 3
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Masak aja

Quote:


Anu apa itu?emoticon-Ngakak

Quote:

Namanya aja, Cil yang ngeri

Quote:


Hujan gini, makan bubur anget keknya enak yaemoticon-Hammer2

Quote:



Iya, tapi wujudnya nggak bikin ngeri kok
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Masa ana mie lendir. Hik hik. Ngeri kalilah.

Tp kayane enak.😆
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nomor 4 kelihatnya enak.
sayangnya cuma dibatam doank.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
wah mie mie apa😅
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mie Tarempa paling terkenal 12 jam full sampai ngantri tidak kebagian tempat duduk😂
Quote:


Coba bikin sendiri, Gan😁

Quote:


Mie kirin kamuemoticon-Ngakak
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mi sagu? alot, kenyal kenyal gitu kali
profile-picture
profile-picture
srusuut dan TaraAnggara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantap mantap nih gan kayanya
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Semuanya memang mantulemoticon-Jempol
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Coba tanya sama gan @srusuut Pakdhe

Quote:


Iya gan

Quote:


Yang punya banyak kenangan di Batam, pasti udah coba semua menu di atas ya?
profile-picture
srusuut memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mie tarempa kok khas batam sih ? kan asli kab. Kepulauan Anambas
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Yang nomor 3 mirip mie ongklok, makanan khas wonosobo, klo nomor 4 mirip mie juhi. Untuk makan sesekali gak apa gan mahal yg penting enak. Hehehehhe
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Aduh sial, malam2 perut kosong lihat trit beginian emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan rocksiders99 memberi reputasi
Wah mie semua ya gan keliatannya maknyus nih patut dicoba asal ga tiap hari aja makan mie nya ehehehe emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan rocksiders99 memberi reputasi
mie tarempa bukan khas batam tapi khas prov kepri. krn di sluruh daerah prov kepri byk yg jual mie tarempa. kota tanjungpinang jg banyak yg jual itu.

mie tarempa ada 2 jenis, kering dan kuah. saya sukanya mie tarempa kering.

klo mie lendir itu kyak sejenis mie celor. tpi kuahnya kental kyk kuah capcai. krn kuahnya kental kyk capcay mk nya disebut mie lendir. mie lendir jg bukan khas batam loh. Sluruh daerah prov kepri juga jual. Di natuna, kawal, lagoi, dan tanjungpinang pun jual loh.
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan rocksiders99 memberi reputasi
Diubah oleh chatyto11
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di