CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komisi II: PDIP-Golkar Mau Pemilu 2024 Tertutup, PKB-PKS-Demokrat-NasDem Terbuka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede370109b5ca40c2277581/komisi-ii-pdip-golkar-mau-pemilu-2024-tertutup-pkb-pks-demokrat-nasdem-terbuka

Komisi II: PDIP-Golkar Mau Pemilu 2024 Tertutup, PKB-PKS-Demokrat-NasDem Terbuka

Komisi II: PDIP-Golkar Mau Pemilu 2024 Tertutup, PKB-PKS-Demokrat-NasDem Terbuka

DPR kini tengah menggodok revisi UU Pemilu untuk Pemilu 2024. Salah satu yang tengah dibahas adalah sistem pemilu apa yang akan digunakan di 2024, terbuka atau tertutup.
Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa menjelaskan, sikap fraksi dalam pembahasan di komisi berbeda-beda soal sistem pemilu yang akan digunakan di Pemilu 2024.

"Beberapa fraksi ingin tertutup, yaitu PDIP, itu sudah jelas. Kedua, Golkar, walaupun ada ruang untuk gabungkan sistem varian lain," ujar Saan dalam diskusi virtual yang digelar Perludem, Minggu (7/6).

Sementara itu, lanjut Saan, fraksi-fraksi yang menginginkan sistem pemilu terbuka adalah NasDem, PKB, PKS, dan Demokrat. Gerindra menjadi satu-satunya fraksi yang belum menentukan sikap terkait sistem pemilu.

Politikus NasDem Saan Mustopa
Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa. Foto: Dok. Pribadi

Saan yang merupakan anggota Fraksi NasDem menjelaskan alasan sejumlah fraksi tetap ingin sistem pemilu terbuka.

"Kita ingin perkuat partisipasi publik terutama beri kebebasan hak eksklusif yaitu memilih anggota legislatif yang dianggap baik dan kita tidak ingin kembali ada oligarki partai," jelasnya.

Sistem pemilu tertutup berarti masyarakat hanya memilih logo partai. Siapa saja yang akan masuk parlemen ditentukan oleh partai. Sementara itu, dalam sistem terbuka, masyarakat bebas memilih calon anggota DPR dari masing-masing partai di surat suara. Sistem pemilu terbuka terjadi di Pemilu 2014 dan 2019.

link


Sistem pemilu tertutup berarti masyarakat hanya memilih logo partai. Siapa saja yang akan masuk parlemen ditentukan oleh partai. Sementara itu, dalam sistem terbuka, masyarakat bebas memilih calon anggota DPR dari masing-masing partai di surat suara. Sistem pemilu terbuka terjadi di Pemilu 2014 dan 2019.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
mana aja bodo amat
se jaman2 gw ga oernah nyoblos partai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Balik lg ky dulu pilih logo doang, wakilnya yg pilih partai. Tp emang bs hemat kertas sm distribusi. Pemilu kemarin smpe 5 lembar kertas sampe pd kelenger panitia nya ngitung berhari2

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh smogal
Lihat 3 balasan
Katanya partai demokrasi indonesia.. Tapi kok kurang demokrasi dengan menghendaki pemilu tertutup emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 4 lainnya memberi reputasi
Mau tertutup, mau terbuka bodo amat.

Kalau ane pilih partai yang punya program stop apbn & apbd buat hibah ngormas. Menghapuskan pasal-pasal karet. Pembubaran kpi. Pemberlakuan UU bebas tembak bagi pelaku teroris & separatis. Pemberlakuan UU pembekuan aset serta uang bagi pendana aksi kerusuhan, teroris, separatis. Penghapusan cukai. Keringanan pajak bagi pelaku bisnis. PPh ringan. Bikin UU yang mengharamkan tokoh politik dan simpatisan politik masuk BUMN.

Kalau gak ada itu semua gimana?
Ane bakal coblos yang paling asing paling tidak terdengar. Milih kucing dalam karung dong? Jika semua kompak melakukan itu bakal menjadi hukuman berat bagi orang-orang lama.

Presidennya???
Siapa saja bodo amat asalkan partai mayoritas adalah partai yang mengusahakan kepentingan rakyat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nanti kalau keluar hasil survey opini masyarakat, pro pemilu terbuka pasti lebih banyak. karena jelas, pemilu tertutup itu langkah mundur perwujudan akuntabilitas.

partai2 pro pemilu tertutup ga akan punya argumen yang cukup bagus untuk melawan itu.
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan entop memberi reputasi
Biar lebih jelas, liat efektifitas dari pemilu sistem terbuka saat ini...

Misal berapa banyak pemilih menusuk lsg ke calon anggota Legislatif d banding ke lambang partai saja terus berapa byk calon yg no belakang bisa melangkahi calon no urut d atasnya...

Jadi yg dukung harus jelas, yg nolak juga alasany jgn asal cari aman takut d sorot sama rakyat dst...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sistem kocokan aja kayak arisan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 2 lainnya memberi reputasi
Yaudah tertutup aja, biaar ga ada lg kasus Harun Masiku yg laen..
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fintail dan 3 lainnya memberi reputasi
Sama aje ujungujungnya kuat kuatan duit, rakyatnya pun bnyak yg bego bego diempanin duit tetep dipilih jgemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
I.Just.Run dan entop memberi reputasi
Sistem pemilu terbuka dong. Lebih baik kita sendiri yang pilih calonnya. Gua selama ini liat sosoknya, bukan partainya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Susah2 dibuat terbuka, malah dibalikin yg tertutup.

Partai PDIP itu ingin lama berkuasa lagi atau bagaimana kok jadi seperti ini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 4 lainnya memberi reputasi
Ane setuju terbuka

Tp libur pemilu hrs 2 hari biar panitia ada waktu buat istirahat
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan entop memberi reputasi
Pemilu tertutup calon angggota nyogok partai buat dapat no urut suara

Pemilu terbuka calon anggota nyogok rakyat biar dapet suara

profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tertutup tapi partai wajib transparan dalam memilih legislatifnya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
kembali ke era orde baru.
Semi aja gimana? emoticon-Malu
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Mau tertutup atau terbuka, sama2 ngabisin uang dan gak berguna buat rakyat.

Diundi aja udah, biar hemat emoticon-Blue Guy Smile (S)
































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan adamyvon memberi reputasi
PDIP kmrn kok bisa menang???

Siapa yg milih??? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan warbound memberi reputasi
Komisi II: PDIP-Golkar Mau Pemilu 2024 Tertutup, PKB-PKS-Demokrat-NasDem Terbuka
pdip lagi.. partai wong cilik tp rak podo karo slogane. wes lali karo mbiyen e...
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di