CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Saltwater Fish /
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede23e688b3cb500770d691/menakjubkan-5-fakta-menarik-seputar-terumbu-karang-no-2-bikin-kaget

Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Bumi tempat Kita tinggal merupakan sebuah planet yang berisi lebih dari 70% air dan sisanya adalah daratan.

Perairan sebagai daerah terluas memiliki berjuta-juta spesies mulai dari tanaman air, hewan bercangkang, hewan berpori, avertebrata, mamalia, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, Kali ini Piem Liem akan mengulas hal-hal menarik seputar Terumbu Karang yang belum Kamu ketahui.

Melansir laman Bersabda.com, berikut adalah fakta menarik seputar Terumbu Karang :

1. Apa itu Terumbu Karang?
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Terumbu Karang terdiri dari 2 kata, yaitu terumbu dan karang. Terumbu diartikan sebagai susunan dengan struktur tertentu yang terbentuk dari CaCO3 (Kalsium Karbonat) hasil dari aktifitas Karang.
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Sedangkan karang atau yang nama lainnya polyp merupakan sebuah hewan tak bertulang yang hidup pada terumbu. Hewan ini tak hidup sendirian lohh.. Mereka bersimbiosis dengan zooxanthellae, dimana organisme ini yang memberikan warna pada terumbu.
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Terumbu karang merupakan gugusan yang terdiri atas ribuan karang yang membentuk suatu susunan dan menjadi tempat tinggal berbagai organisme laut.

Baca Juga : Mengenal "Coral Triangle," Kawasan dengan Biodiversity Terbesar di Laut !!!

2. Ekosistem Tertua
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Waktu yang dibutuhkan dalam pembentukan terumbu adalah sekitar 10.000 tahun. Itu artinya, terumbu karang yang kita lihat sekarang bisa diperkirakan sudah ada sejak 10.000 tahun yang lalu loh guys. Berarti, hewan ini termasuk hewan purba dong?? (Tulis pendapatmu di kolom komentar)

3. Cara Makan
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karang bersimbiosis dengan zooxanthellae. Zooxanthellae merupakan alga yang hidup didalam tubuh karang. Alga ini akan melakukan fotosintesis, yang nantinya menghasilkan bahan makanan untuk karang. Selain itu, karang juga memiliki tentakel yang digunakan untuk menangkap mangsa tambahan berupa plankton. Disisi lain, zooxanthellae akan mendapatkan tempat tinggal agar terhindar dari pemangsa.

Wahh, unik yaa..

4. Pertumbuhan Yang Sangat Lambat
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Untuk membentuk gugusan terumbu, diperlukan waktu yang sangat lama. Selama satu tahun, rata-rata karang hanya menghasilkan terumbu sepanjang 1 cm saja. Itu artinya, untuk membentuk gugusan terumbu sepanjang 1 meter saja dibutuhkan waktu selama 100 tahun.

Jadi, kalau Kamu merusak gugusan terumbu seluas 10 meter saja, diperlukan waktu 1000 tahun untuk ekosistem ini pulih kembali.

Wahh.. Lama sekali yaa

5. Manfaat di Dunia Kedokteran
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak sekali penelitian yang menyatakan bahwa terumbu karang dapat dijadikan sebagai obat. Hingga saat ini, terumbu karang telah digunakan dalam proses pengobatan berbagai macam penyakit.
Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Mulai dari kanker, HIV, jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Bahkan yang lebih ekstrim, terumbu karang juga sudah digunakan dalam pencangkokan tulang manusia lohh..


Wahh.. Kereeeennnnn

Baik, cukup sekian informasi yang bisa Piem Liem berikan.. Semoga bermanfaat

Menakjubkan, 5 Fakta Menarik Seputar Terumbu Karang. No. 2 Bikin Kaget !!!

Jangan lupa Like, Comment, and Share yaa !!!


Sumber : Baca Disini
Sumber Gambar : Google.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh piemliem
Apakah berkaitan dgn hari laut dunia
profile-picture
piemliem memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ane jadi inget dulu nonton dokumenter ttg terumbu karang yg kebanyakan udah putih krn efek pemanasan global, sedih ane jadinya
profile-picture
piemliem memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bawah laut bagai kota paling indah dimuka bumi
profile-picture
piemliem memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalian harus bener2 mencoba pengalaman menarik dengan melihat gugusan terumbu karang yang luas nan indah..
semuanya bikin kaget sih.
Gile terumbu karang buat cangkok tulang manusia ? rapuh dong
dari dulu selalu bingung sm terumbu karang itu termasuk hewan laut apa tumbuhan laut. karna gak berusaha nyariz terjawabnya dg baca ini thread. btw terumbu karnag sendiri emg butuh waktu yg lama utk berkembangnya sih
terumbu karang memangindah banget, apalagi yang di great barier reef ausi.
selain bermanfaat menjaga ekosistem laut.. ternyata punya fungsi lain yg gk kalah hebat yaa.. emang perlu dirawat baik² si terumbu karang..
Lihat 1 balasan
buset, baru tau kalau selama itu pertumbuhan terumbu karang
profile-picture
ben.cumberbatch memberi reputasi
ekosistem tertua, wow. keren sih.
yang kerennya adalah karang tuh hewan tak bertualang yang tumbuh di terumbu, tapi khasiatnya bisa buat pencakokan tulang manusia. wah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di