CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Teknik /
Beberapa Jenis-Jenis Pengelasan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede1fcb8d9b172d304ce141/beberapa-jenis-jenis-pengelasan

Beberapa Jenis-Jenis Pengelasan

Berikut ini penjelasan mengenai jenis- jenis pengelasan : 

Beberapa Jenis-Jenis Pengelasan

A.Jenis pengelasan dengan metode panas listrik :
1.SMAW/Shield Metal Arch Welding.
Merupakan las busur nyala api listrik terlindung yang memakai busur nyala listrik dimana sumber utama panas pencair logam.Ini banyak di gunakan hampir pada setiap pengelasan, tegangan yang di gunakan 23 – 45 Volt AC/DC. Untuk pencairan pengelasan menggunakan arus 500 Ampere. Secara umum penggunaan sekitar 80 – 200 A.

2.SAW/Submerge Arch Welding.

Merupakan las busur benam/menggunakan nyala api listrik, untuk mencegah metal induk dan material tambahan mengalami oksidasi cairan metal di gunakan butiran fluks / slang menjadikan busur nyala terpendam dalam ukuran fluks.

3.SW/Stud welding.

Pengelasan ini banyak di gunakan untuk pengelasan baut pondasi, menyambung bagian konstruksi baja dengan bagian lain yang terdapat didalam beton / baut angker.


4.EBW/Electron Beam Welding.

Jenis ini merupakan las dengan metode pmboman elektron, suatu pengelasan di sebabkan panas yang di timbulkan dari loncatan elektron yang di mampatkan dan diarahkan pada benda yang di las. sistim ini di pakai pada ruang hampa, untuk menghapus oksidasi dan kontaminasi.


5.ERW/Electric Resistan Welding.

Merupakan las tahanan listrik yang menggunakan panas yang besar yang di hasilkan aliran listrik semakin tinggi untuk mencairkan logam yang dilas. Misalnya pengelasan pipa ERW, pengelasan plat dingding pesawat.


6.ESW/Electro Slag Welding.

Sistem pengelasan busur berhenti, pengelasan jenis ini busur nyala menghasilkan Fluks, busur berhenti dan proses pencairan fluk berjalan terus dan menjadi bahan penghantar arus listrik. Dimana elektroda terhubung dengan yang di las , panas yang di hasilkan melalui tahanan arus listri pada cairan fluk/slag yang tinggi. Untuk mencairkan bahan tambahan las dan induk memiliki temperatur 3500°F /1925°C.


B.Jenis pengelasan dengan metode listrik dan gas:

1.FCAW/Flux Cored Arch Welding.

Pada prinsipnya hampir sama dengan sistem pengelasan GMAW. Gas pelindung sama sama memakai Carbon Dioksida CO2, biasanya pada pengelasan ini di gunakan robot untuk menjalankan pengelasan ini di namakan super anemo.


2.GMAW/Gas Metal Arch Welding

Terdiri dari MIG/Metal Active Gas dan MAG/Metal Inert Gas merupakan pengelasan gas nyala di hasilkan dari busur nyala listrik di gunakan untuk mencairkan metal yang di las dan metal tambahan.

Sebagai pelindung digunakan oksidasi gas pelindung berupa gas kekal / inert atau CO2. Mig di pakai untuk mengelas besi / baja, sedangkan gas pelindung pakai karbon dioksida CO2. TIG di pakai untuk mengelas logam non besi dan gas pelindung pakai Helium /He dan Argon /Ar.

Baca selengkapnya disini






 
profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di