CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Aspirasi Pelaku Pariwisata Nusa Penida Terkait New Normal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede0f2f09b5ca6da329a4eb/aspirasi-pelaku-pariwisata-nusa-penida-terkait-new-normal

Aspirasi Pelaku Pariwisata Nusa Penida Terkait New Normal

Aspirasi Pelaku Pariwisata Nusa Penida Terkait New Normal

"Dulu kita menyambut tamu dengan senyuman, ramah. Sekarang mulut kita tertutup dengan masker. Itu sudah sesuatu yang baru. Transportasi dengan new normal rencananya diisi hanya 50 persen dari kapasitasnya, bagaimana pengusaha bisa menutupi biaya operasionalnya?Ini tentu perlu diskusi dengan pemerintah bagaimana terkait regulasi ini sehingga bisa dipraktekan di lapangan”, kata I Ketut Tunggu dari Asita Bali saat diskusi online via google meet yang diselenggarakan Brotherhood Nusa Penida, Senin siang (1/6). Acara yang dimoderatori I Wayan Yadnya itu dihadiri pelaku pariwisata, akademisi dan sejumlah profesi lain, seperti I Wayan Widiana seorang pelaku kontruksi.

I Wayan Kariana juga berharap serupa. Ia meminta ada prosedur dan ketetapan dari pemerintah lebih lanjut terkait kebijakan new normal.

"Pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten perlu membuat protap new normal di lapangan. Untuk membuat protap itu pelaku pariwisata perlu dilibatkan agar sesuai dengan apa yang real di lapangan. Misalnya terkait cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Kita memaklumi ini baru rencana tentunya perlu pembicaraan lebih lanjut”, harap Wayan.

Ida Bagus Purwa Sidemen dari PHRI Bali berpendapat Nusa Penida pariwisata kepulauan jadi lebih mudah mengatur dalam new normal ini.

”Menuju kawasan Pariwisata Nusa Penida ada beberapa akses poin. Di titik akses poin tamu dijelaskan tentang keamanan dan kesehatan, misalnya setiap orang masuk kesana diperiksa”, ungkapnya.

Sementara itu I Wayan Darsana sebagai dosen Fakultas Pariwisata Universitas Udayana mengatakan perlu inovasi oleh pelaku pariwisata dan pemerintah dalam new normal ini.

"Kita sekarang sebenarnya masih sakit, buktinya masih pakai masker. Tetapi dicobakan sembuh, normal. Karenanya perlu inovasi dari pelaku pariwisata dan pemerintah mengadaptasi itu misalnya terkait pelayanan customer dan cara komunikasinya”, terang Darsana.

Ketua HPPNP Putu Gede Sukawidana mengatakan perlu kerjasama lintas sektoral dalam rangka rencana new normal ini.

"Perlu kerjasama lintas sektoral antara pelaku pariwisata dan pemerintah dalam rangka rencana new normal. Ke depan adanya koordinasi antara semua pihak“, tegas Sukawidana.

Aspirasi Pelaku Pariwisata Nusa Penida Terkait New Normal
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di