CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Melihat Unjuk Rasa K asus George Floyd di Berbagai Negara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede0a9565b24d56b00204a0/melihat-unjuk-rasa-k-asus-george-floyd-di-berbagai-negara

Melihat Unjuk Rasa K asus George Floyd di Berbagai Negara

KOMPAS.com - Protes atas kasus yang dialami George Floyd masih terus terjadi. Tidak hanya di Amerika Serikat, bentuk dukungan kepada George Floyd pun dilakukan oleh masyarakat di berbagai negara di dunia.

Melansir Time, Sabtu (6/6/2020), puluhan ribu orang berkumpul jdi negara-negara di Asia, Australia, dan Eropa, menyuarakan kemarahannya atas kematian George Floyd.

Berikut ulasannya:

Eropa

Melihat Unjuk Rasa K asus George Floyd di Berbagai Negara

Ratusan orang berkumpul memblokir jalan saat mengikuti demonstrasi menentang kematian George Floyd, di depan Kedutaan Besar AS di London, Inggris, Minggu (31/5/2020). Kematian George Floyd setelah lehernya ditindih lutut polisi berkulit putih di Minneapolis, AS, turut menimbulkan reaksi keras dari banyak orang di berbagai negara.(AFP/JUSTIN TALLIS)

Di Berlin, polisi mengatakan ada 15.000 orang yang melakukan demonstrasi secara damai. Para pengunjuk rasa menggaungkan nama Floyd dan membawa papan yang bertuliskan "Stop police brutality" dan "I can't breath".

Sementara itu, ribuan pengunjuk rasa di Paris menentang larangan demonstrasi karena pandemi virus corona yang masih berlangsung dan berkumpul di depan Kedutaan Besar AS.

Kemudian, di London, puluhan ribu orang juga melakukan demonstrasi di luar Parliament Square. 

Mengangkat isu minoritas
Banyak yang berlutut dan mengangkat tangan di luar gedung kedutaan di sebelah selatan Sungai Thames ini.

Terdengar pula sayup-sayup kalimat "Silence is violence" atau "Diam adalah kekerasan" dan "Color is not a crime" atau "Warna bukan sebuah kejahatan".

Mayoritas dari mereka yang berunjuk rasa menggunakan masker atau penutup wajah lainnya.

Beberapa tampak berusaha untuk mematuhi aturan jarak fisik dan berjalan dalam kelompok-kelompok kecil.

Selain itu, diperkirakan sekitar 15.000 berkumpul di jantung kota Manchester, Inggris dan 2.000 lainnya di ibukota Wales, Cardiff.

Kematian Floyd memang tidak hanya memicu protes yang sangat besar di Amerika Serikat, tetapi juga mengangkat isu minoritas dan diskriminasi di tempat lainnya.

Para pengunjuk rasa di luar Konsulat AS di Naples, Italia juga menyerukan kata-kata seperti "Freedom" atau "Kebebasan" dalam bahasa Inggris dan Italia.

Mereka juga bertepuk tangan dan membawa sebuah banner besar bertuliskan "Black Lives Matter".

Melihat Unjuk Rasa K asus George Floyd di Berbagai Negara

Australia dan Asia
Di Sidney, unjuk rasa terjadi dengan tertib. Polisi membagi-bagikan masker kepada para pengunjuk rasa dan petugas lain, serta disediakan pula hand sanitizer. 
Kemudian, ada sekitar 30.000 orang yang disebut melakukan protes di Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland. Mereka membuat polisi menutup beberapa jalan utama di pusat kota.  Sebelumnya, pada Jumat (5/6/2020), pengadilan memutuskan bahwa protes tidak dapat dilaksanakan di Australia karena kondisi pandemi virus corona yang masih berlangsung.
Namun, mengutip Forbes, Sabtu (6/6/2020), pengadilan yang lebih tinggi membalik keputusan tersebut.
Keputusan terbaru ini memungkinkan dilakukannya demonstrasi di Sidney dan kota-kota lain seperti Melbourne dan Brisbane.
Sementara itu, di ibu kota Korea Selatan, Seoul, pengunjuk rasa berkumpul selama dua hari berturut-turut untuk mengecam kematian Floyd.
Mengenakan masker dan baju berwarna hitam, puluhan demonstran berjalandengan pengawalan polisi, membawa kertas atau papan bertuliskan " George Floyd Rest In Peace" dan "Koreans for Black Lives Matter".



sumber :https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/07/193100665/melihat-unjuk-rasa-kasus-george-floyd-di-berbagai-negara-.
 
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Mirip Arab Spring

Saatnya Jadikan amerika Suriah jilid 2 emoticon-Belgia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di