CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Era Baru Amerika Serikat Hadapi Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede0023c8393a15165fa7b2/era-baru-amerika-serikat-hadapi-krisis-ekonomi-dan-kemanusiaan

Era Baru Amerika Serikat Hadapi Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan

AksEra Baru Amerika Serikat Hadapi Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan i massa di Amerika/Net
 Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020 menjadi tahun yang tidak terbayangkan sebelumnya. Petaka dan mimpi buruk menjadi sebuah eskalasi kepanikan global tak terkecuali negara adidaya ini.
Mengawali pukulan AS Covid-19 yang menjadi ancaman kesehatan yang cukup serius.

Satu demi satu nyawa melayang, satu demi satu virus menjangkit banyak warga AS, bahkan korban virus corona di AS telah mencapai lebih dari satu juta kasus.

Saat berjuang melawan Covid-19, AS didera isu rasialime yang mengguncang dunia.
Penyebabnya, kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam Minneapolis di tangan Derek Chauvin, seorang penegak hukum kepolisian Minneapolis pada 27 Mei lalu.

Hal tersebut kemudian memicu demo besar-besaran warga di hampir 23 negara bagian dan 350 kota di AS.

Kecaman dan kemarahan masyarakat muncul ketika kebrutalan penegak hukum terhadap kulit hitam, bagaimana seorang pria kulit hitam ditindih lehernya dengan lutut hingga tidak bernyawa.

Terseok-seoknya AS dalam menghadapi Covid-19 menjadi sebuah ironi, bagaimana negara adikuasa dapat dihantam krisis kesehatan yang begitu hebat.

Krisis kemanusiaan yang dialami tentu saja merupakan pukulan telak yang sangat serius bagi AS.

Negara dipaksa melihat kenyataan satu per satu mayat dikuburkan akibat pandemi. Permasalah baru pun bermunculan, mulai dari masalah ekonomi, kesenjangan sosial, hingga krisis kemanusian.

Pandemik ini dirasa cukup membuat AS sangat terpukul di era kepemimpinan Presiden Donald Trump.

Berbagai prediksi bermuculan, mulai dari ancaman krisis ekonomi hingga resesi yang berkepanjangan yang mengakibatkan peningkatan jumlah pengangguran akibat dampak pandemi.
Prediksi resesi ekonomi berkepanjangan diumumkan oleh Gubernur The Federal Reserve, Jerome Powell akibat Covid-19 hal tersebut mencatatkan bahwa kasus perngangguran tertinggi AS sepanjang sejarah terjadi tahun ini, pada bulan Mei lalu di perkirakan ada 20,5 juta orang kehilangan pekerjaannya di AS.

Sejak awal AS didera isu perang dagang yang membuat hubungan AS-China semakin kusut, berbagai perspektif dan polemik bermunculan.

AS memperkeruh suasana dengan menyebut Covid-19 sebagai virus Wuhan. Trump menuduh covid-19 adalah rekayasa laboratorium Institute Virologi Wuhan, kemudian tuduhan ditujukan kepada Organisasi Kesehahatan Dunia (WHO) yang dianggap tidak terbuka dan memihak China.

Isu rasialisme datang semakin memperkeruh suasana, demo besar-besaran memicu eskalasi kegaduhan global, gelombang demo tidak hanya di AS tapi meluas keberbagai negara. Di tengah pandemik isu ras membuat negara ini mengalami kerusakan yang luar biasa.

Penjarahan pertokoan, mall, kerusakan fasilitas umum, dan semakin melonjaknya jumlah kasus covid-19 akibat banyaknya tumpahan manusia turun kejalan.

Hal ini semakin meluas ketika sikap pemerintah yang dianggap kurang tegas dan serius menangani isu rasial tersebut, bahkan Trump menyebut jika masa aksi tetap turun ke jalan maka dirinya akan mengerahkan anjing pengaman dan pengerahan militer, hal tersebut bahkan membuat kemarahan memuncak dan semakin meluas.

Studi Keamanan (Security Studies) dalam ilmu hubungan internasional memberikan sebuah sudut pandang, setidaknya kasus tersebut merupakan isu non-traditional security atau ancaman selain militer.

Sejak lama studi keamanan dunia terfokus pada isu traditional security yang bertumpu pada ancaman negara paling dominan adalah serangan militer dan peperangan secara fisik.

Namun hari ini non traditional security menjadi sebuah perspektif analisa baru yaitu ancaman negara tidak selalu military sectric tapi justru non-military yang mana ancaman militeristik bergeser pada aktor non-negara (non-state actor) seperti, ancaman keamanan lingkungan hidup (environmental security), keamanan pangan (food security), keamanan manusia (human security), keamanan ekonomi (economic security), keamanan kesehatan (health security), dan lain sebagainya.

Amerika Serikat hari ini mengalami tantangan tersebut bagaimana ancaman terbesar mereka adalah keamanan kesehatan (health security) dan keamanan manusia (human security), AS mengalami babak belur sebanyak dua kali, pertama oleh Covid-19 kemudian oleh isu kemanusiaan, yaitu rasialisme terhadap kaum kulit hitam.

Sebuah ironi di tengah perang melawan pandemik yang membuat banyak krisis bagi eskalasi domestik, AS dipaksa menahan gerakan manusia yang menuntut hak dan kemanusiaan, aksi tersebut juga di khawatirkan dapat menambah jumlah lonjakan kasus Covid-19.

Tentu saja hal tersebut merupakan era dan tantangan baru untuk AS dalam merespon sebuah permasalah yang berlum terbayang sebelumnya.

Dapat dikatakan ini merupakan masa terburuk sepanjang sejarah AS, kerugian materil dan non materil telah dirasakan oleh AS. Struktur ekonomi yang di prediksi akan melemah dan isu kemanusiaan yang mencuat nyatanya dapat merubah tatanan eskalasi global.

Guncangan besar yang menimpa AS setidaknya bisa menjadi kaca perbandingan bagi negara-negara lain dalam merespon sebuah kasus dan isu baru, dalam menentukan sebuah kebijakan dan langkah yang pas dalam situasi serba sulit seperti itu.

Salah satu pelajaran paling berharga bagaimana keselamatan manusia dan penegakan hak asasi manusia sangatlah penting dalam menopang keseimbangan negara.

AS yang dianggap negara super power yang dianggap sebagai peradaban demokrasi terbaik, dengan sistem ekonomi kapitalis terbesar nyatanya sedang mengalami kondisi yang cukup serius.

Utamanya adalah pelajaran berharga dan era baru AS dari mulai krisis ekonomi yang disebabkan Covid-19 dan isu rasialisme yang akibatkan oleh penegak hukum tentu saja hal tersebut harus menjadi isu rasialisme terakhir, hal tersebut adalah tantangan yang paling besar dan harus segera diselesaikan.

https://www.rmolbanten.com/read/2020...-Kemanusiaan-


profile-picture
profile-picture
diamondchest dan nona212 memberi reputasi
have America been great again? emoticon-Big Grin
jelas trump idiot tak bisa lagi teriak MAGA .
karena kondisi amerika sudah hancur sekali

emoticon-Wkwkwk :emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di