CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
Kaki Bukit Gunung Manoreh Tersembunyi dan Diam-diam Dijelajahi Menteri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eddeaa1c0cad727f233a251/kaki-bukit-gunung-manoreh-tersembunyi-dan-diam-diam-dijelajahi-menteri

Kaki Bukit Gunung Manoreh Tersembunyi dan Diam-diam Dijelajahi Menteri

Penjelajahan dari air terjun tak terdeteksi Google diakhiri dengan mampir ke salah satu perkumpulan warga di kaki Gunung Manoreh. Mereka diberdayakan oleh Bank BUMN untuk bisa mandiri secara ekonomi. Jadi mereka diberikan pelatihan. Salah satunya membuat anyaman dari pandan duri. 

Saya baru tahu ada pandan berduri hahaha.. tapi beneran tajam lho. Saya selalu senang melihat para ibu-ibu bener-bener bisa kreatif tanpa bergantung dengan penghasilan suami yang cuma berladang. Esok pagi kami sudah melek jam 5 pagi untuk bisa lihat sunrise di Tebing Gondopurowangi. 

Tapi kita kesiangan akibat saling tunggu sana sini sampai akhirnya baru jalan sekitar jam 6 pagi. Apesnya lagi ada longsor sehabis hujan sehingga kita gak bisa lewat. Terpaksa lewat jalan lain yang lebih kecil dan sedikit masih gelap. Dan bruk.... mobil rombongan di depan kami nyungsep keluar jalur. Duh, ampun gimana mau lihat sunrise nih yak. Udah pasrah gak kekejar. Akhirnya kami keluar mobil ternyata warga di sana sudah sigap bahu membahu mendorong mobil ke jalur semula. Alhamdulillah berhasil. Asiknya di kampung itu kekeluargaan dan tolong menolongnya masih kental jadi jangan takut kenapa-kenapa juga.

Kaki Bukit Gunung Manoreh Tersembunyi dan Diam-diam Dijelajahi Menteri

Saya pikir lokasinya sudah dekat ternyata kita harus treking lagi selama 30 menitan dengan kondisi jalan becek dan penuh belukar plus naik-naik ke tebing, Oh my god. Untungnya matahari sudah nongol jadi penglihatan kami bisa maksimal gak kebayang kalau kami bener ke sini pagi-pagi buta. Itu namanya mengancam jiwa. 

Untungnya lagi udara sejuk langsung menelusup ke paru-paru jadinya kerasa pagi itu seger banget meski keringet terus mengucur karena kelelahan. Jalandi antara belukar ini pun gak bisa berdua harus sendiri-sendiri karena sempit pas naik tebing pun kita harus pegangan ke akar-akar pohon supaya enggak tergelincir. Saya juga tertegun dengan penduduk desa yang mengantar kami karena mereka kuat dan gesit banget dengan bawaan banyak. Mereka membawa sarapan dan minum kami.

Kaki Bukit Gunung Manoreh Tersembunyi dan Diam-diam Dijelajahi MenteriSampai Sampai juga akhirnya dan hwaaaa.... keren banget. Kabut masih menyelimui hamparan pepohonan yang begitu hijau plus ada pemandangan dua gunung tertinggi di jawa yaitu merbabu dan sumbing. Wah mantep abis. Saya langsung cekatan ambil kamera rekam sana sini potret sana sini sekaligus potoin orang. Kebetulan juga kami membawa influencer artis yang para petualang cantik dan dia sangat menikmati banget, sekalian aja saya senter buat testimoni wkwkw. 

Kami pun mulai sarapan nasi goreng plus telor ceplok dan air teh hangat yang akhirnya membasahi tenggorokan. Disitu diceritakan kalau tempat yang sungguh sulit dijangkau dan baru dikembangkan ini pernah ditengok menteri BUMN Rini Soemarno. Tak tanggung-tanggung rini membawa para dirut buat treking. 

Kaki Bukit Gunung Manoreh Tersembunyi dan Diam-diam Dijelajahi Menteri

Wah gila dalam pikiran saya gimana tuh bapak-bapak dirut jalannya dengan medan lumayan susah ini. Apalagi mereka gemuk dan udah tua juga. Trus langsung ngikik juga karena bagaimanapun perintah bos harus dilaksanakan kan walau masuk ke kandang singa. Tapi ternyata dijelaskan kalau pas beliau2 itu naik semua jalan becek dan licin yang tadi kita lewatin tadi dialasi papan jadi mereka ga kena belok belokan dah tuh. Oalah pantesan, tapi patut diacungi jempol juga bisa naek sampai sini meski katanya pada ngos ngosan juga hahaha.

Lagi khusyuk dengar cerita tentang bu Rini tiba-tiba entah kenapa serempak beberapa orang di kelompok kami mules mules.... weits ada apa ini. Saya sudah lihat seorang berjaga menutupi temannya untuk menyempungkan hajat dari ketinggian. Tak sampai situ ternyata mereka bergantian. Yang lain juga ternyata sudah mules dari semalam. Teman-teman yang harga dirinya masih tinggi gak mau buka celana dan merelakan dirinya kepada alam. Hahaha.... bahkan beberapanya udah pucet. 

Kaki Bukit Gunung Manoreh Tersembunyi dan Diam-diam Dijelajahi Menteri

Akhirnya sepanjang perjalanan pulang satu demi satu menyerah dan menyumpet di pepohonan di balik batu hahaha... saya melihat mereka prihatin sekaligus menatap penuh ketegangan karena menahan tawa wkwkwkw...

Akhirnya semua menyimpulkan kalau semalam semua salah makan termasuk saya. Siapa sih biang keroknya? SAMBAL!! emang sambal semalam enak banget tapi entah kenapa saya gak telalu mantap menyantapnya cuma coal coel aja. Akhirnya alhamdulillah bebas dari sakit perut. Jika yang lain menyerah pada alam, beberapa teman saya ngacir dengan kekuatan super untuk bisa segera keluar dari hutan dan ke penginapan. Sungguh melihatnya saja sudah sengsara gitu. Mereka pucat pasi dan keringat dimana-mana. 

Biasanya mereka ga mau buang hajat di lokasi selain karena takut karna ga ada air, gitu katanya, Meski udah gak sanggup jalan mereka yang gak mau deh buang hajat di hutan. Ini sih kocak banget. Videonya di sini.   Cerita lainnya di sini





profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di