CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Perang Sipil Amerika Serikat dan Berakhirnya Era Perbudakan Orang Kulit Hitam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eddcfb1c342bb346417169d/perang-sipil-amerika-serikat-dan-berakhirnya-era-perbudakan-orang-kulit-hitam

Perang Sipil Amerika Serikat dan Berakhirnya Era Perbudakan Orang Kulit Hitam

Hai... agan-agan semua selamat datang dithread saya emoticon-Hai
Quote:

Beberapa hari terakhir ini terjadi pergolakan besar di seluruh negara bagian Amerika Serikat, kerusuhan dan penjarahan terjadi hampir disemua wilayah Amerika Serikat. Penyebabnya karena kematian seorang pria kulit hitam bernama Goerge Floyd yang tewas saat penangkapannya karena lehernya tertekan lutut seorang polisi kulit putih bernama Derek Chauvin yang mengakibatkan Goerge tidak bisa bernapas selama tujuh menit. Sebuah kalimat yang terlontar sebelum Goerge tewas "Tolong... aku tidak bisa bernapas" membuat masyarakat Amerika marah dan memulai aksi demo besar-besaran untuk mulai menuntut kesetaraan perlakuan antara ras kulit hitam dan kulit putih. Demo besar tersebut sampai saat ini terus berlangsung, bahkan beberapa negara juga menyerukan aksi yang sama. 

Quote:

Terlepas dari aksi besar tersebut, ternyata Amerika juga pernah dilanda konflik ras dan etnis yang lebih dahsyat dimasa lampau, konflik tersebut mengakibatkan perang antara dua kubu yang saat ini lebih dikenal dengan nama perang sipil Amerika, atau Amerika Civil War. Perang sipil Amerika merupakan serangkaian konflik saudara karena perbedaan ideologi tentang pembebasaan dan pendukung perbudakan. 

Perang sipil Amerika terjadi dari tahun 1861 sampai 1865-an dan melibatkan dua kubu yang saling bertentangan yakni kubu Union di wilayah utara dan kubu Konfederasi di wilayah selatan. Kelompok Union yang terdiri dari negara bagian: Illinois,New Jersey, New York, Michigan, Massachusetts, Oregon, Iowa, Delaware, Vermont, Maryland, dan Wisconsin, yang mendukung penghapusan perbudakan orang kulit hitam. Sementara kelompok Konfederasi yang terdiri dari negara bagian: Mississippi, Florida, Alabama, Georgia, Louisiana, Texas, dan South Carolina yang ingin mempertahankan paktik perbudakan orang kulit hitam. Wilayah Union dipimpin oleh Abraham Linclon yang juga merupakan presiden Amerika, sedangkan Konfederasi dipimpin oleh Robert E. Lee.


Quote:


Di wilayah utara sektor Industri dan infrastrukturnya berkembang sangat pesat dan lebih modern, sementara wilayah selatan lebih bergantung pada sektor perkebunan dan pertanian dan jauh lebih tertinggal, sehingga orang-orang selatan masih membutuhkan sistem perbudakan untuk menggarap lahan pertanian mereka. Karena kondisi sosial dan ekonomi yang berbanding terbalik tersebut, praktis wilayah utara mendapat julukan sebagai 'negara bagian bebas' sementara wilayah selatan mendapat julukan sebagai 'negara bagian budak'. Sebuah julukan perbandingan yang kontras tentunya.


Quote:


Meskipun Konfederansi memiliki anggota aliansi dan pasukan lebih sedikit daripada Union tapi mereka justru beberapa kali mampu mengalahkan dan mempercundangi pasukan Union dalam medan pertempuran. Hal ini tidak terlepas dari sosok Robert E. Lee yang merupakan komandan jenius dari pasukan Konfederasi yang kepemimpinannya tidak perlu diragukan lagi, dibawah komando Lee, beberapa kali pasukan Konfederasi mampu memukul mundur Union  hingga bahkan menginvasi wilayah kekuasaan Uni. Beberapa pertempuran hebat seperti pertempuran tujuh hari, pertempuran Bull run, pertempuran di Chancellorsville dan Fredericksburg adalah beberapa pertempuran yang dimenangkan Konfederasi di wilayah timur. 

Walaupun pihak Konfederasi beberapa kali memperoleh kemenangan gemilang di front timur, keadaan justru sangat berbeda di front Barat, berfokus disekitar sungai Missisipi pasukan Uni dibawah komando jendral Ulysses Grant beberapakali sukses menghajar pasukan Konfederasi. Pasukan Uni terus merengsek masuk ke wilayah Konfederasi, hingga pada tahun 1862 wilayah New Orleans dan sekitar sungai Missisipi sepenuhnya berada dibawah kendali Union. Invasi Union terus berlanjut kewilayah Tennesse. Sebuah kemenangan besar tentara Union pada pertempuran di wilayah Chattanooga pada tahun 1863, sukses membuat wilayah Tennesse jatuh kepangkuan pihak Uni, dan membuka jalan lebar untuk menguasai ibu kota Konfederasi di Richmond.


Quote:


Kemenangan demi kemenangan terus diraih pasukan Uni di front barat dan membuat wilayah kekuasaan Konfederasi semakin sempit. Dan pada tahun 1864 jendral Ulysess memutuskan untuk melakukan serangan total dengan mengerahkan banyak pasukan Uni ke wilayah Konfederasi. Kendati wilayah kekuasaan Konfederasi yang semakin sempit, tidak membuat moral mereka turun, tentara Konfederasi terus melakukan perlawanan terhadap serangan masif pihak Uni hingga mengakibatkan banyak tentara Uni berjatuhan dan memilih untuk mundur. Karena mentok dan tertahan diwilayah barat dan timur, pasukan Uni mulai mengalihkan serangnnya ke wilayah selatan untuk menguasai Georgia. 


Quote:


Dengan rentetan serangan gerilya dari pihak Uni, akhirnya seluruh wilayah Konfederasi jatuh dan menyisakan Virginia dan ibu kota Konfederasi, Richmond. Pengepungan kota Richmond terus berlanjut dan akhirnya pada bulan april 1856, Lee menyerah tanpa syarat di desa Appomatox. Menyerahnya Lee ini menjadi tanda kekalahan pihak Konfederasi dan sekaligus kemenangan pihak union. Kemenangan Union akhirnya mengembalikan integritas Konfederasi kembali ke wilayah Amerika. Setelah kemenangan tersebut Abraham Linclon selaku presiden Amerika Serikat mulai memberlakukan undang-undang amandemen ke-13 yang berisi tentang kesetaraan hak dan kewajiban bagi seluruh rakyat Amerika termasuk penghapusan perbudakan diseluruh tanah bekas konfederasi. Hampir ada 4,7 juta budak kulit hitam merdeka pasca perang sipil. Setelah konflik tersebut, perlahan masalah sosial dan ras, terutama perbudakan berangsur angsur menghilang dari tanah Amerika, walaupun ada beberapa pihak yang masih mengingnkan sistem perbudakan. Meskipun begitu keberhasilan penghapusan budak tersebut harus dibayar mahal dengan kematian Abraham Linclon.

Berkaca dari peristiwa dimasa lalu, sudah sepatutnya kita selalu menjaga persatuan dan persahabatan antar suku, bangsa dan agama tanpa membedadakan warna dan bentuk tubuh. Dan semoga kerusuhan besar di Amerika dan seleruh dunia segera berakhir.emoticon-shakehand

Sumber penulisan: 12

Terimakasih atas kunjungannya, semoga menambah wawasan.. salam cendols..emoticon-Cendol (S) dan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
iwans2372 dan 47 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Diubah oleh yogapranata0008
Reserved
profile-picture
mr.croovooc memberi reputasi
Nice trit gan... emoticon-Cendol Gan btw ane jadi inget film Free state of jones, sama django keren parah emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vitznoya dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Walah, ada info penting yang kurang ini. Abraham Lincoln itu Partai nya Partai Republican. Dan Yang gak senang dengan kebijakan penghapusan perbudakan itu ya orang2 dari Partai Democrat !!!!.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KRAVZHENKO dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
dulu,.orang kulit hitam pernah berjaya di afrika... Di bawah lindungan kesultanan kesultana Islam...
semua berubah, ketika kolonialisasi menyerang emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
bagian selatan dikuasai partai demokrat, namun mereka juga rata2 kalangan konservatif
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kapan Amerika mau perang saudara lagi ?
pasti seru kaya di film Hollywood
biar gak ada negara yang suka ikut campur urusan negara lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.johnnyoutlaw dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
kayaknya sekarang mamarika udh terkontaminasi virus KadRun juga ya jon emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
.theflash. dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 22 balasan
perang terbesar yg mngubah sejarah amrik tuk slamanya, gan....
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bule paok


emoticon-Najis
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Bookmark dulu, baca dan komen kemudian. Dari judulnya bagus ini.


Edit ...

Baru aku baca.

Perang Saudara AS itu memang historikal dan monumental sih. Perang memperjuangkan prinsip dan keyakinan, bukan hanya sekadar bebaskan para budak.

Kenapa pihak Uni (AS) di awal-awal pecah perang sipil kalah terus? Karena jenderal-jenderal pasukan Uni itu kurang cakap. Bahkan salah satu jenderalnya, George McClellan malah mencalonkan diri sebagai Presiden AS dari Partai Demokrat, setelah ia dipecat oleh Presiden Lincoln karena sulit diperintah Presiden Lincoln buat menyerang pasukan Konfederasi. Mirip "Barisan Sakit Hati" ya. Sayangnya, McClellan mencalonkan diri sebagai presiden saat Lincoln juga maju untuk masa jabatan kedua, yang jelas lebih populer Presiden Lincoln daripada Jenderal McClellan.

Untuk kalian tahu, pendukung utama perbudakan di AS dulu itu Partai Demokrat (partainya Obama), sedangkan Presiden Lincoln adalah presiden pertama dari Partai Republik (partainya Trump). Dulu itu kebalik ideologi partainya. Partai Demokrat itu konservatif (ada faksinya juga, Partai Demokrat-Selatan yang pro-perbudakan dan Partai Demokrat-Utara yang agak progresif), sedangkan Partai Republik itu progresif (bahkan ada faksi yang radikal progresifnya).
Sekarang, ideologi dua partai itu malah terbalik.

Lalu, setelah Presiden Lincoln wafat ditembak (pertama kalinya presiden AS wafat karena dibunuh), Wapresnya, Andrew Johnson naik jadi presiden. Tapi dia kurang disukai oleh para legislator AS yang saat itu dikuasai kaum progresif (sebagian radikal). Bahkan hampir aja dimakzulkan si Johnson ini.

Nah, setelah Presiden Johnson tidak lagi menjabat presiden (dia menjabat presiden hasil lungsuran Lincoln, jadi cuma meneruskan masa jabatan Lincoln saja, tapi karena Lincoln wafat di awal masa jabatan, jadi cukup lama juga si Johnson ini berkuasa), baru Jenderal Ulysses S. Grant terpilih jadi presiden dua periode. Presiden Johnson ini malah mengampuni para pemimpin pemberontakan, yakni pihak Konfederasi, mulai dari pimpinan politik sampai militernya. Ini yang bikin parlemen AS kurang suka sama Johnson. Wong pemberontak kok malah diampuni.

Jenderal Grant memang salah satu jenderal terbaik dari kubu Uni sehingga pantas terpilih jadi Presiden AS ke-17.

Lalu, dimulailah Era Rekonstruksi AS sejak Presiden Grant. Namun, karena AS itu negara federal, masih banyak negara bagian yang belum mereformasi konstitusinya sehingga hukum diskriminasi masih berlangsung hingga Era Pergerakan Hak Sipil di zaman Kennedy.

Pokoknya panjang deh sejarah AS. Dan menarik karena melibatkan pertentangan prinsip dan keyakinan.

Ada koreksi sedikit, Gan.
Quote:


Pemimpin Konfederasi AS itu Presiden Jefferson Davis. Kalau Jenderal itu Panglima AB Konfederasi. Tapi karena mereka bentuknya konfederasi, jadi peran presiden konfederasi kurang menonjol.
Nah, kalau Presiden Lincoln itu memang presiden sah AS (termasuk wilayah konfederasi, karena konfederasi ini statusnya pemberontak / beligerent). Nah, kalau panglima AB Uni itu ganti-ganti karena banyak yang kurang cakap. Yang paling menonjol ya Jenderal Grant.

Dan yang paling lucu, ibukota Konfederasi AS, Richmond di negara bagian Virginia, itu hanya berjarak beberapa ratus kilometer dari Washington D.C. Wkwkw.

Baru kali ini aku sadar kalau pihak pemberontak dan yang diberontak malah ibukotanya saling berdekatan. Apa nggak riskan itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yosbeda dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riansantoso4776
Lihat 3 balasan
Anehnya republican lah dulu yang justru menentang perbudakan kulit hitam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buron.warteg dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nah ini pantas mejeng di HT... Bagus bgt. Narasi penutup juga menyejukkan...
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau sejarahnya kemudian di lanjutkan dengan asal mula berdirinya negara Liberia di benua Afrika akan lebih bagus lagi. Masih ada kaitannya kan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buron.warteg dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice info Gan... emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
makanya dibuat pelem Abraham Lincoln perang melawan pampir sikulit mutih emoticon-Cool
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Perang Sipil Amerika Serikat dan Berakhirnya Era Perbudakan Orang Kulit Hitam
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan yogapranata0008 memberi reputasi
wah mantap threadnya gan, thanks udah nambah wawasanemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
yogapranata0008 dan gunungkawi2 memberi reputasi
noh liat, sesama warga negara sendiri aja saling berantem. sama kek agama satu itu, gak suka sama aliran ini eh ngajak berantem... bener2 akal masalahnya mmg dr manusia yg suka nyusahin diri mrk sendiri emoticon-Betty
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
inget film robocop
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di