CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menguak Misteri Kenapa Tulisan Dokter Kebanyakan Sulit Dibaca
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eddc089f4d69514d75b0cfb/menguak-misteri-kenapa-tulisan-dokter-kebanyakan-sulit-dibaca

Menguak Misteri Kenapa Tulisan Dokter Kebanyakan Sulit Dibaca

Menguak Misteri Kenapa Tulisan Dokter Kebanyakan Sulit Dibaca

Kebanyakan dari kalian pasti sepakat dengan anggapan kalau tulisan seorang dokter itu sulit dibaca. Cara mereka menulis terkesan seperti diseret-seret, membuat rangkaian kata demi kata itu justru terlihat seperti tanda tangan yang sangat panjang, alih-alih seperti tulisan pada umumnya. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak dulu. Tapi anehnya, nggak pernah ada gerakan protes dari suster atau apoteker yang setiap hari bergelut dengan tulisan-tulisan abstrak dokter saat membaca resep yang ditulisnya.

Sebagai pasien, saya pun sering banget bertanya-tanya, apa sih yang membuat tulisan para dokter –setidaknya yang pernah saya temui selama hidup– begitu jelek dan sulit dibaca? Sampai-sampai saya pernah suudzon, jangan-jangan dokter sengaja nulis pakai tulisan cakar ayam biar nggak bisa kebaca pasien, karena ada kode-kode rahasia yang cuma bisa dibaca sesama tenaga medis? Tapi kalau alasannya itu, kenapa mereka nggak sekalian berkomunikasi pakai sandi-sandi atau istilah kedokteran aja, toh, pasien atau orang awam juga nggak bakal tahu, kan? Tapi ternyata, ada alasan lain yang lebih logis terkait misteri terbesar abad ini lo, Guys! Hipwee sudah merangkumnya untuk kamu. Simak, yuk ...

Ternyata, semua fakta di atas ada hubungannya sama kebiasaan mereka saat masih menimba ilmu di jurusan kedokteran. Para calon dokter sering berhadapan sama situasi yang mengharuskan mereka membuat catatan dengan cepat
Menguak Misteri Kenapa Tulisan Dokter Kebanyakan Sulit Dibaca


Banyak yang bilang kuliah di jurusan kedokteran itu sulit, salah satunya karena banyak banget materi yang mesti dipelajari. Para calon dokter juga kerap didorong untuk selalu cepat, termasuk dalam hal menulis catatan, rangkuman, atau materi pelajaran. Gary Larson, seorang direktur medis, mengatakan kalau kebiasaan itu bikin kemampuan menulis para dokter memburuk seiring perjalanan waktu. Meski nggak semua, tapi faktanya, kebanyakan dokter memang punya tulisan tangan ala cakar ayam, alias jelek sekali.

Selain itu, ternyata jumlah pasien yang membludak, membuat para dokter nggak punya waktu buat bagus-bagusin tulisan. Jadi ya wajar kalau nulisnya jadi ala kadarnya

Menguak Misteri Kenapa Tulisan Dokter Kebanyakan Sulit Dibaca

Celine Thum, direktur medis di ParaDocs Worldwide, mengatakan kalau semua hal di dunia medis harus ada dokumentasinya. Para dokter nggak cuma diharuskan menulis resep aja, tapi juga keluhan pasien, riwayat kesehatan, pokoknya semua informasi tentang pasiennya deh. Semua itu dilakukan agar si pasien punya rekam medis. Jadi kalau suatu hari pasien datang lagi ke sana dengan gejala yang sama atau berbeda, daftar riwayat si pasien yang tertulis jadi data yang sangat penting untuk diagnosis dokter.

Dengan jumlah pasien yang bisa mencapai puluhan sehari, jam kerja dokter bisa sangat panjang. Karena udah capek, mereka jadi nggak sempat mikirin tulisannya bagus atau enggakMenguak Misteri Kenapa Tulisan Dokter Kebanyakan Sulit Dibaca


Seorang dokter bisa bekerja belasan jam dalam sehari. Belum lagi kalau ada operasi atau tindakan-tindakan medis lain di samping memeriksa pasien reguler. Rasa lelah luar biasa ini bikin mereka jadi nggak sempat mikirin tulisannya bagus atau nggak. Yang penting pasien tertangani, dapet obat, sembuh. Bayangin aja kalau para dokter nulisnya lama, sedangkan di luar ruang praktiknya, pasien-pasien udah pada antri. 

Meski ada sejumlah alasan logis kayak di atas, tapi sekarang udah banyak fasilitas kesehatan yang mengharuskan dokter memasukkan data atau menulis resep di komputer, bukan tulisan tangan lagi

Tulisan dokter yang kayak cakar ayam itu ternyata berisiko tinggi salah dibaca. Kalau yang salah baca pasien sih mungkin masih nggak masalah. Tapi apa jadinya kalau yang salah menafsirkan adalah apoteker? Padahal apoteker bertugas memberi atau meracik obat untuk pasien sesuai resep dari dokter. Risikonya bisa fatal banget misal mereka salah membaca dosis yang ada di resep. Misalnya satuan mikogram terbaca miligram, atau sebaliknya, dosisnya bisa kurang atau kelebihan!

Karena itu, sekarang banyak dokter yang mulai meninggalkan cara lama tersebut dan beralih ke komputer. Saat pasien datang, menceritakan keluhannya, dokter udah siap dengan keyboard-nya. Semua ditulis di komputernya, sampai resep pun juga ditulis di sana dan langsung dikirim ke apoteker di bagian farmasi. Dengan begitu, kesalahan membaca tulisan dokter jadi bisa lebih diminimalisir.

Sumber

Komen Ane:
Ane pernah periksa ke praktik dokter yg kunjungan pasiennya enggak terlalu banyak. Antrian cuma beberapa orang saja. Ketika nulis resep tetep aja tulisannya jelek banget. Jujur saja ane ada was-was gimana kalo apoteker salah baca tulisan si dokter ini ... bisa ambyar ane emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan nona212 memberi reputasi
Menurut ane bukan karena buru2 sih alesannya. Karena lucunya tulisan seabsurd itu bisa dibaca sama apoteker dengan baik. Kalo emang tulisannya jelek masa iya semua dokter gitu, trus harusnya gak semua orang bisa baca tulisan jelek yg natural. Ini kayanya emang kode aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
korekceuli dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Menguak Misteri Kenapa Tulisan Dokter Kebanyakan Sulit Dibaca
profile-picture
profile-picture
kontholl dan REVO32 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo menurut ane mungkin ada semacam kode2 yang hanya dimemgerti orang2 tenaga medis, beda dengan tulisan ane yang emang pure jelek emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
korekceuli dan REVO32 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
itu kayaknya udah terlatih selama pendidikan deh... si dokter dan apoteker juga udah saling memahami, risiko salah baca kayaknya kecil hehehe emoticon-Toast

mungkin itu juga cara biar ngebedain mana resep dokter beneran sama abal"..

coba kita yang awam ini suruh niruin tulisannya.. pasti kalo gak kelewat bagus, malah kelewat jelek dan gak bisa dibaca hahaha emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
korekceuli dan REVO32 memberi reputasi
Biar ga dibajak
bikin pening kita awam belum lagi yg masih noob bisa² salah kasih resep,mestinya dibuat semacam alat mindbarcode biar kita² pada tau emoticon-Big Grin
profile-picture
REVO32 memberi reputasi
Biar resep rahasia nya aman emoticon-Smilie
katanya sih ada kode kode resep tertentu yg cuman bisa dibaca oleh para apoteker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di