CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Survei: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Cenderung Menurun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eddbc9ef4d6955b25161ba2/survei-kepuasan-publik-terhadap-kinerja-jokowi-cenderung-menurun

Survei: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Cenderung Menurun

Survei: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Cenderung Menurun
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau salah satu pusat perbelanjaan, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Kehadiran Presiden itu untuk meninjau persiapan prosedur pengoperasian mal yang berada di wilayah zona hijau, wabah COVID-19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukan kepuasan masyarakat atas kinerja Presiden Joko Widodo cenderung menurun di tengah penanganan pandemi Covid-19. Penurunan itu terjadi walaupun tak begitu signifikan dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

"Kepuasan terhadap kerja Jokowi sekitar 66,5 persen, cenderung menurun tapi tidak signifikan dibanding temuan sebelumnya 69,5 persen," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers daring, Minggu (7/6/2020).

Hasil survei pada Februari 2020 mencatat, 11,9 persen responden merasa sangat puas akan kinerja Jokowi dan 57,6 persen menilai cukup puas. Sementara, 26,1 persen responden menilai kurang puas terhadap kinerja Jokowi dan 2,0 persen menilai tidak puas sama sekali. Lalu, 2,3 persen responden menganggap tidak tahu/tidak jawab (TT/TJ).

Sedangkan, hasil survei pada Mei 2020 menunjukan, 14,3 persen publik mengaku sangat puas atas kerja Jokowi dan 52,2 persen menilai cukup puas. Selanjutnya, 27,4 persen menyatakan kurang puas dan 2,3 persen menilai tidak puas sama sekali. Sementara, 3,8 persen menyatakan TT/TJ.

Dengan begitu, akumulasi tingkat kepuasaan publik terhadap kerja Jokowi cenderung menurun sekalipun tidak signifikan dibanding hasil survei sebelumnya.

Namun demikian, Burhanuddin menyebut, ada perbedaan antara kepuasan terhadap Jokowi dengan kinerja pemerintah pusat dalam menangani Covid-19.

" Kinerja pemerintah pusat dianggap lebih rendah karena mungkin sebagian responden menilai aparat dan kementerian di bawahnya kurang bias menerjemahkan instruksi Jokowi," kata dia. Survei itu sendiri dilakukan dari 16 Mei hingga 18 Mei dengan menggunakan metode kontak telepon. Jumlah sampel dalam survei tersebut sebanyak 1.200 responden. Sedangkan margin of error dalam survei tersebut kurang lebih sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/06/07/20171611/survei-kepuasan-publik-terhadap-kinerja-jokowi-cenderung-menurun.

jangan ragukan kepemimpinan satrio piningit sang tjahaja asia emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 2 lainnya memberi reputasi
trus kepuasan kinerja gabener DKI meningkat dong emoticon-Ngakak
Ngeri x
#2024GantiPresiden!!!


emoticon-Belgia
profile-picture
Nevareth memberi reputasi
Lihat 1 balasan
di masa pandemi kepala2 negara lainnya juga bernasib seperti jokowi
Lihat 1 balasan
meskipun turun, masih cukup baik persentasenya
fix 2024 ganti presiden
emoticon-Cool
mampus tuh nastak
mantap memang beliau sudah tak diragukan lagi
emoticon-Wakaka

Ya iyalah turun. Gak liat kebijakan awal kaya gimana? Kebijakan yg disahkan, seperti PSBB jatuhnya cuma imbauan doang. Di masa sulit malah mau naikin bpjs. Paling yg hrs diapresi mengenai ketersediaan APD dan masker untuk nakes dan tunjangan yg besar dri pemerintah dan tindakan pusat untuk mengatur supaya gak terjadi kepanikan di masyarakat
Ko yg ini dipercaya, td tentang capres dihujat emoticon-Ngakak
kepuasan? mau bgt di puasin loe?
Tapera modus bancakan baru
wajar kepuasan menurun, selama pandemi ini aja udah berapa blunder yang dilakukan?? apalagi beberapa menteri yang harusnya bantuin malah ikut"an bikin blunder dan nambahin masalah emoticon-Sorry

bisa naik lagi kalo pak Jokowi bisa nebus blunder" itu dengan cetak "gol" penyama kedudjikan bahkan membalik keadaan emoticon-Toast


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di