CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Lemon Dibuat Cookie Ternyata Menyegarkan Lho!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eddaa1f28c9915bc96c1cce/lemon-dibuat-cookie-ternyata-menyegarkan-lho

Lemon Dibuat Cookie Ternyata Menyegarkan Lho!


Lemon Dibuat Cookie Ternyata Menyegarkan Lho!
Seringkali lemon dijadikan sebagai pelengkap dalam masakan, bikin rasa masakan atau kue menjadi lebih beragam, lebih segar tentunya. Buah dengan rasa asam ini kalau rutin diminum pagi hari dengan air hangat bagus buat pencernaan, selain itu bagus juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, gimana kalo lemon dijadikan bahan utama dalam pembuatan cookies? Yuk, diintip resepnya!


Bahan-bahan utama

Gula halus, 100 gram;

Mentega tawar dingin, 150 gram;

Garam, ¼ sendok teh;

Tepung maizena, 30 gram;

Tepung terigu protein rendah, 200 gram;

Kuning telur, 1 butir;

Susu bubuk, 25 gram;

Baking powder, ½ sendok teh;

Air jeruk lemon, ½ sendok teh;

Kulit jeruk lemon, 1 sendok teh.

Bahan-bahan topping

Putih telur, 1 butir;

Gula halus, 120 gram;

Air perasan jeruk lemon, ¼ sendok teh;

Gula pasir secukupnya (untuk taburan).

Langkah-langkah mengolah lemon cookies

Siapkan wadah bersih, lalu campurkan mentega tawar dingin, gula halus, dan garam. Kocok menggunakan mixer selama satu menit sampai semua bahan tercampur;

Selanjutnya, tambahkan kuning telur dan kocok lagi dengan mixer sampai menyatu dengan adonan sebelumnya;

Masukkan tepung terigu protein rendah, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder. Ayak sebelum dicampurkan ke adonan yang diaduk dengan mixer. Aduk sampai rata, lalu tambahkan air perasan jeruk lemon dan kulit lemon yang sudah diparut. Sisihkan;

Panaskan dulu oven dalam temperatur 140[sup]o[/sup]C. Sambil menunggu, gilng adonan cookies sampai ketebalannya mencapai ½ cm. Lantas cetak dengan ring atau bentuk lain sesuai keingnan Anda. Lakukan sampai semua bahan habis. Sisihkan;

Kemudian, lapisi tipis-tipis loyang menggunakan margarin dan tata adonan cookies yang selesai dibentuk;

Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan dan panggang selama 30 menit;

Sembari menunggu cookies matang, kocok putih telur hingga setengah mengembang, lalu masukkan gula sedikit demi sedikit. Kocok bahan tersebut sampai mengental sebelum Anda tambahkan air jeruk lemon. Masukkan adonan topping ke dalam kantung semprot;

Keluarkan lemon cookies dari oven dan tiriskan sebentar. Kemudian, hias dengan topping;

Lemon cookies siap dinikmati sebagai teman menonton Anda!

 


sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 2 lainnya memberi reputasi
sdh pernah nyobaemoticon-Jempol
Lihat 2 balasan
gambar kuenya ada?
Lihat 1 balasan
wah pengen bikin, kemaren liat-liat doang fotonya di instegrem
Kulitnya juga bisa buat manisan gan...enak, kayak pepaya, dan bau nya segar....
Iyaaa setujuuuu, kalo lagi bosen sama yang coklat red velvet dll pilihan cake yang bahan dasar buah atau lemon kayak gini yang jadi solusi sih, nagih lohh
pernah nyobainn!! emang enak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di