CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Iuran Tapera, Pekerja Asing Juga Wajib Bayar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edda96e0577a93d234086a2/iuran-tapera-pekerja-asing-juga-wajib-bayar

Iuran Tapera, Pekerja Asing Juga Wajib Bayar

Iuran Tapera, Pekerja Asing Juga Wajib Bayar

Bisnis.com, JAKARTA – Penarikan iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) oleh Badan Pengelola Tapera bakal dimulai pada 2021 mendatang. Pekerja asing pun tak terhindarkan dari kewajiban membayar iuran.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan bahwa pekerja asing juga diwajibkan untuk menjadi peserta Tapera. Nantinya, perusahaan tempat warga asing tersebut bekerja akan diwajibkan untuk mendaftarkan para pekerjanya.

“Jadi yang diwajibkan itu pemberi kerja. Untuk swasta tenang saja, masih ada waktu transisi tujuh tahun, nanti akan diatur,” katanya dalam video konferensi pers, Jumat (5/6/2020).
Baca Juga : Transisi Tapera, FLPP dan Skema Pembiayaan Perumahan Masih Ada

Adapun, syarat WNA yang bisa ditarik iuran Tapera adalah yang sudah bekerja selama enam bulan. BP Tapera juga terbuka apabila ada pekerja asing yang membuka usaha mandiri untuk mendaftarkan diri secara mandiri sebagai peserta.

“Kan asasnya yang pertama gotong royong, mereka [WNA] kerja di sini, dapat penghasilan dari sini ya wajib iur. Si pekerja itu setiap hari bisa melihat tabungannya berapa melalui sitem yang sedang disiapkan, nanti kalau kembali ke negaranya kita kembalikan,” imbuhnya.

Asas lain yang digunakan adalah asas manfaat. Sehingga para peserta yang sudah membayar iuran selama 12 bulan, termasuk WNA yang nantinya sudah kembali ke negaranya bisa mendapat pengembalian dana termasuk pemupukan dari investasi kolektif di saham atau sarana investasi lainnya.
Baca Juga : Iuran Tapera Mulai 2021, Pekerja Non ASN Tak Perlu Khawatir

“Jadi ini diatur komposisinya sekian persen untuk dipupuk, sekian untuk dikelola, dan dicadangkan. Ada prioritas. Jadi kita harus berhitung mengenai dana jangka panjang,” tambah Adi.

Adapun, BP Tapera menyebut belum bisa menjamin berapa imbal hasil yang bisa didapatkan. Namun, dalam menyalurkan investasi, BP Tapera akan menggunakan prinsip risk and return agar BP Tapera bisa menjadi badan yang kredibel dan memastikan lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung di bank.

“Kita tentunya tidak boleh menjamin, tapi kami akan berupaya agar skenario investasi yang akan dipakai itu memperhatikan sisi ekonomi, nantinya ada angka yang jadi referensi dan pasti untungnya akan lebih baik dari tabungan di bank,” katanya.

link

“Kan asasnya yang pertama gotong royong, mereka [WNA] kerja di sini, dapat penghasilan dari sini ya wajib iur. Si pekerja itu setiap hari bisa melihat tabungannya berapa melalui sitem yang sedang disiapkan, nanti kalau kembali ke negaranya kita kembalikan,” imbuhnya.

Asas lain yang digunakan adalah asas manfaat. Sehingga para peserta yang sudah membayar iuran selama 12 bulan, termasuk WNA yang nantinya sudah kembali ke negaranya bisa mendapat pengembalian dana termasuk pemupukan dari investasi kolektif di saham atau sarana investasi lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Si pekerja itu setiap hari bisa melihat tabungannya berapa melalui sitem yang sedang disiapkan

ini yg paling penting

jadi tau perkembanganya
profile-picture
DoDoLanDoDoL memberi reputasi
Lihat 8 balasan
kalo karyawan perusahaan mah sebodoteuing
anggap aja potongan tapera nya di bayarin sama perusahaan
jadi dia tetap terima bersih seperti sekarang
yg nyesek itu pekerja mandiri / informal, duit yg dia dapatkan dgn susah payah, masih di embat juga sama tapera, selain di embat sama preman jidatitem (duit THR), duit pungutan ini itu, dll dll dll
tapera akan membuat harga barang2 semakin mahal, karena iuran tapera nya di bebankan ke konsumen
disini ane gagal paham
kita berusaha new normal mau bangkit dari keterpurukan ekonomi oleh covid, di hajar pake tapera gini, trus gimana cara bangkit nya kalo belum apa2 udah di potong gini????
seharusnya pemerintah lah yg kasi duit ke rakyat buat stimulus, bukannya malah malakin tapera gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
gak lama lagi seluruh anggota keluarga wajib tapera, macam bpjs


anak anak ntar kalo udah besar kan perlu rumah juga.. emoticon-Big Grin

ada juga ntar tapera mandiri, buat peserta bukan penerima upah... trus kalo gak ikut tapera ntar gak bisa urus surat ini.. itu... bla.. bla.. bla... ntaps lah malak nyaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan buron.warteg memberi reputasi
Gila main potong saja tp ga ada pertanggungjawaban kl uangnya berkurang akibat salah pengelolaan investasi.
profile-picture
profile-picture
buron.warteg dan Aparatkaskus memberi reputasi
Mantab tapera, bisa maen judi di singapore, beli saham gorengan, beli bitcoin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 2 lainnya memberi reputasi
bukannya pekerja asing cuma sementara tinggal di sini?
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Tappera (Tunjangan para perampok rakyat)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jwmakerot dan 4 lainnya memberi reputasi
gue setuju asal dananya buat bangun rumah sewa. Harga sewanya dihitung harus menguntungkan buat BP Tapera, kalo mau subsidi, harus subsidi dari dana apbd/apbn. jadi inveatasinya menguntungkan plus BP Tapera akan pumya asset berupa rumah/apartemen sewa tersebut, pemerintah cukup modal subsidi karena bangun rumahnya pake dana masyarakat pekerja.

Yang gue nggak setuju, kalo dipake buat bangun rumah/apartemen yang dijual murah. Ini artinya proyek rugi, dan pasti menggerus dana yang ada di BP Tapera. Mau balikin duit masyarakat darimana kalo investasinya rugi?
profile-picture
profile-picture
buron.warteg dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jokowi sejak jadi gubernur dki sering bilang good governance dan pelayan satu pintu
jadi presiden keluarin kebijakan ekonomi sampai belasan jilid salah satunya memangkas birokrasi
sekarang gak sadar kalau tapera membuat panjang birokrasi yang membuat investor enggan investasi disini. Harus urus administrasi bpjs kesehatan, bpjs ketenagakerjaan, sekarang ditambah lagi lembaga baru bp tapera.
profile-picture
buron.warteg memberi reputasi
pekerja asing cuman bisa ngikutin aja aturan yang ada
jadi tka menlen boleh kerja lama dong disni dan boleh buat rumah, terima kasih opung telah memperjuangkan hak tka menlen emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 3 lainnya memberi reputasi
masukin dana gampang, keluarnya susah + banyak potongan
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan buron.warteg memberi reputasi
btw ini duit nya yg d jadiin tabungan stagnan segitu nilainya, apa di puter buat bisnis negara? klo buat modal bisnis negara berarti klo ada untung harus bagi hasil dong, ini sama aja kayak negara ngutang duit k rakyat nya di kasih embel2, tabungan masa depan
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan buron.warteg memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini sebenere cara2 mafia mau ngembat duit dari org banyak
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan buron.warteg memberi reputasi
Rezim Mulai Malak buat balik modal emoticon-Ngakak
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di