CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mulai Kapan Gaji Karyawan Swasta Dipotong 2,5 Persen untuk Tapera?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edd694ca727686d2a341aa0/mulai-kapan-gaji-karyawan-swasta-dipotong-25-persen-untuk-tapera

Mulai Kapan Gaji Karyawan Swasta Dipotong 2,5 Persen untuk Tapera?

Mulai Kapan Gaji Karyawan Swasta Dipotong 2,5 Persen untuk Tapera?


Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat pada 20 Mei lalu.

Tabungan Perumahan Rakyat atau yang disingkat dengan Tapera ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016. Tapera dibentuk untuk tujuan membantu pembiayaan perumahan bagi para pekerja.

Pekerja yang pertama kali diwajibkan menjadi peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) adalah aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS). Iuran Tapera akan dipungut dan dikelola oleh BP Tapera.

Pada skema yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera, ASN eks peserta Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Taperum-PNS) dan ASN baru diwajibkan mulai membayar iuran Tapera pada Januari 2021.

Setelah itu, lingkup kepesertaan Tapera diperluas secara bertahap. Tahap kedua adalah pekerja di perusahaan badan usaha milik negara dan daerah serta TNI-Polri.

Tahap ketiga berlaku untuk pekerja swasta, pekerja mandiri, dan pekerja sektor informal. Tenggat kepesertaan paling cepat untuk kedua tahap ini belum ditentukan.

”Khusus perusahaan swasta, diberikan waktu sampai tujuh tahun ke depan setelah PP ditetapkan untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta Tapera,” kata Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Badan Pengelola Tapera Ariev Baginda Siregar dikutip dari Harian Kompas, Minggu (7/6/2020).

Untuk iuran Tapera sebesar 3 persen tersebut, sebanyak 0,5 persen ditanggung oleh pemberi kerja dan sisanya sebesar 2,5 persen ditanggung oleh pekerja (potong gaji karyawan untuk iuran Tapera). Khusus untuk peserta mandiri, iuran dibayarkan sendiri.

"Besaran Simpanan Peserta ditetapkan sebesar 3 persen (tiga persen) dari gaji atau upah untuk peserta pekerja dan peserta pekerja mandiri," bunyi Pasal 15 PP tersebut dikutip pada Selasa (2/6/2020).


Dana bisa diambil setelah pensiun

BP Tapera sendiri sebenarnya bukan lembaga baru. Institusi ini sebelumnya bernama Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan-Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS).

Dengan nomenkelatur baru, BP Tapera kini tak hanya menjadi pemungut iuran bagi PNS, namun bakal mengelola dana dari iuran pekerja yang berasal dari BUMN, BUMD, TNI dan Polri, perusahaan swasta, dan peserta mandiri.

Sebelum menjadi BP Tapera, Bapertarum-PNS memiliki sekitar 6,7 juta orang peserta, baik PNS aktif maupun yang telah pensiun, dengan dana kelolaan Rp 12 triliun.

Saat masih bernama Bapertarum, lembaga ini mengumpulkan uang dari PNS dengan memotong gaji setiap bulan sehingga uang di Bapertarum PNS pada dasarnya adalah uang PNS dan harus dikembalikan kepada mereka.

Kepesertaan di BP Tapera akan berakhir jika pekerja sudah pensiun yakni usia 58 tahun. Nantinya setelah pensiun, peserta bisa mendapatkan dana simpanannya beserta hasil dari dana pengembangan yang ditempatkan di deposito bank, surat utang pemerintah, dan investasi lainnya. Komite Tapera beranggotakan Menteri Keuangan, Menteri PUPR, Menteri Ketenagakerjaan, dan anggota independen. Komite itu diketuai Menteri PUPR.


Tapera untuk apa?

Dikutip dari Antara, Deputi Komisioner BP Tapera Eko Ariantoro, mengatakan program seperti Tapera sudah lazim dilaksanakan di berbagai negara.

"Program serupa Tapera sudah lazim dilaksanakan di berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, China, India, dan Korea Selatan," ujar Eko.

Dia menuturkan, hadirnya Tapera melalui Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 merupakan upaya pemerintah untuk melengkapi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

"Pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera oleh Presiden Joko Widodo menjadi landasan BP Tapera untuk segera beroperasi," jelas Eko.

"Dengan tujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan yang layak dan terjangkau bagi peserta," kata dia lagi.


SUMUR:
https://money.kompas.com/read/2020/0...apera?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zakyjacks dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Terus bedanya sama jamsostek paan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darklight89 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Ngurus bapertarum aja kacau, ini malah ditambah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrantasPranata dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
setelah tujuh tahun
profile-picture
profile-picture
narutuy dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tabungan Jamsostek Ketenagakerjaan saja dulu setelah masa kerja 10 tahun juga nggak bisa dicairkan.

Alasannya ini itulah, bangkrutlah, anjing.

Ini lagi, yakin deh cuma tipu-tipu aja hanya untuk pengumpulan dana untuk nalangin utang negara yg semakin banyak.

Waktu pencairan lihat saja nanti pasti pura-pura gagal bayar, defisit atau dibangkrutkan seperti biasanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrantasPranata dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
TAPERA 0,5% dibayar bos & 2,5% dibayar pekerja.
Berapa sih jumlahnya?

Memangnya bisa untuk beli rumah?

Apalagi targetnya cuma karyawan swasta gaji UMR gitu.
Sampai umur 58 tahun, berapa totalnya?
Harga rumah sudah berapa itu?

Mending KPR rumah saja langsung ke Bank Swasta dg bunga flat malah lebih terbukti & teruji.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TheTongerets dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Gak minat ikut. Program yang sangat gak penting ini. Khususnya bagi yang sudah punya rumah.emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meowzie dan 11 lainnya memberi reputasi
nunggu berita "tapera merugi.pemerintah suntik dana ke tapera"

mungkin 1-2 thn lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meowzie dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Anggap aja sedekah
profile-picture
profile-picture
dibanned.melulu dan Richy211 memberi reputasi
Setelah 7 tahun, jangan di skip yg ini
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Anggaran kemenag aja noh pindahin ke Tapera emoticon-DP

Kalo perlu bubarkan kemenag



Sekalian tuh duit koruptor, miskinkan ! Tarik semua pindahin ke taperaemoticon-Shakehand2emoticon-Ultah



Rakyat uda bayar pajak ini itu, jgn minta duit ke rakyat lagi. emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh evildankside
Lihat 3 balasan
Brrti klo dikorupsi urusannya sama rakyat ya soalnya itu kan tabungan rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 5 balasan
gagal bayar kpr masi bisa di jual, itung2 tabungan
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg bikin rakyat keberatan itu karena pemerintah udah terbukti gak becus urus jaring pengaman sosial. liat aja BPJS ambrul adul gitu manajemen dana nya. rakyat juga disuguhi berbagai tontonan mark up pengadaan dana yg gila2an dan gak masuk akal. sekarang mau nambah bancakan baru bernama tapera?

pekerja informal mau di potong juga? akhirnya kecium juga bau busuk sensus penduduk online kemarin, jebmen buat menjaring pekerja informal biar gak bisa ngelak pas di mintai potongan tapera ini salah satunya.

pekerja informal itu strata kesejahteraan nya paling rendah dibandingkan jenis pekerja lain kayak swasta, BUMN, dll. masak sih masih mau di potong juga? pedagang bubur ayam, bakso, tukang sayur, tukang ojek, kuli bangunan, dll, mau di potong juga? gila nih jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Duitnya ada. Tabungan Taperanya ada. Rumah murahnya ada nggak? emoticon-Leh Uga

Sejauh ini yg aman baru BPJS tenagakerja. Kalau BPJS kesehatan & jiwasraya tau sendiri lah ya. Mau masuk ke mana nih Tapera?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bpjs itu benerin
malah nambah program yg srupa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


bahasa alusnya make dana ASN, karyawan dan pengusaha dulu buat modal pemerintah maksudnya emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrantasPranata dan 4 lainnya memberi reputasi
duh.. banyak yang bahas beginian.
copy paste saja ya balasan ane dari artikel sebelah.. gpp kan ya..capek ngetik ulang
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan .noiss. memberi reputasi
potong memotong emang paling cepat emoticon-Cool seandainya secepat ini tanggapannya waktu awal awal covid, bagus

Yang ginian cepet emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kazuraba
menurut ane, cara kerja tapera mirip mirip bapertarum. jadi kayak bpjs juga, yaitu askes dilebur dan semua masyarakat bisa menikmatinya. dan please jangan ngamuk ngamuk dulu ke negara. secara aturan baru berlaku tahun 2021 bagi pns dan bagi swasta 7 tahun lagi paling lambat. kenapa pns? karena mereka sudah ada modal yaitu dana dari bapertarum. tapera ini ada di malaysia, ada di singapura, dan itu sudah jalan berpuluh puluh tahun. di malaysia bahkan potongnya 11 persen. ane baca di kontan gitu.

sejauh ini jika mirip mirip bapertarum, maka konsepnya kurang lebih gini..
per bulan kalau bapertarum dulu, jika pns golongan 2 atau 3 dipotong kalau nggak salah Rp7000 sebulan. bener, ane tidak salah tulis. tujuh ribu.

lalu setelah atau lebih dari 5 tahun, dia bisa mengambil bantuan uang muka untuk beli rumah pertama, atau untuk rehap rumah. jadi untuk bantuan uang muka lho ya.. bukan buat cicilan. besarnya Rp5 juta bisalah.. bantuan 5 juta ini lebih menyerupai pinjaman, dicicil selama maksimal 15 tahun. bunganya 6 persen per tahun. jadi per bulan ybs mencicil bantuan plus bayar iuran.

terus yang Rp7000 tadi per bulan? ini akan dikembalikan beserta pengembangannya saat pensiun umur 58.

kalau konsep ini diterapkan ke tapera, kurang lebih cara kerjanya sama lah dengan diatas. nominalnya pasti berbeda, dari segi iuran maupun bantuan uang muka. cuma perlu diingat titik krusialnya bukan di tapera nya.

tapi apakah bank setuju nggak dengan pengajuan kredit perumahan agan? misal nih harga rumah katakan 300 juta. agan sanggup nyicil 4 juta gitu per bulan. bank setuju nggak? kalau setuju, baru tapera masuk, bantu sebagian dp. bunga tapera 5 persen per tahun..

remember, rumah itu termasuk spp. sandang pangan papan. sekarang atau nanti pun, agan akan butuh, apalagi jika berumah tangga apa iya seumur hidup mau dikontrakan terus. malah saking ingin dapat rumahnya, trus agar masuk kpr, kadang kadang terpaksa mengakuin punya pendapatan lebih besar dari sebenarnya dengan banyak cara..

next, bisa jadi agan sudah punya rumah. trus tapera ngapain lagi? yaah, buat rehap rumah. bisa.. kalau nggak kepakai juga? buat tabungan. bedanya sama bpjs, tapera ini dikembalikan lagi ke kita saat usia 58. harapan pemerintah secara halusnya, agan seumur segitu saat pensiun rumah sudah ada, dan agan punya uang tunai sangat besar dari hasil tapera ini.

tapi nanti kalau ada apa apa..? gini, ini bukan program baru lho. jauh sebelumnya sudah ada bapertarum, yang menikmati abdi negara alias pns. kali ini dibuka buat masyarakat keseluruhan. coba dibaca baca lagi pp nomor 25 tahun 2020. pelan pelan saja. toh baru tahun depan mulai berlaku buat pns..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrian23 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di