CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Tips Hemat Baterai Xiomi Terbaik untuk Android
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edd1d99a2d1955ea159a90b/tips-hemat-baterai-xiomi-terbaik-untuk-android

Tips Hemat Baterai Xiomi Terbaik untuk Android


Pabrikan smartphone tak terkecuali xiomi kini makin gencar untuk mengeluarkan smartphone yang lebih tipis dengan masing-masing model dalam jajaran perangkat produk gadget mereka. Namun, seringkali menjadikannya lebih tipis dan lebih ramping punya resiko dengan mengorbankan masa pakai baterai. Mengapa demikian?

Membuat smartphone lebih tipis otomatis mengurangi ruang untuk baterai besar agar muat di dalam perangkat sasis. Untuk memperkirakan masa pakai baterai, Anda harus memperhitungkan sejumlah faktor. Faktor-faktor seperti pola penggunaan pengguna, mode jaringan, jumlah dan jenis aplikasi yang diinstal, kecerahan layar, layanan lokasi dan yang paling penting kondisi dan usia perangkat yang digunakan dan sebenarnya masih banyak lagi.

Nah, bagi anda yang ingin berhemat, berikut ini beberapa tips sederhana untuk menghemat 1% dari masa pakai baterai Anda dibandingkan kondisi normal yang bisa Anda coba.

Tips Hemat Baterai Xiomi Terbaik untuk Android
Tips Hemat Baterai Xiomi Terbaik untuk Android
1. Nonaktifkan atau Matikan Layanan Lokasi

Layanan lokasi memonopoli baterai perangkat Anda. Berdasarkan aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda, beberapa di antaranya secara berkala secara otomatis memeriksa lokasi Anda seperti misalnya Find my phone dan Maps yang menghabiskan daya tahan baterai secara teratur. Jadi jika Anda ingin berhemat, lebih baik menonaktifkan layanan lokasi apa pun dan hanya mengaktifkannya jika diperlukan.

2. Ubah Pengaturan Koneksi Jaringan

Membiarkan WiFi diaktifkan ketika Anda tidak terhubung ke jaringan WiFi sangat menguras daya baterai. Jika ini terjadi, perangkat Anda akan terus memindai jaringan WiFi. Jadi, lebih baik mematikan WiFi. Demikian pula, matikan Bluetooth saat Anda tidak terhubung ke perangkat Bluetooth apa pun. Walau, konsumsi baterai tidak banyak, tetapi lebih baik untuk menonaktifkan WiFi dan Bluetooth ketika Anda tidak menggunakannya. Selanjutnya, alihkan mode jaringan ke 2G ketika Anda tidak mendapatkan cukup sinyal pada mode 3G atau 4G LTE untuk menghemat banyak baterai.

3. Ubah Pengaturan Tampilan

Layar adalah perangkat keras yang paling haus daya yang ada di perangkat Anda. Layar selalu butuh daya baterai secara terus menerus agar Anda dapat berinteraksi dengan perangkat Anda. Interaksi dapat berupa menulis pesat (chat), menonton media, mempersiapkan atau mengedit dokumen, gambar dan sebagainya. Apa pun itu, telepon tanpa layar ibarat mobil tanpa mesin. Anda dapat menghemat baterai Xiomi dengan menurunkan kecerahan layar dan yang paling penting matikan saja kecerahan otomatis kecuali Anda benar-benar membutuhkannya. Menjaga kecerahan otomatis membuat sensor berfungsi setiap saat dan sebagai hasilnya, akan menguras daya baterai.

4. Aktifkan Mode Penghemat Baterai dan Pasang Aplikasi Mode Hemat Daya

Semua perangkat Android memiliki mode hemat daya, sebaiknya tetap diaktifkan agar Anda bisa tetap hemat baterai. Selain itu Anda juga bisa pasang aplikasi penghemat daya tambahan seperti App power monitor. Apa yang dilakukan monitor daya App adalah mendeteksi aplikasi yang menggunakan daya baterai di latar belakang layar. Jika suatu aplikasi tidak digunakan selama beberapa hari, aplikasi monitor daya ini secara otomatis mengaktifkannya. Atau, Anda juga dapat membuatnya pada posisi “sleep mode” secara manual, alias koneksi jaringan terputus. Anda juga, bisa mengaktifkan mode hemat daya untuk mendapatkan informasi berapa jam masa pakai baterai Anda.

5. Lakukan Perawatan Perangkat Tepat Waktu

Kosongkan memori, cache, file yang tidak perlu dan tidak terpakai, file sementara dan aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan untuk memastikan operasi perangkat yang lancar. Tidak melakukan perawatan berkala dari waktu ke waktu dapat memperlambat perangkat Anda yang secara nyata bisa membuat gadget Anda lambat, cepat panas yang akan cepat menghabiskan masa pakai baterai perangkat Anda. Masuk ke mode pemeliharaan perangkat atau pengaturan penyimpanan atau pengaturan aplikasi (tergantung pada perangkat Anda) untuk melakukan pemeliharaan.

6. Pastikan Software Pendukung Perangkat Anda Mutakhir

Selalu periksa pembaruan terbaru yang tersedia dari pabrikan perangkat Anda. Tetap memperbarui perangkat Anda memastikan bahwa Anda memiliki fitur keamanan terbaru, fitur perbaikan bug, dan peningkatan stabilitas. Akibatnya, Anda akan mendapatkan cadangan yang lebih baik dari baterai perangkat Anda. Selalu pastikan perangkat Anda memiliki pembaruan terbaru yang rutin diinstal.

Kesimpulan

Bagi Anda penggemar dan pengamat teknologi, dengan beberapa tips dasar dan sederhana diatas, Anda akan bisa mendapatkan penghematan setidaknya 1% dari baterai perangkat Anda. Dua saran sederhana dan praktis lainnya untuk menjaga baterai perangkat Anda dalam kondisi yang baik yaitu:

1. Jangan pernah benar-benar menguras baterai (baterai nyaris habis baru di charge/isi ulang).

2. Sesekali menonaktifkan pengisian cepat dan sebagai gantinya, mengisi baterai dalam mode pengisian biasa (jika opsi tersedia di perangkat Anda). Hal ini untuk membantu menjaga baterai bertahan lama selama bertahun-tahun. . Pengisian cepat menghasilkan lebih banyak panas daripada pengisian daya biasa yang pada akhirnya memperpendek umur baterai.

Jadi, ada banyak kiat untuk menghemat baterai terbaik untuk perangkat Android Anda agar daya baterai tidak cepat terkuras. Anda tinggal disiplin saja untuk menjalankannya agar hasilnya maksimal.

Baja Juta: Tips Menghemat Daya Baterai Samsung yang Mudah dan Simpel
profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di