CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Penemu E-Comerce Pertama Kali
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edd03b410d29502c75245a2/penemu-e-comerce-pertama-kali

Penemu E-Comerce Pertama Kali

Penemu E-Comerce Pertama Kali
Michael Aldrich
Sumber Gambar : carabikinwebsite.com


Belanja online ditemukan dan dirintis oleh Michael Aldrich di Inggris. Pada 1979 ia menghubungkan televisi domestik yang dimodifikasi melalui saluran telepon ke komputer pemrosesan transaksi multi-pengguna waktu-nyata. Dia memasarkan sistem dari tahun 1980 dan seterusnya dan menjual terutama sistem Bisnis-ke-Bisnis. Sistem dipasang di Inggris, Irlandia dan Spanyol. Ada sejumlah hal penting pertama di dunia dengan aplikasi baru dalam perjalanan liburan, penjualan kendaraan dan suku cadang, pembiayaan pinjaman, dan peringkat kredit. Aplikasi ini dan lainnya bermigrasi ke internet pada 1990-an meskipun beberapa sistemnya masih digunakan pada tahun 2000.

Hanya ada dua proyek Bisnis-ke-Konsumen pada 1980-an, keduanya menggunakan sistem Aldrich, Gateshead SIS dengan Tesco dan, tak lama kemudian, Bradford Centrepoint dengan Wm. Morrison. Kedua proyek menggunakan supermarket daripada gudang untuk pemenuhan pesanan. Kedua proyek tersebut adalah eksperimen layanan sosial tetapi mereka membuktikan konsep penjualan grosir dan pengiriman rumah.

Belanja online Business-to-Business layak secara ekonomi sejak awal tetapi belanja online Business-to-Consumer tidak layak secara finansial sampai meluasnya penggunaan PC dan Internet pada 1990-an.

Tim Berners-Lee menemukan server dan browser World Wide Web pada tahun 1990. Pada tahun 1992 Charles Stack membuka toko buku online pertama di dunia dan pada tahun 1994 Jeff Bezos memulai Amazon. Pada tahun yang sama NETSCAPE memperkenalkan enkripsi SSL yang membuat transfer data online aman. Perbankan online juga dimulai pada tahun 1994 dan Pizza Hut membuka toko pizza online. Pada tahun 1996, eBay dibuka dan Tesco memulai layanan belanja online lengkap.

Baca Juga : Penemu Website Pertama Kali

Pasar belanja rumah online Inggris bernilai lebih dari £ 50 miliar pada 2008 [IMRGCapgemini}. Pasar grosir eceran Inggris bernilai 132 miliar poundsterling pada 2008, di mana 2-3%, 2,6- £ 3,9 miliar belanja online. Tesco mungkin toko bahan makanan online terbesar di dunia pada tahun 2009 serta menjadi penyedia belanja online utama untuk barang-barang non-makanan. Pasar belanja online dunia pada 2008 mungkin mencapai $ 500 miliar.

Sumber : carabikinwebsite.com



profile-picture
profile-picture
sibuk.nyaleg dan nona212 memberi reputasi
dulu kita tidak menyangka bisnis e-commerce akan menjadi bisnis terbesar di masa depan.

tokopedia dan bukalapak menjadi unicorn. pendiri amazon menjadi manusia terkaya di dunia. pendiri alibaba menjadi manusia terkaya di china.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di