CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
“Survivorship Bias” Kesalahan Logika yang Harus Segera Agan Hindari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edc9ae4f4d695571f1664c1/survivorship-bias-kesalahan-logika-yang-harus-segera-agan-hindari

“Survivorship Bias” Kesalahan Logika yang Harus Segera Agan Hindari

“Survivorship Bias” Kesalahan Logika yang Harus Segera Agan Hindari

Pernahkah agan berpikir bahwa bangunan buatan penjajah lebih kuat dibandingkan bangunan-bangunan di negeri sendiri, pernahkan agan berpikir bangunan peninggalan sejarah lebih kuat dari bangunan-bangunan yang dibuat saat ini, atau bahkan pernahkah agan berpikir bahwa musik zaman dulu liriknya lebih panjang dan lebih bermakna ketimbang musik zaman sekarang. Nah semua pemikiran tersebut ternyata suatu kesalahan logika bernama “Survivorship Bias” yang harus kita hindari dari sekarang. Penasaran apa itu Survivorship Bias? Yuk cek thread berikut ini


Apa itu Survivorship Bias?

Survivorship bias adalah bentuk kesalahan logika dalam suatu pengambilan kesimpulan akibat kita terlalu memusatkan pada satu hal yang telah berhasil menjalani proses tanpa mempertimbangkan banyaknya hal lain diluarnya berupa kegagalan-kegagalan dalam prosesnya, sehingga kita terlalu optimistik dan underestimate. Singkatnya kita membuat kesimpulan dari suatu set data yang tidak lengkap karena kita memilih data yang “selamat” saja dari beberapa kriteria pemilihan.


Contoh-contoh Survivorship Bias

“Survivorship Bias” Kesalahan Logika yang Harus Segera Agan Hindari

Ambil contoh kita menganggap bangunan-bangunan zaman dahulu (gedung/rumah bersejarah) berkonstruksi lebih kuat dibanding bangunan zaman sekarang hanya karena bangunan tersebut tampak masih kokoh hingga sekarang. Padahal kita tidak tahu bagaimana nasib bangunan tersebut sebelumnya seperti seberapa buruk konstruksinya pada awal pembangunannya, seberapa buruk bangunan tersebut dalam menghadapi bencana di masa sebelumnya, dan bahkan kita tidak mengetahui dengan pasti bahwa gedung-gedung tersebut sudah direnovasi berkali-kali dibandingkan rumah agan supaya tetap bertahan hingga sekarang. Belum lagi bangunan tersebut hanya salah satu contoh yang “tersisa” dari jutaan rumah zaman dulu.

“Survivorship Bias” Kesalahan Logika yang Harus Segera Agan Hindari

Ada pula contoh lainnya seperti kita kadang-kadang menanggap bahwa musik-musik zaman sekarang tidak sebagus musik-musik pada zaman dahulu. Hal ini ternyata juga dikategorikan sebagai Survivorship Bias, mengapa?. Mungkin banyak seseorang yang tidak begitu menyukai genre-genre musik zaman sekarang dan hal tersebut termasuk lumrah. Namun kembali lagi pada zaman dulu, kita tidak pernah tahu seberapa banyak musik-musik terburuk pada masa lampau karena lagu tersebut tidak disetel lagi oleh radio dan perlahan-lahan terlupakan. Disatu sisi lainnya segelintir musik-musik best of the best zaman dahulu terus menerus diputar di radio membuatnya teringat hingga sekarang. Sehingga kita menyimpulkan bahwa musik zaman dahulu sangat bagus dibanding zaman sekarang karena yang “kita ingat hanya musik-musik terbaik saja”.


Dan yang lebih fatal lagi...

“Survivorship Bias” Kesalahan Logika yang Harus Segera Agan Hindari

Matematikawan ternama yakni Abraham Wald pada Perang Dunia II dipekerjakan dalam suatu proyek rahasia (Statistical Research Group) yang bertujuan untuk membantu Amerika meneliti bagian manakah dari pesawat tempur yang layak dipasang armor.

Pada suatu ketika datang pesawat-pesawat tempur yang selamat dari peperangan kemudian didata dan dilihat bagian-bagiannya yang terkena tembakan. Ternyata hampir seluruh bagian pesawat terkena tembakan kecuali bagian mesin.

Sontak hal tersebut membuat Abraham wald menyimpulkan bahwa armor seharusnya dipasang dibagian mesin karena hanya bagian mesin yang “selamat” dan tidak tertembak. Ia mengklaim bahwa karena mesin pesawat tidak tertembak maka pesawat bisa terus menerus terbang hingga selamat. Ia menambahkan memasang armor pada bagian-bagian yang rawan tertembak hanya memperberat dan memperlambat pesawat.

Ternyata Abraham wald melakukan kesalahan yang sangat-sangat fatal pada masa itu yakni Survivorship Bias. Ia menyimpulkan tanpa mengetahui bahwa data-data yang diambil hanya dari pesawat yang selamat tanpa melihat data-data dari pesawat yang terjatuh.

Sehingga pada masa dipekerjakannya Abraham wald data statistik membuktikan bahwa kejadian pesawat terjatuh justru semakin meningkat. Hal ini diduga kesalahan dalam memperkirakan pemasangan armor. Padahal diluar dari mesin, masih banyak bagian-bagian yg justru sangat fatal bila terlupakan yakni tangki bahan bakar. Belum lagi pesawat-pesawat yang selamat tidak menunjukkan bagian-bagian fatal yg membuatnya terjatuh.


Quote:


Waduh ternyata Survivorship Bias selalu ada disekitar kita dan kadangkala kita lakukan. Hal ini harus agan-agan hindari secepatnya agar ketika agan sedang berada di level permasalahan yang tinggi agan tidak membuat kesalahan fatal. Intinya selalu pertimbangkan hal-hal lain secara menyeluruh sebelum membuat kesimpulan/keputusan.


Sumber : Disini dan Disini
Sumber gambar : Google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
minhakim20 dan 65 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Halaman 1 dari 5
Reserved for Quality Comment
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan kyukyunana memberi reputasi
wah nice info bre baru tau saiya emoticon-Siap Gan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harus punya banyak referensi berarti yak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


pernah gaes ya namanya ugha manusia
emoticon-Leh Uga

tapi seiring waktu berjalan ya jadi banyak belajar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
syap gan, berarti di cek-cek lagi ya sebelum mengambil kesimpulan atau keputusan gitu, apalagi kalau didukung sama data dan fakta yang valid yak emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Di suruh mampir sama ts Ny emoticon-Big Grin
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
survivorship bias:

agamu itu tidak benar yang benar agamaku

kitab agamamu tidak asli, yg asli agamaku

mengambil kesimpulan cuma dari sumber kalangan sendiri
emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
berarti yang selama ini ane debatin sama temen namanya istilahnya ini..
jadi temen ada yang bilang kalau orang-orang jaman dulu sehat sehat padahal makanannya cuman ketela sama jagung, dia juga bilang kalau dulu mana ada penyakit diabetes atau kangker kayak jaman sekarang..

ya jaman dulu orang mana ada yang periksa kesehatan, tau dari mana mereka nggak kena diabetes kalau nggak pernah berobat, kalaupun mati karena kangker atau diabetes paling juga dianggap mati biasa.. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Warbyasah kutipan yg terakhir mantul emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mampir ngopi gann
ane aus beut...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mampir ngopi gann
ane aus beut...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
undagan mampir diterima emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi ini toh namanya, cuma punya satu data tapi berani ambil kesimpulan emoticon-Amazed

kalau ini termasuk survivorship bias ga sih: "rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri" emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Banyak lagi bre.

Anak sekarang lebih badung dari dulu. Jaman sekarang akhlaknya jelek dari jaman dulu. Kagak tau aja dari jaman dulu bocah dah pada nyimeng dan kentu. Karena basis data mereka ya diri mereka sendiri yang ngendon di rumah dan kagak liat dunia luar.

Masalah pelem juga. Katanya pelem atau sinetron luar lebih baik dan ga mendidik. Padahal doi kagak liat pelem sampah juga di luar negri. Liatnya cuma dokumenter atau pendidikan. Kagak mau liat dokumenter dalam negri yang baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kerjaannya tukang ngibul data/statistik nih emoticon-Wakaka

ada yg kenal model ginian?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madmol dan 3 lainnya memberi reputasi
Nambah sedikit kepintaran ane berkat agan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
“Survivorship Bias” Kesalahan Logika yang Harus Segera Agan Hindari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh NecroTorture
Lihat 3 balasan
keadaan kaya gini udah sering sih.. ternyata ini ya namanya, survivorship bias
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memang bener ini gan..kita perlu banyak referensi dan data, banyak pengetahuan dan.
Tp survivorship bias ini sulit dihindari, sudah lazim kita melihat sesuatu dari yg masih ada/mudah ditemukan/kita pernah tau
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di