CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edc5e747e3a7270461efec6/100-alasan-mendaki-gunung-no10-kayak-matematika-yang-mengajarkan-teliti-kok-bisa

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?


Mendaki gunung, naik ke puncak gunung

Assalamualaikum wr.wb
Apakah kaskuser di sini ada yang hobi naik gunung? Gunung mana saja yang pernah gansis daki? Merapi, Ciremai, Semeru, atau malah ke puncak Jaya Wijaya? Keren.

Mendaki gunung, sebenarnya apa sih, manfaatnya? Banyak orang pasti sering mempertanyakan hal itu. Sepintas naik gunung itu, seakan-akan hanya buang-buang duit, bikin badan pegel, otot-otot pada sakit semua, tenaga pun terkuras. Begitulah kebanyakan pendapat orang yang terlontar.

Sebenarnya, naik gunung itu banyak sisi positif yang bisa diambil. Apa sajakah, hal-hal yang menjadi pengajaran perihal mendaki gunung? Sebelum ane lanjutin, tolong rate, comment berserta cendolnya!

Inilah 100 alasan dalam hal mendaki gunung, yang bisa diambil pembelajaran dalam hidup. Apa saja, ya, yuk diintip!

10. Mengajarkan untuk selalu cermat dan teliti
.

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Sebelum mendaki tentunya harus dipersiapkan dengan matang. Bekal apa saja yang harus dibawa dan seberapa banyak yang dibutuhkan. Hitungan perbekalan harus pas, jangan sampai kelebihan hanya memenuhi dan memberatkan bawaan atau malah kurang bekal yang bisa berakibat fatal.

20. Bisa belajar hidup mandiri

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Di gunung itu, perbekalan dibawa sendiri dalam tas masing-masing. Peralatan dirapikan sendiri seperti melipat sleeping bag yang habis dipakai. Jalan juga sendiri masak minta gendong, memberatkan teman kalau gitu. Ekekek.

30. Mengingat roda kehidupan


100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Di dalam mendaki gunung, jalan dan jalur tidak selalu mulus dan lurus, kadang ada tanjakan dan turunan. Ada jalur yang licin berbatu, seperti roda kehidupan yang berputar kadang di atas, kadang di bawah seperti ibarat kadang tersenyum bahagia atau menangis sedih.

40. Mengajarkan kesabaran

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Apapun track-nya harus dihadapi dan dilalui. Harus selalu menanamkan rasa sabar, sepatah-sepatah kaki-kaki harus melangkah meskipun aral bebatuan menghalang, rerimbun dedaunan yang terkadang mampu menggugurkan tujuan(puncak).

50. Mengajarkan agar tetap fokus

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Yang menjadi tujuan seorang pendaki adalah ke puncak gunung. Bulatkan tekad, semangat, selalu fokus untuk menggapai tujuan. setuju. Sebagai pendaki tujuannya adalah mencapai puncak gunung.

60. Menjadikan pribadi yang ramah
.

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Di dalam jalan pendakian, tentunya akan bertemu dengan pendaki. Karena jalur yang sempit, jalan setapak mau tak mau harus menegur sapa dengan pendaki lain.

70. Mengajarkan arti sebuah perjuangan.

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Hidup adalah perjuangan. Pun begitu, untuk mencapai puncak gunung harus melalui perjuangan panjang. Melalui tanjakan bukit-bukit yang membuat napas tersengal jugalah melewati lembah-lembah yang jadi bonus meredakan rasa lelah.

80. Lebih menghargai proses


100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Setelah sampai di puncak gunung, mampu membukakan mata hati, bahwa itu mencapai puncak dibutuhkan proses yang sangat panjang. Sesuatu tidak akan tercapai bila tanpa melalui proses, dengan kata lain tidak ada yang instan. Ingat, bikin mi instan juga perlu proses membuka pembungkus, merebus, dll.

90. Mampu mendekatkan dengan Tuhan.

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Selama perjalanan mendaki gunung, pastinya kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Betapa karya Tuhan yang sempurna juga membuat takjub akan kebesaran sang pencipta.

100. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa.

100 Alasan Mendaki Gunung, No.10 Kayak Matematika yang Mengajarkan Teliti, Kok Bisa?

Banyak pendaki yang membawa bendera merah putih saat mendaki dan mengibarkan saat sampai di puncak gunung. Dan, itu wujud cinta tanah air, apalagi pas momen 17 Agustus, banyak pendaki yang melaksanakan upacara bendera di puncak gunung.

Oh, ternyata banyak sekali nilai-nilai positif yang bisa diambil dari naik gunung. Semoga tulisan ini mampu menginspirasi agan sista untuk mencoba naik gunung bagi yang belum pernah. Selamat mendaki gunung sensasinya, dan dijamin membuat gansist ketagihan.
Wassalam.

*sumber tulisan opini pribadi dan referensi+ilustrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 6 lainnya memberi reputasi
naik naik ke puncak gunung, tut tut.
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
ke puncak asmara
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Richy211 memberi reputasi
Mendaki Gunung itu mandi kagak siy gan....?

Secara kan itu lama banget diperjalanan, sampai ada yang satu minggu gitu.....

terus BABnya gimana...?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan dalledalminto memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mendaki gunung lewati lembahhh wkkwkwk.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan dalledalminto memberi reputasi
Lihat 5 balasan
jadi inget dulu ke gn prau dieng

waktu cepat sekali berlalu
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


klo gak salah 4 atau 5 tahun yang lalu
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan dalledalminto memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Hadirah. Pecinta Alam
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan sagutumbuk memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


sudah pensiun mendaki qaqa
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


beugh himalaya perlu budget lebih gaess
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


puncak carstensz gaes emoticon-Goyang
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
perjalanannya membangkitkan memori...
kalo udah nyampe puncak, yowes

jepret dah itu turun lagi....

Priceless

STOP, DILARANG KOMEN KARENA TAK LOLOS REVIEW KASKUS KREATOR! MAKASIH
Ane kira beneran ada 100, haha ane jadi kepengen nanjak, belom kesampean terus ini
jadi pengen otwemoticon-Ngacir
Quote:


menegangkan gaes
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
selama perjalanan juga, para pendaki belajar untuk menghormati keberadaan makhluk-makhluk penunggu gunung


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di