CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengamat Nilai Prabowo tak Lagi Menjual untuk Pilpres 2024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb9bf582d4956e6f17c3fc/pengamat-nilai-prabowo-tak-lagi-menjual-untuk-pilpres-2024

Pengamat Nilai Prabowo tak Lagi Menjual untuk Pilpres 2024


Publik lebih senang tokoh baru yang dianggap punya narasi baru membangun Indonesia.

Pengamat Nilai Prabowo tak Lagi Menjual untuk Pilpres 2024
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago menilai nama Prabowo Subianto tak lagi menjual di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Meskipun, sebanyak 34 DPD Partai Gerindra mendukungnya untuk kembali menjadi ketua umum partai.

Kekalahan Prabowo di tiga kontestasi sebelumnya menjadi salah satu alasan mengapa elektabilitasnya tak lagi tinggi jelang 2024. Apalagi ia kini bergabung dengan kabinet Joko Widodo, yang adalah lawannya pada dua edisi pilpres sebelumnya.

"Tokoh usang yang sudah tiga kali kalah dalam pilpres, sudah tidak relevan dijual ke publik. Sulit laku karena diaggap tokoh dan kaset usang," ujar Pangi saat dibubungi, Jumat (5/6).

Prabowo juga dinilainya hanya mengkampanyekan gagasan yang sama pada pilpres sebelumnya. Pada saat masyarakat membutuhkan terobosan baru untuk membuat Indonesia lebih baik.

"Publik lebih senang tokoh baru yang masih segar segar, dianggap punya narasi baru membangun Indonesia ketimbang Prabowo," ujar Direktur Eksekutif VoxPol Center Research and Consulting itu.

Pandemi virus Covid-19 juga berpengaruh terhadap elektabilitas Prabowo. Sebab saat ini, banyak kepala daerah yang mendapat sorotan dalam penanganannya, seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranomo, daripada Prabowo yang kinerjanya saat ini tak begitu terlihat. Publik tentu akan lebih menaruh dukungan pada tokoh-tokoh yang terlibat langsung dengan masyarakat dan penanganam pandemi.

"Lain cerita kalau kemarin beliau puasa, tetap setiap bersama rakyat menjadi simbol tokoh oposisi, simbol perlawanan. Mungkin masih relevan dan moncer bertarung ulang," ujar Pangi.

Meski begitu, Prabowo masih membawa efek positif bagi elektabilitas Partai Gerindra. Apalagi para kader membutuhkan sosok yang dapat menyatukan soliditas dan persatuan partai.

Ditambah, saat ini belum ada orang yang dapat menandingi peran dari Prabowo. Sehingga bukan hal yang aneh, jika Menteri Pertahanan itu kembali terpilih sebagai ketua umum.

"Untuk merekat persatuan partai butuh tokoh yang kuat. Prabowo saya pikir masih dibutuhkan oleh Gerindra," ujar Pangi.

Dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas), sebanyak 34 DPD Partai Gerindra mengungkapkan keinginannya agar Prabowo Subianto kembali menjadi ketua umum partai. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad juga mengeklaim bahwa Menteri Pertahanan itu siap mengemban posisi tersebut.

Baca Juga Prabowo Diklaim Siap Kembali Jadi Ketua Umum Gerindra Gerindra Jamin Regenerasi Berjalan Meski Prabowo Tetap Ketum Gelar Rapimnas, Prabowo Diminta Kembali Jadi Ketum Gerindra

"Pak Prabowo menerima sebagai sesuatu yang dianggap perintah partai," ujar Dasco kepada wartawan, Jumat (5/6).

Prabowo dinilai sebagai sosok yang masih diperlukan untuk memimpin partai berlambang garuda itu. Apalagi jasanya terhadap Partai Gerindra terbukti dalam pemilihan umum (Pemilu) sebelumnya.

"Gerindra masih butuh perekat, masih butuh figur yang dapat jadi pengayom dan masih butuh figur pejuang yang memimpin perjuangan Gerindra ke depan," ujar Dasco.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat, Andre Rosiade. Ia menyebut bahwa Prabowo menerima mandat yang diberikan oleh 34 DPD.

"Sebagai pejuang politik dan patriot, beliau siap menerima kepercayaan kembali dan InsyaAllah akan tetap berjuang bersama untuk memperjuangkan cita-cita Partai Gerindra," ujar Andre.

Adapun, pemilihan ketua umum akan dilaksanakan dalam kongres, yang rencananya digelar tahun ini. Meski masih dalam situasi pendemi Covid-19, forum tersebut akan tetap digelar secara virtual.

"Tidak masalah kalau kongres juga dilaksanakan virtual, DPP sedang mengkaji apakah bisa dilakukan virtual," ujar Andre.

Sumur
https://www.google.com/amp/s/m.repub.../amp/qbgbxw409

Mana aja deh yg penting yg ada prestasinya deh keliatan..
Harus menonjol, jgn kecil2 kayak jpo/ resmikan ikan cupang

Contoh
Ahok: 40% normalisasi ciliwung, LRT
Jokowi: infrastruktur, MRT, bubarkan HTI
Ganjar: Investasi dan pabrik ramai2 ke Jateng, cukup sukses atasi pandemi.
dll.
Ahok

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Malah menurut ane peluang Prabowo makin besar untuk jadi capres
Ane sih pengen lagi si Prabowo maju lagi
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo lawannya anis , auto menang anis dah emoticon-Recommended Sellerl
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Nggak menjual lagi buat kaum kadrun karena udah gabung pemerintah. tapi bukan berarti peluang dia jadi capres tertutup. bisa aja nanti diusung sebagai wakil dari petahana

kalau oposisi sepertinya hampir pasti bakal usung Anies kecuali nanti muncul sosok idola baru kadrun. dan sepertinya bakal main isu SARA lagi. apalagi kalau ternyata Prabowo jadi lawan. bakai pake isu wowo keturunan cina emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gentayaumal dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jgn gitu dong
biar hattrick gagal nyapres 🤣🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Media inggris saja mengakui bang anies
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gak ada lagi kedengaran suara wowokemoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
masih bisa joget joget kan?? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah deh, santai aja nunggu 2024. dalam sejarahnya, presiden Indonesia itu muncul di saat terakhir.

Bung karno harus diyakinin dulu buat proklamasi kemerdekaan, sampe diculik segala. Sebelum itu? nggak ada penduduk Indonesia yang mikir Soekarno bakal jadi presiden.

Sebelum 1966, Soeharto itu nggak masuk itungan bakal gantiin bung karno. bisa dibilang dia jenderal yang nggak dianggep. Kalah moncer sama Ahmad Yani, Oemar Dani.

sebelum mei 1998 ada yang mikir habibie bakal jadi presiden?

sebelum sidang istimewa mpr 1999, apa ada yang ngira Gus Dur bakal jadi presiden?

Apa ada yang mikir megawati bakal jadi presiden sebelum 2004?

sampai pemilu 2004 apa ada yang mikir SBY bakal jadi presiden 2 periode?

Sampai 2012, jokowi itu cuma walikota yang bahkan diremehkan buat jadi gubernur jakarta.

2024? ya sabar aja, paling cepet 2022 nama potensial bakal muncul. Anis? pilkada dki 2022 aja dulu, kalo bisa menang ya udah sukur...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gentayaumal dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Quote:


Ya kalau lawannya ANIES..??? jelas menang PRABOWO lah.. emoticon-Embarrassment


Entahlah kalau lawan GANJAR atau RIDWAN KAMIL... emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan fitriasarina memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Terserah mau siapapun.

Intinya gini..

Begitu PKS sudah menentukan capres yang diusung atau didukungnya,
maka ane siap untuk memilih lawannya.

Simple. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gentayaumal dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Keras amat kaset usang emoticon-Ngakak tapi emang kayanya mending yg lain deh yg maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Jelas menang Anies lah kalo head to head lawan prabowo, Anies didukung 100 % Kadrun, tapi Cebong Pro Jokowi belum percaya 100 % sama prabowo walaupun udah pindah kubu.

Gue sich berharap RK, Erick Tohir Atau Ganjar sbg alternatif pilihan

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 4 lainnya memberi reputasi
selama dia bisa beli partai berbasis agama dan bawa isu agama, masih bisa sama populernya.. bahkan sekarang dia punya modal tambahan pengalaman di pemerintahan
Dlm politik tidak ada namanya tokoh usang.
Yg diperlukan itu momentum yg bisa meledak di publik. Hanya butuh satu momentum sj, bisa membuat seseorang jd terkenal dan populer.

Tiap calon pasti sdh meramu momentumnya. Momemtum yg bagus tuh, sekali gebrak lsg melesat naik. Iti lebih bagus drpd yg membangun citra perlahan2. Seperti anies, skrg poppuler, tp dia gak punya momentum yg bisa mengebrak. Yg dia lalukan hanya pencitraan level medium.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Puan kartu mati..

Prabowo cuma bisa daya jual klo lawannya Jokowi doank, itu jg spesialis runner up emoticon-Ngakak (S)

Pilihan dari PDIP ya Ganjar, klo Risma terlalu riskan, ngambekan sih..

Ridwan Kamil siapa yg mau ngusung?

Anies mah kyknya si bewok yg ngusung klo sukses nyari dukungan dari partai gurem lainnya..

Mahfud MD klo PKB ga ngotot majuin ketuanya, klo koalisi sama Ganjar, wah mantab nih emoticon-Big Grin

Jadi bakal seru klo yg tarung nanti
Ganjar/Mahfud MD vs Ridwan Kamil/Anies emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan lupis.manis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg didukung pks auto nyungsepemoticon-Ngakak
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
mejeng pejuhwanemoticon-army


Nyimak dlo ah
Pak Prabowo mending nih
Ibarat di suatu keluarga besar
Jadi perekat kekeluargaan
Tetua, yg dituakan, dihormati, didengar nasehatnya, dsb
The best
Nikmati hari tua 🙏
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan scorpiolama memberi reputasi
prabowo masih 'menjual' di 2024 kalau masih sehat. bisa menang kalau lawannya nggak ada yang lebih 'menjual'. sayangnya dia jadi menhan, jadi kurang banyak bersentuhan dengan isu2 umum. lawan yang cocok untuk prabowo sih andika perkasa.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
prabowo jg sdh sadar kok :

1.duit sdh habis..gimana mau nyalonin diri lagi?bahkan utk pilpres terakhir ngandalin duit si kurus anak mami

2.sdh kehilangan byk pendukung dr kaum kadrun krn merapat ke jokowi..tp setidaknya kan dpt duit byk jualan tanah utk lahan ibu kota baru
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di