CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Saltwater Fish /
Inilah Ikan Pari Terbesar di Dunia, Beratnya menyamai Gajah Afrika
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb9a987e3a720f2d04088e/inilah-ikan-pari-terbesar-di-dunia-beratnya-menyamai-gajah-afrika

Inilah Ikan Pari Terbesar di Dunia, Beratnya menyamai Gajah Afrika

Beragam macam spesies biota laut memang begitu banyak gan sist, dan semuanya begitu indah dan unik, bahkan ada juga yang rasanya begitu lezat untuk dijadikan menu dinner bersama pasangan, Ehh!!. Tapi, agan sist udah tau ga nih? Sampai saat ini, manusai belum bisa mengeksplorasi 10% saja dari lautan yang ada di muka Bumi ini, itu artinya 90% lebih bagian lautan kita masih menjadi misteri dan teka-teki yang entah kapan akan bisa terpecahkan. Namun, terlepas dari semua itu, sekarang saja kita sudah bisa menikmati keindahan dari jutaan macam para penghuni lautan. Beberapa diantara mereka ada yang berukuran sangat kecil, dan juga ada yang berukuran sangat besar hingga berkali-kali lipat dari ukuran manusia.

Umumnya, spesies dan jenis tertentu dari hewan memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda, seperti perbedaan antara besar Gajah Hutan dan Gajah Semak, atau perbedaan antara Gajah Afrika yang tinginya sekitar 3 meter samapi 4 meter, dengan Gajah Asia yang berukuran 2 meter sampai 3,5 meter. Nah, jika bicara tentang hewan laut yang sampai saat ini sudah berhasil dieksplor, tentunya agan sist semua pasti sudah tau atau sudah mendengar tentang ikan pari kan? Ikan ini populer dengan julukan burungnya lautan, ini dikarenakan mereka memiliki sepasang sirip yang lunak menyerupai sayap di kedua sisi tubuhnya yang ketika berenang akan dikepakkan layaknya seekor burung. Umumnya ikan pari memiliki lebar sekitar 1,4 meter dengan panjang 2,5 meter jika dihitung sampai ujung ekornya. Ikan pari sendiri sampai saat ini teridentifikasi ada sekitar 220 spesies yang terdiri dalam 10 famili dan 29 genera. Namun sebagian dari mereka terancam punah karena tidak terkendalinya perburuan yang dilakukan oleh manusia.


Inilah Ikan Pari Terbesar di Dunia, Beratnya menyamai Gajah Afrika

Sumber gambar


Diantara beberapa spesies ikan pari tersebut, ada satu jenis yang cukup berbeda karena memiliki ukuran tubuh yang berkali-kali lipat lebih panjang dan lebih besar dari ukuran biasa, bahkan jauh lebih panjang dari ukuran manusia, namanya adalah Ikan Pari Manta. 
 



Inilah Ikan Pari Terbesar di Dunia, Beratnya menyamai Gajah Afrika


Lebar tubuh dari ikan pari jenis ini dari ujung sirip yang satu ke ujung sirip yang lalinnya dapat mencapai 6-8 meter, tapi pernah juga dikabarkan ada yang mencapai 9,1 meter, dan beratnya dapat mencapai 3 ton. Sebagai perhitungan, berat ini kurang lebih sama dengan berat Gajah Hutan Afrika yang rata-rata memiliki bobot 2,7 ton. Namun, dengan ukurannya yang besar, ikan pari jenis ini tidak berbahaya loh gan sist, dikabarkan juga ekornya tidak beracun seperti kebanyakan jenis ikan pari lainnya, jadi buat yang mau main-main sama ikan ini bisa banget dong. Ciri khas lain dari ikan ini adalah adanya sepasang "tanduk" di dekat mulutnya yang sebenarnya sebuah sirip kecil. Karena ciri khasnya itu, Manta sering kali dijuluki "sea devils", "devil fish", atau di Indonesia sendiri dikenal dengan "pari kerbau"


Inilah Ikan Pari Terbesar di Dunia, Beratnya menyamai Gajah Afrika


Manta memiliki warna yang bervariasi, mulai dari hitam, biru keabu-abuan, cokelat, hingga nyaris putih. Pola warna tubuh Manta juga bervariasi yang dipengaruhi oleh tempat tinggalnya dan memudahkan para ilmuan untuk membedakan dari mana mereka berasal. Di Indonesia sendiri, jika ingin menjumpai ikan ini, bisa ditemukan di perairan Nusa Penida Bali, Taman Nasional Komodo, hingga Perairan Raja Ampat di Papua.

Nah agan sist ada yang tertarik ga nih main-main sama Mantan? Ehh.. Manta maksudnya emoticon-Hai





Referensi : pertama kedua 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 5 lainnya memberi reputasi
Jaman” tawuran dulu ada yang bawa buntut pari emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adica2006 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Jadi inget kaset azab emoticon-Frown
Lihat 3 balasan
yg besar nggak beracun seperti yg kecil ya? pantes banyak penyelam mendekat emoticon-Wow
wawwww indah bgt pls semoga aku bs liat lngsungggg
dulu di seaworld dulu sekarang sudah di awetkan
ada pari kecil ada juga yang besar, ada cumi cumi kecil ada juga yang gedhe juga kan? kraken? emoticon-Takut
indah sekali,aku suka aku suka😍😍😍😍😍😍
ane paling ngeri kali liat anak durhaka yang berubah jadi pari emoticon-Ngacir
Diubah oleh thesabilfamily2
Lihat 4 balasan
Manta ,keren ini tapi aggressive
nonton pertama kayaknya pas di sea world pas masih bocah. ngerasa waaah, keren banget
jadi kepikiran ikan pari asap enak tuh dibikin pecel, digoreng trus disambelin cabe pake bawang aja udh mantul. tp klo ikan parinya segede itu ya.. kek monster gt yak, ngeliatnya aja pasti jg udh serem duluan wkwk
wow halo mantaaa kamu besar sekali. jangan punah dulu yakkkk
Sungguh mengerikan.. emoticon-Takut


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di