CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gaji Anda Dipotong Demi Rumah Orang Lain, Rela?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb920388b3cb0a7b0809a0/gaji-anda-dipotong-demi-rumah-orang-lain-rela

Gaji Anda Dipotong Demi Rumah Orang Lain, Rela?

Gaji Anda Dipotong Demi Rumah Orang Lain, Rela?

Gaji pegawai baik negeri maupun swasta bakal dipotong untuk iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sebesar 3% setiap bulan. Program pemerintah ini dirancang untuk mempermudah pembiayaan rumah bagi warga yang belum punya hunian yang akan berlaku 2021.

"Siapa dari peserta yang akan menjadi penerima manfaat, tidak seluruh peserta dapat manfaat berupa pembiayaan," ujar Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera Eko Arianto dalam jumpa pers virtual, Jumat (5/6/20).

Dia menjelaskan bahwa basis dari penerima manfaat pembiayaan perumahan ini adalah para peserta yang memenuhi kriteria. Dia bilang, kriteria tersebut bakal diterjemahkan melalui peraturan BP Tapera.

"Prinsip kriteria tersebut pertama mewujudkan rumah pertama, fokus kita adalah penyediaan bagi mereka yang belum memiliki rumah pertama," imbuhnya.

Kriteria kedua, dari peserta yang belum memiliki rumah pertama tadi bakal dikerucutkan lagi sebagai tambahan syarat yakni peserta yang masuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Saat ini, secara resmi aturan terkait kriteria itu memang belum diterbitkan.

"Kami tetap berkoordinasi dengan kementerian terkait terutama Kementerian PUPR dalam menetapkan batas-batas golongan MBR," bebernya.

Selain dua kriteria itu, penerima manfaat pembiayaan juga wajib memiliki masa kepesertaan selama minimal 12 bulan. Artinya, para peserta sudah rutin membayar iuran selama 12 bulan berturut-turut.

"Di tahapan awal ini kita fokus ke ASN yang masuk kelompok MBR dan belum memiliki rumah pertama. Karena itu nanti tabungan Taperum PNS dilihat sebagai saldo awal tabungan mereka. Apakah mencukupi masa kepesertaan 12 bulan atau tidak," bebernya.

Lantas, bagaimana nasib peserta yang tak memenuhi kriteria itu?

"Yang tidak memperoleh manfaat pembiayaan perumahan, di akhir kepersertaannya akan mendapatkan manfaat tabungan dan pemupukannya," katanya.

"Seluruh peserta itu akan menerima manfaat tetapi manfaat kita kelompokkan. Ada manfaat dalam bentuk pembiayaan perumahan, dan manfaat dalam bentuk tabungan beserta hasil pemupukannya di akhir masa kepesertaannya. Jadi seluruh peserta dapat manfaat, mungkin ini sedikit beda dengan program jaminan sosial lainnya," katanya.

Iuran Tapera ditanggung bersama oleh pemberi kerja yang dalam hal ini perusahaan sebesar 0,5% dan pekerja 2,5%. Sementara pekerja mandiri harus membayar sendiri kewajibannya.

Sementara itu, kepesertaan Tapera berakhir pada saat pensiun yaitu mencapai usia 58 tahun bagi pekerja mandiri, peserta meninggal dunia, atau peserta tidak memenuhi lagi kriteria sebagai peserta selama 5 tahun berturut-turut,

Bagi yang sudah berakhir masa kepesertannya, bisa memperoleh pengembalian simpanan beserta hasil pemupukannya yang bisa berupa deposito perbankan, surat utang pemerintah pusat, surat utang pemerintah daerah, surat berharga di bidang perumahan, atau bentuk investasi lain.

Adapun pengoperasian Tapera akan dilakukan secara bertahap pada 2021 mendatang. Pada tahap pertama kewajiban iuran Tapera diberlakukan bagi PNS, TNi dan Polri. Sementara pada tahap kedua, iuran berlaku bagi pegawai BUMN dan peserta mandiri atau swasta.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...rang-lain-rela

INDONESIA BE LIKE (suka2)

Otak buntu kemana hasilkan duit

Negara dgn sistem Pajak dan palak ga jauh beda tetap incarannya uang

Kadang pejabat dan penjahat ga jauh beda

Koruptor yg menggerogoti masih bisa senyum di penjara

Krn abis bebas tau simpanan bini dan hartanya masih aman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lolopas dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 7
Ga ada habisnya pertanyaan kayak gini.

Ibarat pertanyaan,
"Harta ente digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan, ente rela?"

Dan setan pun berbisik, "Itu harta punya ente loh, hasil kerja keras ente, masa mau orang lain yang menikmati?"

Monggo direnungkan sendiri. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lolopas dan 43 lainnya memberi reputasi
Lihat 29 balasan
Orang lain juga ga dapet rumahnya. Ngawur anda

Pengusaha dipotong 0.5%, karyawan dipotong 2.5%.

Ini program ga ada bedanya dengan BPJS TK JHT.

Ujung ujungnya dapet uang di saat pensiun, bukan dapet rumah

Gabungin aja sana

Biar pengusaha ga ribet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh juraganind0
Lihat 1 balasan
Kenapa negara bingung sih ya ? Kan ada 11.000 T yg siap ditarik emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Program khontol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 14 lainnya memberi reputasi
rumah gaib emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembaladomba666 dan 10 lainnya memberi reputasi
Masa beli kolor Hermes aja dikenai pajak PPN + PPNBM ...

Menurut Pasal 8 Undang-Undang No. 42 Tahun 2009, tarif pajak penjualan atas barang mewah ditetapkan paling rendah 10% (sepuluh persen) dan paling tinggi sebesar 200% (dua ratus persen)

sekarang terima gajipun harus difotong fajak macam2 ...



Afaaa ini ... emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ahmad.c
Lihat 2 balasan
Quote:


berak pis
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
dinikmati saja....
Bangke, yg diprioritasin dapet rumah diawal2 malah asn dulu

Najis dah nih, blunder besar dan dipaksakan banget.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lolopas dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sistem yg bagus, tp tidak boleh pukul rata alias pemaksaan. Harus berdasarkan persetujuan asn nya masing2. Apa mau ikut atau tdk.

Sebagai contoh. Ada asn yg sdh punya rumah, nah, buat apa dia dipotong gajinya??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Ya msh mending kalau nanti pensiun bisa dicairkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
schayla dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Intinya buat ngumpulin dana "segar" yg nantinya bakal diponziemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kalau kusus asn PNS TNI Polri ya tak masalah..tapi pegawai swasta tak usah di.ikutkan,swasta sdh punya progam sendiri..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
judogal dan 3 lainnya memberi reputasi
Gila aja, tdnya gw kira semua peserta dapet, itupun gw gak setuju
Lah ini mah kayak subsidi yg miskin, udh gila
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan decodeca memberi reputasi
nyuruh org bayarin rmh orang lain
yg golongan menengah yg kasian g bisa gunainnya tp dipaksa bayar
emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ga guna ini tapera. Udh punya rumah jg. Ngapain ikut lagi? Pakai acara gotong royong, klo gotong royong tuh praktik dr pemerintahan dlo. Sumbangin gaji ke korban covid/petugas kesehatan yg lagi berjuang. Klo keluarga kelaparan, emg ada kata gotong royong? Wkwkwkwkw bullshit lah wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
program tolol...

emoticon-fuck2
emoticon-fuck3
emoticon-Tai
emoticon-anjing

menteri kowi gini doang mampu mikirnya... emoticon-Big Grin

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
udh ngumpulin duid buat bayar utang.
negara jago narikin duid kyk bpjs jamsostek dll tp g jelas kelolanya hasilnya g kerasa.
profile-picture
profile-picture
decodeca dan yfel memberi reputasi
BuzzeRp silakan cebokin junjungan antum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Sudahlah negara lg butuh duit kalian buat bayar2 utang.. Ga usah dipikirin, terima aja.. Telen aja.. Krn ada menteri keuangan sekelas international.. Kalo ente ga setuju berarti ente kadrun.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di