CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb55f7f4d6955e120f3620/ide-bisnis-startup-yang-akan-membuatmu-sukses

Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses

Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses
Bisnis startup merupakan bisnis baru yang sedang dalam tahap pengembangan. Namun dibandingkan dengan bisnis baru, bisnis startup lebih terkenal dengan bisnis yang berhubungan dengan teknologi. Sebelumnya aku pernah membahas Tips Membangun Bisnis Startup, sekarang aku mau bahas tentang ide bisnis startup apa saja yang bisa kamu kembangkan.
Seperti yang kita ketahui, cara memulai bisnis yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan membuat ide bisnis itu sendiri. Apa sih sebenarnya ide bisnis itu? Ide bisnis merupakan gagasan yang muncul untuk membangun sebuah bisnis. Sebelum kamu membuka suatu bisnis, kamu harus memiliki ide terlebih dahulu. Dari ide tersebut, kamu akan memetakan apa saja yang harus dilakukan selanjutnya. Lalu bagaimana cara mendapatkan ide bisnis? Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ide bisnis:
Cara Mendapatkan Ide Bisnis
1. Temukan permasalahan yang dihadapi masyarakat
Bisnis bisa dibangun dengan berbagai alasan, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah sosial yang ada di masyarakat. Biasanya bisnis ini disebut dengan sosiopreuner atau bisnis sosial. Buat kamu yang ingin membangun sosiopreuner, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan lebih peka terhadap kehidupan masyarkat di sekitarmu. Kamu bisa memperhatikan atau bertanya langsung kepada masyarakat untuk mendapatkan ide tersebut.
2. Lakukanlah riset produk dan bisnis
Kamu juga bisa mendapatkan ide bisnis dengan cara melakukan riset produk dan juga bisnis. Riset produk ini bisa kamu lakukan di pasar atau tempat pusat bisnis. Kamu bisa melihat produk apa saja yang laku dipasaran dan juga bagaimana potensi produk tersebut ke depannya. Kamu yang awalnya tidak memiliki ide, bisa langsung memiliki ide dengan cara berikut.
3. Belajarlah dari kesuksesan orang lain
Cerita kesuksesan orang lain juga dapat menciptakan ide-ide bisnis yang baru. Dengan cerita kesuksesan tersebut, seseorang bisa terinspirasi dan mendapatkan ide-ide seperti cerita kesuksesan ataupun ide lainnya. Untuk bisa belajar dari kesuksesan ini kamu bisa mengikuti acara-acara yang mengundang pengusah sukses atau bisa melalui tulisan artikel ataupun video di YouTube.
4. Dapatkan inspirasi dari masalah personal
Selain bisa belajar dari kesuksesan orang lain, kamu juga bisa mendapatkan ide dari masalah personal. Misalnya, kamu sering merasa lapar saat kuliah jam pertama dan di saat itu belum ada kantin yang buka. Dengan adanya masalah tersebut, kamu akan mendapatkan inspirasi untuk bisnis makanan yang dijual di jam-jam tersebut agar bisa membantu mahasiswa yang kelaparan.
5. Belajar dari masalah orang lain
Jika tadi mendapatkan inspirasi dari masalah personal, kamu juga bisa mendapatkan ide dari masalah orang lain. Sama konsepnya seperti masalah personal, namun ini kamu dapatkan dari cerita orang lain.
6. Amati tren yang sedang berkembang
Mengamati tren yang sedang berkembang juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ide bisnis. Kamu melakukan survei dengan bertanya kepada target pasar tentang apa yang saat ini sedang tren atau kamu bisa riset langsung di pusat perbelanjaan ataupun melalui marketplace.
8 Ide Bisnis Startup Paling Menjanjikan
Setelah mengetahui darimana kamu bisa mendapatkan ide untuk mengembangkan bisnis startup, sekarang ide bisnis startup seperti apa sih yang bisa kamu kembangkan? Yuk simak di bawah ini:
1. Hiburan
Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses
Startup hiburan menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh semua orang. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini mengakses huburan menjadi lebih mudah dan modern. Kamu pasti menjadi salah satu pengakses startup-startup hiburan seperti Netflix, VIU, Iflix, HBO, dan YouTube.
Dengan banyaknya orang yang mengakses startup hiburan, tentu jika kamu membangun startup di bidang ini memiliki kesempatan berkembang yang lebih besar. Kamu bisa belajar dari startup-startup yang sudah berdiri sebelumnya. Siapa tahu startup milikmu akan menjadi salah satu startup besar seperti Netflix.
2. Akses Layanan Online
Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses
Akses layanan online menjadi salah satu startup yang sangat menjanjikan di era revolusi industri 4.0 ini. Kamu bisa membangun startup pesan-antar makanan, startup transportasi, startup antar-kirim barang, startup token listrik, startup pemesanan tiket, dan lainnya. Dengan startup ini kamu bisa memberikan layanan mulai dari membeli barang, mengantar barang, sampai pembayaran bisa dilakukan dengan startup milikmu.
3. Dunia Perempuan
Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses
Perempuan memiliki kebiasaan unik saat mengakses internet. Jika biasanya laki-laki hanya mengakses game dan media sosial, perempan lebih beragam dalam mengakses startup. Mulai dari tips kecantikan, gosip selebritis, resep makanan sampai perawatan kucing menjadi sesuatu yang menarik bagi perempuan. Kamu bisa lho menjadikan ini peluang bisnis. Kamu bisa mendirikan startup yang mengulas dunia perempuan, termasuk yang bisa kamu coba adalah startup perkembangan kehamilan sampai perhitungan siklus menstruasi.
4. Dunia Anak
Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses
Jika dulu anak selalu identik dengan permainan-permainan yang melibatkan gerak fisik seperti lompat tali, kelereng, ataupun go back to the door namun di era perkembangan teknologi permainan anak ikut beralih. Karena itu kamu bisa membangun startup dengan pasar khusus anak-anak, mulai dari hiburan, permainan, ataupun pendidikan khusus.
Bukan hanya akan membantu anak untuk dapat mengakses konten di internet, stratup dunia anak juga bisa diakses oleh orang tua. Kamu bisa membuat startup seperti pematauan perkembangan anak, tips perawatan anak, pendidikan anak, dan lainnya yang sangat menarik bagi orang tua.
5. Konsultasi Kesehatan
Ide Bisnis Startup yang akan Membuatmu Sukses
Kamu pasti tahu aplikasi Klik Dokter? Atau layanan kesehatan Alodokter? Ya, aplikasi-aplikasi di atas merupakan salah satu startup di bidang konsultasi kesehatan. Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, orang-orang memang ingin segalanya serba praktis, termasuk dalam hal konsultasi kesehatan. Jika biasanya untuk dapat berkonsultasi dengan dokter harus ke rumah sakit dan bertemu langsung dengan dokter, kini layanan konsultasi bisa dilakukan secara online. Kamu juga bisa lho menjadi salah satu penyedia layanan ini.

Lebih lengkap kamu bisa membacanya di sini.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di