CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Kerja di Tengah Pandemi? Serba Bisa dengan Platform Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb43fbdbf764347f0836ef/kerja-di-tengah-pandemi-serba-bisa-dengan-platform-ini

Kerja di Tengah Pandemi? Serba Bisa dengan Platform Ini

Pandemi COVID-19 berdampak di berbagai bidang, khususnya ekonomi dan bisnis. Penyebaran virus ini membuat pelaku bisnis meminimalisir kegiatan di kantor atau lapangan. Pemerintah sendiri mengarahkan agar pelaku dan pekerja bisnis untuk bekerja dari rumah atau work from homedalam rangka mengurangi kontak fisik dan physical distancing.


Budaya kerja baru tersebut dapat menjadi hambatan apabila perusahaan tidak menyediakan fasilitas dan fitur yang mendukung. Pasalnya, bekerja dari rumah tentunya diperlukan akses pada semua data sedangkan tidak semua server perusahaan dapat diakses di luar area kantor karena menggunakan jaringan lokal. 


Tidak hanya hambatan dari segi teknis, bekerja di rumah membuat monitoring pekerjaan akan lebih sulit. Para karyawan secara bergantian mengirimkan pekerjaan atau laporan dalam bentuk digital sehingga akan lebih banyak menyita waktu dan tidak efisien. Bekerja dari rumah pun dapat menimbulkan konflik antar karyawan karena kesalahpahaman dan sulitnya berkomunikasi.


Perlu diketahui juga bahwa pengiriman data dapat menimbulkan masalah dalam hal keamanan data lho! Karena menggunakan media ketiga untuk mengirim data, maka perlu diketahui dan dipahami kebijakan dari media tersebut, apakah data akan dijamin keamanannya. Bahkan pengiriman data pun sering mengalami kendala karena penerima kerap tidak menerima data yang dikirimkan.


Dalam rangka mengatasi hambatan tersebut, salah satu startup lokal telah mengembangkan sebuah platform bernama Kurporate.


Berbagai pekerjaan seperti penjualan, pembelian, akuntasi, inventaris, hingga produksi kini dapat dikerjakan di rumah karena plaform ini menerapkan sistem berbasis web dan masing-masing proses bisnis saling terintegrasi sehingga para pelaku usaha dapat mengakses data internal dimana saja, kapan saja, dan menggunakan perangkat apa saja. Meski bekerja dari rumah atau work from home, pekerjaan dapat dengan mudah dipantau dan terjamin keamannya.


Contohnya, pada pekerjaan sales, Kurporatememfasilitasi untuk manajemen pesanan, penjualan, pengiriman, dan plafon kredit. Karyawan dan atasan dapat melacak penjualan beserta sales dokumennya. Semua transaksi penjualan secara otomatis terintegrasi pada inventory dan accounting, yang juga disediakan oleh Kurporate. Begitu pun dengan proses bisnis lainnya.


Ketersediaan platform Enterprise Resource Planning(ERP) berbasis software as a service (SaaS) di Indonesia belum banyak tersedia. Umumnya, perusahaan menggunakan sistem ERP dari perusahaan luar negeri yang mana perlu dilakukan penyesuaian dengan aktivitas bisnis di Indonesia. Namun, tidak semua perusahaan luar negeri tersebut memfasilitasi business customization. Apabila memerlukan kustomisasi, perusahaan justru harus mengeluarkan biaya lebih untuk modifikasi sistem yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan menjadi kesulitan tersendiri bagi perusahaan yang menggunakan sistem ERP.


Oleh karena itu, karena dibuat dan dikembangkan oleh startup dalam negeri maka Kurporatedapat menjadi solusi bagi perusahaan di Indonesia dalam melaksanakan kegiatan bisnis karena business flow dan reporting yang dihasilkan lebih cocok dan akurat.


Kurporatedapat digunakan oleh usaha kecil hingga besar. Pelaku usaha juga dapat memilih salah satu proses bisnis/modul saja. Dengan adanya Kurporate maka dapat membantu operasional perusahaan dan efisiensi bisnis. Pada masa pandemi seperti ini, perusahaan tetap dapat melakukan perbaikan dan pengembangan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.


profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Diubah oleh mediokuonline


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di