CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dinilai Merugikan, 2 Advokat Gugat Aturan PSBB ke MK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb01419a972e22d266c6b1/dinilai-merugikan-2-advokat-gugat-aturan-psbb-ke-mk

Dinilai Merugikan, 2 Advokat Gugat Aturan PSBB ke MK

Dinilai Merugikan, 2 Advokat Gugat Aturan PSBB ke MK


JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak dua orang advokat mengajukan pengujian UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan karena pemerintah memilih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dalam permohonan yang dikutip dari laman resmi Mahkamah Konstitusi, Jumat, Runik Erwanto serta Singgih Tomi Gumilang sebagai pemohon, sedang menangani perkara di Jakarta dan Bali, tetapi terhalang tidak tersedianya penerbangan dari domisili keduanya menuju tempat sidang karena pemberlakuan PSBB.

Keduanya merasa dirugikan karena penerbangan dibatasi sementara persidangan kasus konkret tetap berjalan selama PSBB.

Pemohon mendalilkan Pasal 55 Ayat (1) UU Karantina Kesehatan mengandung ketidakpastian hukum serta pemberlakuan PSBB melenceng dari UU tersebut.

Yang terjadi sekarang adalah pemerintah memberlakukan PSBB, tetapi praktiknya adalah lockdown, kata pemohon dalam permohonan.


Menurut dua advokat itu, peraturan perundang-undangan tidak mengatur pelarangan orang keluar masuk daerah yang ditetapkan melakukan PSBB. Namun, pelarangan orang keluar masuk suatu daerah diatur dalam penerapan karantina wilayah.

Selain itu, para pemohon menilai pemenuhan kebutuhan hidup dasar untuk semua orang yang dikhawatirkan pemerintah apabila diterapkan karantina wilayah, perlu diubah hanya orang miskin sehingga tanggungan pemerintah pusat lebih sedikit.

Selanjutnya pemohon meminta Mahkamah Konstitusi menyatakan Pasal 55 ayat (1) UU Karantina Kesehatan sepanjang kata orang bertentangan dengan UUD NRI 1945 serta menggantinya dengan orang miskin.

Menurut para pemohon kata orang dalam Pasal 55 ayat 1 tidak mengandung kepastian hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 28D ayat (1) UUD 1945, ujar pemohon.

https://m.ayobandung.com/read/2020/0...ran-psbb-ke-mk


GIF




ruwet! emoticon-Stick Out Tongue

punya UU yg di tanda tanganinya tapi gak dipake emoticon-Nohope


I don't read what I sign emoticon-Hammer2







emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Dinilai Merugikan, 2 Advokat Gugat Aturan PSBB ke MK
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
gw dukung ini, lewat jalur hukum.
emang ngaco. psbb rasa karantina wilayah setengah hati.
bilang aja gak ada duit lagi. keuangan negara seret karena salah arah pembangunan, hutang, bagi2 kekuasaan, korupsi, bumn dan lain2.
udah gak ada duit lagi buat nanggung kebutuhan hidup warga klo diterapin karantina wilayah. lol
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan binokulars memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gugat menggugat hal yang biasa, bagus juga ketimbang demo, hasut sana sini
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan p.star7 memberi reputasi
Good
Sayang nya yang kasus Gugatan UMKM ke Jokowi ngga ada kejelasan lebih lanjut.

Perppu Corona entah jadi digugat ke MK ngga yach?
BPJS digugat lagi yach ke MA?

Prisidin banyak digugat sama Rakyatnya emoticon-Wkwkwk
Banyak Pengambilan Keputusan yang salah emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
binokulars dan pinkypatrick memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gugat noh yang jadi sumber virus
Kalo mo myari panggung jangan setengah setengah
Diubah oleh Cikklancang
Dimana yg di lockdown?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Loh, yang minta kan wan gabut? Gimana sih
emoticon-Traveller

Dinilai Merugikan, 2 Advokat Gugat Aturan PSBB ke MK
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Pemgacara tolol dan egois. Otak gak dipakai. Lu pakai otak, aturan lu salahin tuh pengadilan yg ttp melakukan sidang. Minta tunda sidang sampai penerbangan dibuka.

Kenapa situ gak pakai jalur darat?? Knp tdk urus surat izin?? Jd Pengacara kok goblok sih. Cari solusi lah, berpikir, kan situ pengacara?? Or situ pengaca yg hanya tau baca dokumen??
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Kesempurnaan dan idealisme itu bagus namun bs jadi musuh sejati kita sebenernya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
ada yg nyuruh yak

membela yg bayar
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Tuntut terus si jongos biar tauk rasa gak asal ambil kebijakan emoticon-Cool
Yang terjadi sekarang adalah pemerintah memberlakukan PSBB, tetapi praktiknya adalah lockdown, kata pemohon dalam permohonan.

Kota/provinsi mana yang lockdown? Semua juga rugi gara2 pandemik corona, jangan nyari panggung lah.
Diubah oleh mengaku_tobat
Lihat 1 balasan
Lanjut gan, lembur lembur emoticon-Ngakak
BSH tak berkesudahan. 😀
carmuk
Quote:


Dinilai Merugikan, 2 Advokat Gugat Aturan PSBB ke MK
Dinilai Merugikan, 2 Advokat Gugat Aturan PSBB ke MK
Para Kadrun Teriak² Lockdown tapi Teriak² juga Ekonomi Rakyat...

Kadrun Selalu 2 Kaki untuk Menjatuhkan Djokowi karena melalui PiLeg dan Pilpres Selalu GaGaL Maning GaGaL Maning Membangkitkan New Orde Baru nya...

Take Beer 🍺🍻

emoticon-Ngakak
Beberapa hari lalu...
Kadrun NGEGORENG Jokowi harus minta maaf, dipapua karna mutusin internet... faktanya HOAX... emoticon-Ngakak
keputusannya cuman suruh bayar denda doank...

Sekarang apalagi GORENGANNYA nih...
Biar ane cemil... emoticon-Wakaka
kutu kupret si kampret
Gugat saja semua peraturan yang membingungkan, kemudian kalian atur sendiri saja negara.

Tidak ada jaminan, siapapun pemimpinnya bisa berhasil menenangkan warganya dalam wabah seperti ini. Hanya kebetulan saja Pak Jokowi yang sedang memimpin.....
Diubah oleh riendzy92
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di