CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Caution! Tujuh Kapal Selam Amerika Serikat Invasi Laut China Selatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edaf9977e3a7225787ee9f1/caution-tujuh-kapal-selam-amerika-serikat-invasi-laut-china-selatan

Caution! Tujuh Kapal Selam Amerika Serikat Invasi Laut China Selatan

BEIJING - Tensi antara Amerika Serikat (AS) dan China memanas di berbagai medan, tidak terkecuali di Laut China Selatan. AS mengirim tujuh kapal selam milik AL ke Laut China Selatan. Menurut salah satu tokoh penting dalam AL, kapal-kapal itu sengaja disiagakan dengan tujuan untuk memastikan kebebasan dan mengimbangi operasi China di kawasan tersebut.

"Operasi kami adalah pertunjukan kesediaan kami untuk membela kepentingan dan kebebasan kami di bawah hukum internasional." kata Laksamana Muda Blake Converse, komandan sub-pasukan Pasifik yang bermarkas di Pearl Harbor.

Kapal selam yang disiagakan itu termasuk empat kapal selam penyerang (attack submarines) yang berbasis di Guam, USS Alexandria, yang berbasis di San Diego dan beberapa kapal yang berbasis di Hawaii.

Attack submarines merupakan kapal selam yang dipersenjatai dengan torpedo dan rudal jelajah tomahawk. Kapal selam jenis ini mampu melakukan pengawasan rahasia.

Selain kapal selam, AL AS juga telah menyiagakan armada kapal perang di Pasifik Barat sebagai unjuk kekuatan di kawasan. Langkah ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dengan China di Laut China Selatan dan di tengah cekcok kedua ekonomi terbesar di dunia itu soal virus corona baru penyebab Covid-19.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu belakangan China terus meningkatkan aktivitas di Laut China Selatan. China juga terus memperluas kendali atas sebagian besar wilayah di perairan tersebut dengan membangun pulau-pulau buatan atau pulau reklamasi.

China juga diyakini telah melakukan aktivitas yang mengganggu negara-negara lain di kawasan, seperti yang baru-baru ini dilakukannya terhadap kapal eksplorasi minyak yang dikontrak oleh perusahaan energi negara Malaysia, Petronas.

Sebelumnya, AS telah menyebut apa yang dilakukan China di kawasan itu adalah upaya ilegal. China juga dianggap telah dengan sengaja memanfaatkan kondisi di mana pandemi sedang mewabah untuk meningkatkan keuntungan di kawasan.

"Ketika militer AS menangani Covid-19 di dalam negeri, kami tetap fokus pada misi keamanan nasional kami di seluruh dunia. Banyak negara telah berupaya untuk pulih dari pandemi, dan sementara itu, pesaing strategis kami berusaha untuk mengeksploitasi krisis ini untuk keuntungan mereka dengan mengorbankan negara lain," kata Menteri Pertahanan AS Mark Esper.

Esper juga menuduh China meningkatkan "kampanye disinformasi" untuk mengalihkan kesalahan terkait virus mematikan asal kota Wuhan itu dan melindungi citranya.

"Kami terus melihat perilaku agresif oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Laut China Selatan, mulai dari mengancam kapal angkatan laut Filipina hingga menenggelamkan kapal nelayan Vietnam dan mengintimidasi negara-negara lain agar dibiarkan terlibat dalam pengembangan minyak dan gas lepas pantai," lanjutnya.

Esper mengatakan bahwa dua kapal AS baru menyelesaikan operasi kebebasan navigasi (FONOP) di Laut China Selatan minggu sebelumnya. Kedua kapal itu adalah kapal penjelajah berpeluru kendali USS Bunker Hill dan kapal perusak USS Barry.

Kapal penjelajah berpeluru kendali USS Bunker Hill melakukan FONOP di Kepulauan Spratly, dan kapal perusak USS Barry berlayar dua kali melalui Selat Taiwan dan melalui Kepulauan Paracel, wilayah yang disengketakan yang diklaim China sebagai miliknya.

"[Operasi itu bertujuan] untuk mengirim pesan yang jelas ke Beijing bahwa kami terus melindungi kebebasan navigasi dan perdagangan untuk semua negara besar dan kecil," kata Esper.

Aksi ini sebelumnya telah membuat marah China. Negara ini menyebut upaya AS itu sebagai tindakan provokatif dan mengancam ketenangan di kawasan.

"Tindakan-tindakan provokatif oleh pihak AS ini telah secara serius melanggar kedaulatan dan kepentingan keamanan China, sengaja meningkatkan risiko keamanan regional dan dapat dengan mudah memicu insiden yang tidak terduga." kata komando militer China dalam sebuah pernyataan.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-china-selatan

Sebaiknya China tembak semua kapal amerika yg berlayar ke LCS. Apa pertimbangan nya? Menurut saya pertimbangan nya adalah:

Jika china menembak kapal amerika duluan, secara otomatis amerika akan ketakutan dan menarik semua pesawat dan armada perangnya dari benua asia..

Pangkalan amerika di Jepang, Korea Selatan, Filipina, Australia, dan Singapura akan tutup..

amerika akan menyerah tanpa syarat dari China..

ini prediksi saya saja, belum tentu benar ya, CMIIW
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
kenyataannya
dari dulu china sudah membangun di laut china selatan
amerika saja yg dari dulu tak mampu usir china dari laut china selatan

dijamin 100000000000000000000000000000000000000000000000000000 %
amerika yg lagi sendirian itu tak akan memulai perang

setahu kita2 ..amerika itu tak berani sendirian perang
biasanya amerika suka minta bantuan sekutu NATO

kalau amerika sendirian perang tanpa bantuan sekutu
nanti bisa-bisa kalah lagi macam perang di vietnam
untuk menghibur diri amerika maka dibuatlah film rambo
seolah2 amerika menang perang vietnam
Caution! Tujuh Kapal Selam Amerika Serikat Invasi Laut China Selatan[/
Caution! Tujuh Kapal Selam Amerika Serikat Invasi Laut China Selatan[[list]
profile-picture
diamondchest memberi reputasi
Diubah oleh Akong.Jiugui
yap bener, klw China emang punya kedaulatan di sana maka langsung tembak aja tuh kapal2 US, masa mau jadi super power global tapi menguasai Asia Pasifik aja gk becus.
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan 747.400 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nonton aja deh... buat sini yg penting kapan maling2 ikan ditenggelamkan lagi.... emoticon-Hammer2
profile-picture
747.400 memberi reputasi
berdua kayak kucing berantem...

berisik doang..ngeeongg..ngeeongg...

emoticon-Ngakak
profile-picture
747.400 memberi reputasi
setiap kali rusuh dinegri sendiri mamrika mencari solusi dengan cara ajak sekutu perang dgn negara laen..alias menjarah...yg anehnya rusuh di negri sendiri tertular terjadi di negri skutunya...strategi yg selalu sama selama puluhan tahun...
profile-picture
747.400 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Klo mmg tiongkok berdaulat di lcs, tembak dong.. tenggelamken.. kan gmpg...
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan 747.400 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kalau China memang tabiatnya pingin invasi/menjajah negara lain, seperti kebiasaan Barat

Sudah sejak abad 6 & 14 China bisa menginvasi Nusantara lewat I Tsing & utusannya laksamana Cheng Ho

Nyatanya China lebih memilih jalur perdagangan hingga sekarang, bahkan menyebarkan islam di nusantara

Perbatasan LCS/ 9 dash line pada awalnya ditemukan China lewat pelayaran Cheng Ho, 2 abad sebelum Nusantara dijajah koloni barat

Yang bikin sengketa LCS dan perbatasan2 negara khususnya asia ya kolonisasi barat sendiri

Ndak ada Cheng Ho =
Ndak ada klaim 9 dash line,
Ndak ada sejarah Wali Songo,
Islam hanyalah minoritas,
Nusantara terutama jawa kemungkinan besar seperti Indochina (Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar) masih berupa kerajaan Buddha Hindu
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan diamondchest memberi reputasi
Diubah oleh therminust
Lihat 1 balasan
Palingan juga perang bacot ... emoticon-Ngakak
Quote:


cina gak mungkin kalah bray, amerika akan bertekuk lutut kepada china, kapal induk cina adalah kapal yang tercanggih di dunia
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan 747.400 memberi reputasi
Kata BuzzerPKC: Trump ketakutan di LCS....
emoticon-Takut emoticon-Leh Uga
kapal selam adalah misi rahasia, kalo dibocorkan ke berita itu artinya khusus buat coli para minion emoticon-Big Grin
lagian mau berenang di LCS bakal terpantau, dan kalo perang, mana mungkin berani di situ, di pulau militer china delivery servicenya udah ada paket kapal selam kok emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di