CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gubernur Irwan Ributkan Injil Bahasa Minang, SETARA: Tak Hargai Kemajemukan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eda85ca10d2955b577e2252/gubernur-irwan-ributkan-injil-bahasa-minang-setara-tak-hargai-kemajemukan

Gubernur Irwan Ributkan Injil Bahasa Minang, SETARA: Tak Hargai Kemajemukan

Gubernur Irwan Ributkan Injil Bahasa Minang, SETARA: Tak Hargai Kemajemukan


Suara.com - SETARA Institute ikut merespons persoalan aplikasi kitab suci Injil berbahasa Minang yang bikin Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meradang. Menurut SETARA Institute, kehadiran kitab suci Injil Minang itu tidak melanggar hukum.

Direktur Riset Setara Institute Halili Hasan mengatakan, aplikasi Injil berbahasa Minang yang tersedia di Playstore itu justru bermakna baik. Pasalnya, hal tersebut menjadi contoh inisiatif yang baik guna membangun literasi keagamaan lintas iman dalam kerangka kebinekaan Indonesia.

"Injil bahasa Minangkabau dan aplikasinya di Playstore tidak melanggar hukum dan konstitusi Republik Indonesia," kata Halili dalam keterangan pers yang diterima Suara.com, Jumat (5/6/2020).

Aplikasi Injil berbahasa Minang mendadak ramai diperbincangkan karena disinggung oleh Irwan selaku Gubernur Sumbar. Ia meradang ketika melihat adanya aplikasi tersebut.

Ada dua alasan yang dibawa Irwan, yakni masyarakat Minangkabau keberatan dan resah dengan adanya Kitab Injil berbahasa Minang itu. Alasan yang kedua, aplikasi tersebut bertolak belakang dengan budaya masyarakat Minangkabau.

Karena dua alasan tersebut, Irwan pun mengirimkan surat kepada Kominfo untuk menghapus aplikasi tersebut. Kalau melihat dari inisiatifnya, menurut SETARA Institute, pihak Kominfo bisa menolak permohonan Irwan.

Kemudian, Halili juga menilai yang diminta Irwan justru akan menjadi preseden buruk karena bisa ditiru oleh kelompok yang tidak menghargai kemajemukan.

"Menolak (resistance) dan menyangkal (denial) berbagai hal yang berkenaan dengan identitas agama yang berbeda," ujarnya.

Sebelumnya, Irwan Prayitno meradang, meminta aplikasi Alkitab berbahasa minang untuk dihapus. Permintaan itu disampaikan Irwan melalui surat kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam surat tertanggal 28 Mei 2020 itu, Irwan menyebutkan, masyarakat Minang sangat berkeberatan dan resah dengan adanya aplikasi yang dapat diperoleh secara gratis itu.

Aplikasi Kitab Injil berbahasa Minang membuat heboh, Padang, Sumatera Barat. Aplikasi Kitab Injil berbahasa Minang itu muncul di aplikasi Playstore.

Aplikasi itu sebelumnya bisa diunduh melalui Playstore. Namun, ketika Padangkita.com (jaringan Suara.com) melacak aplikasi tersebut Kamis (4/6/2020), aplikasi itu tidak lagi ditemukan dan sudah dihapus.

Namun di sisi lain, mantan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menilai kitab Injil berbahasa Minang seharusnya tidak jadi masalah.

Pasalnya, kata Lukman Hakim, penerjemahan Injil dalam bahasa daerah justru amat disarankan.

Ia mengatakan, penggunaan bahasa daerah dalam kitab suci bisa membantu para pemeluknya memahami isi kitab secara lebih baik. Oleh sebab itu, adanya kitab Injil berbahasa Minang harusnya justru diapresiasi.

"Menerjemahkan kitab suci ke dalam bahasa daerah itu tak hanya boleh, bahkan amat disarankan, agar semakin banyak warga daerah yang memahami isi kitab suci agamanya," tulis Lukman via akun Twitter-nya @lukmansaifuddin.


https://www.suara.com/news/2020/06/0...ai-kemajemukan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 48 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
emoticon-Malu (S) ne gubenur kemaren di usung dan dari parte apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ha1ku dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
irwan agamanya apa ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
ngeliat gt aja terguncang.. lah.. injil bahasa arab aja biasa..
emg gara2 pake bahasa minang, t'rus org minang buta hurup jadi bisa baca..?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Lihat 60 balasan
Proteksi unlimited.


emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rjet dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kisah Injil dalam film bahasa Minang, ga perlu repot2 baca, tinggal tonton filmnya emoticon-Wkwkwk

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MahoImperator
Lihat 3 balasan
ngurusin dapur orang ini sich emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meoomiuu dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
punya smartphone tapi otak ketinggalan di jaman purba yah gini
ga sekalian tuh hp sama internet diblokir
phobia tapir kok setengah" yah akhiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bandarjigonk dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Quote:


Berarti nanti Alquran terjemahan bahasa Ambon dan Bali boleh disweeping, karena mayoritas disana Kristen dan Hindu.

Sama nanti kalo ada terbit Alquran bahasa melayu papua boleh juga dicekal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Lihat 14 balasan
apakah sedemikian lemah imannya muslim Minang klo baca injil bahasa minang lantas jd murtad? emoticon-Imlek emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Iman sekeras puding ya gitu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
govlok kok gak abis2. bahasa itu dak punya agama. injil bahasa arab aja ada, masak kl bahasa minang dak boleh. secetek itukah imanmu. samfah emang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Ane nggak terlalu merindukan kemajemukan.

Tp dia itu gubernur di prov indo.
Harus berdasar pancasila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Dimata kadrun bahasa arab itu suci

Gubernur Irwan Ributkan Injil Bahasa Minang, SETARA: Tak Hargai Kemajemukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Inilah contoh pemimpin yg gak suka perubahan danntetep pengen status quo. Apa yg di takuti coba dari kitab berbahasa minang toh yg download juga paling orang kristen juga. Pake bawa omongan meresahkan masyarakat. Malu lah ama jabatan pikirannya kok tidak luas. Jd pemimpin dalam masyarakat harus mengayomi semua bukan 1 golongan aja pak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Apaan sih...


Gubernur Irwan Ributkan Injil Bahasa Minang, SETARA: Tak Hargai Kemajemukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bandarjigonk dan 17 lainnya memberi reputasi
orang minang sebaiknya gak pakai playstore karena itu buatan dan budaya kafir



dia pikir bahasa minang bikinan orang islam?atau bahasa impor dari ngarab? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Aplikasi itu sebelumnya bisa diunduh melalui Playstore. Namun, ketika Padangkita.com (jaringan Suara.com) melacak aplikasi tersebut Kamis (4/6/2020), aplikasi itu tidak lagi ditemukan dan sudah dihapus.

Pempus melalui kemenkoinfo "memahami" kegelisahan pemda sumbar
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
suku satu ini memang fundie kelas berat emoticon-Mad
beda dengan saudaranya di ujung pulang yang kelas lawak lawak emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
st.mekisucker dan 8 lainnya memberi reputasi
Gw mah mending diskusi sama orang utan bang daripada orang minang.

Dah rasisnya gak ketulungan lg.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mimiesp1 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di