CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
JK Sebut Jokowi & Anies Sepakat, Jumat Masjid Buka untuk Umum
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed92dcbc0cad74e4f771784/jk-sebut-jokowi-amp-anies-sepakat-jumat-masjid-buka-untuk-umum

JK Sebut Jokowi & Anies Sepakat, Jumat Masjid Buka untuk Umum

JK Sebut Jokowi & Anies Sepakat, Jumat Masjid Buka untuk Umum
Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepakat bahwa pada Jumat (5/6/2020) pekan ini masjid di Ibu Kota akan kembali dibuka.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla saat mengecek penyemprotan disinfektan menuju prosedur new normal di tempat ibadah. JK dan pengurus DMI mengecek kesiapan di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta.

"Bapak presiden, dan gubernur [DKI Jakarta] dengan DMI sepakat untuk mulai Jumat ini masjid dibuka," kata JK dalam videonya yang dikutip, Kamis (4/6/2020).

Meski demikian, JK menegaskan bahwa pembukaan masjid akan tetap bergantung pada keputusan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berakhir pada hari ini, 4 Juni 2020. Jika tidak diperpanjang, maka masjid bisa digunakan akhir pekan ini.

Seorang petugas pemadam kebakaran menyemprotkan desinfektan dalam upaya membantu mengekang penyebaran virus corona baru di Masjid Istiqlal di Jakarta. AP/Achmad Ibrahim

"Apabila DKI tidak lagi perpanjang PSBB, maka berarti ada perbaikan signifikkan di DKI dan juga daerah lainnya. Karena itu tempat-tempat umum itu dapat dibuka dengan syarat melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

JK mengatakan masjid yang digunakan untuk melaksanakan ibadah pun akan berbeda. Seluruh masyarakat, ditegaskan dia, harus mematuhi protokol kesehatan ketat yang sudah diberlakukan.

"Jaga jarak minimal 1 meter, pakai masker, dan cuci tangan. Semua itu dilaksanakan di masjid. Kita jaga jarak, pakai masker. Kalau ada jamaah tidak pakai masker, suruh dia pakai masker baru boleh masuk," katanya.

"Kemudian cuci tangan. Di setiap pintu ada disinfektan atau sabun atau di tempat wudhu mesti pakai sabun. Jadi karena itu yang paling aman dalam situasi ini justru di rumah ibadah. Berbeda dengan mal atau di pasar mungkin Anda tidak bisa jaga jarak dengan betul."

Kalla menegaskan bahwa pembukaan tempat-tempat ibadah akan tetap bergantung masing-masing wilayah. Apabila daerahnya dianggap aman, maka diperbolehkan untuk membuka tempat ibadah.

"Daerah yang sudah aman 120 wilayah itu silahkan. Tentu kita harapkan pengurus masjid melaporkan hal ini ke lurah masing-masing. Karena Menteri Agama meminta itu ya. Tapi presiden dan gubernur sudah membolehkan, minta izin ke lurah," tegasnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...uka-untuk-umum

Dah yg rukun bro...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Engkong JK jadi juru bicara anies dan jokowi nih sekarang?
emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
ane mau tanya misal ada pengunjung positif pas wudu pas cuci muka dan hidung virusnya bakal lengket di tangan, lalu nutup kran air menggunakan tangan yg habis pegang hidung dan mulut

setelah itu org berikutnya buka keran air dan membasuh wajah, mulut dan hidungnya dengan tangan yg habis pegang kran dr pengguna positif sebelumnya,

perlu dipikirkan caranya biar ga nempel virusnya di kran gimana caranya...
kasian kalo sampe tertular, krn pada saat itu ga pake masker dan tangan pada posisi memegang hidung dan mulut

buka krannya jgn pake tangan pake sikut ?
atau diganti pake kran sensor otomatis? spt di mall²
profile-picture
7p tyo memberi reputasi
Diubah oleh daroi
Terserah. Liat aja angkanya 2 minggu lagi.
Rmh ibadah skrg jg jd sentra ekonomi bro
Jd kl pasar dan mal buka knp enggak rmh ibadah.
Kata thread sebelah gak dibuka untuk rumah ibadah emoticon-Traveller
Emang kita karyawan mall? Yang tiap hari ke mall 5x sehari? 7 hari seminggu?

Bahasanya seolah2 lihat wilayah. Tapi di ane walau ada yang positif dan psbb di perpanjang. Di masjid dekat rumah ane udah dapet surat dari menag kalo sudah boleh di buka. Jadi yang nentuin bukan gubernur / walikota / bupati donk?
Diubah oleh i_ryck
Aye kangen yg ngedit foto jokowi mau pakai dana haji dl mana skrg gak pernah ngaskus lagi???

Sdh diciduk ya??? emoticon-Sorry
Antara seneng tapi was was emoticon-Cool
ganjar risma banyak turun.

belum pernah lihat wan abud turun menemui rakyatnya, kecuali :

JK Sebut Jokowi & Anies Sepakat, Jumat Masjid Buka untuk Umum

JK Sebut Jokowi & Anies Sepakat, Jumat Masjid Buka untuk Umum

takut wan ? emoticon-Ngacir


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di