CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Strategi Jitu Supaya Bisnis Online Lebih Hebat Dalam Hadapi New Normal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed8c9fa349d0f5e7773d644/strategi-jitu-supaya-bisnis-online-lebih-hebat-dalam-hadapi-new-normal

Strategi Jitu Supaya Bisnis Online Lebih Hebat Dalam Hadapi New Normal


Strategi Jitu Supaya Bisnis Online Lebih Hebat Dalam Hadapi New Normal

Pandemi virus corona atau COVID-19 telah menjadi bencana kesehatan global dan membuat jutaan orang kehilangan mata pencaharian.

Di saat negera perlahan-lahan mulai untuk melonggarkan kebijakan untuk me-lockdown, bisnis yang terutama usaha berukuran kecil dan menengah (UKM/UMKM), dikonfrontasi oleh keadaan ritel online yang jauh lebih menantang.


Dilansir melalui laman entrepreneur, pelanggan saat ini bukan hanya sangat memperhatikan pengeluaran namun juga mengurangi pergerakan di luar untuk meminimalisir risiko saat berinterasi dengan orang lain.


Selama kondisi lockdown diberlakukan, sebuah kenormalan baru yang juga telah menjadi perilaku belanja pelanggan tumbuh semakin berdaya, yakni peralihan pelanggan membeli produk dan jasa melalui dunia digital atau internet.

Inilah alasannyanya mengapa banyak UKM menggunakan masa ini untuk mulai berjualan secara online.


Namun, serupa dengan apa yang pernah diutarakan oleh para pakar digital pemasaran di seluruh dunia, untuk bisa berhasil dalam e-commerce, Anda harus bisa menghadapi banyak tantangannya.


Dengan ketidakpastian dari perkembangan pandemi COVID-19 dan hingga kapan pembatasan sosial berlaku, UKM baru dan eksisting di ruang ritel mesti membuat bisnis mereka lebih hebat dalam waktu yang relatif singkat.


Untuk membantu anda yang bergerak di bidang UKM atau UMKM, berikut adalah tiga jurus yang terbukti membuat bisnis online menjadi lebih tangguh dan berdaya:


01. Tingkatkan Margin


Saat sebuah UKM atau UMKM mempunyai margin yang baik, mereka butuh mengatur pedagangan lebih sedikit untuk mencapai titik impas dan menambah arus kas, namun dengan ketidakpastian saat ini, situasinya menjadi genting.

Salah satu cara untuk tetap menghasilkan margin tinggi di tengah masa sukar adalah dengan menggunakan teknologi serupa kecerdasan buatan (artificial intelligence), pembelajaran mesin (machine learning) dan ilmu data untuk menambah kinerja di banyak sekali bidang, termasuk pemasaran, dukungan pelanggan dan manajemen persediaan.


Menggunakan data UKM, teknologi ini dapat menggali banyak wawasan serupa pembeli mana yang berkesempatan masif untuk membeli produk berangka tinggi atau produk mana yang akan dijual dalam waktu tujuh hari ke depan.

Mengetahui hal ini dapat mengurangi biaya pengeluaran iklan dan meminimalkan inefisiensi operasional untuk margin yang lebih masif.


02. Perluas Cakupan Wilayah Sebanyak Mungkin


UKM atau UMKM online umumnya bergantung pada pelanggan dan pegawai yang hanya dari satu wilayah.

Saat ini, ketergantungan ini akan sangat penuh resiko, apalagi jika para pengusaha tersebut berlokasi di wilayah yang tedampak krisis yang ter-lockdown sehingga dapat mempengaruhi omzet penjualan dan biaya operasi perusahaan.


Karena itu sangat krusial bagi UKM atau UMKM untuk melakukan diversifikasi wilayah yang berfungsi untuk meminimalisir gangguan dan mempertahankan profit atau keuntungan penjualan.


03. Pasarkan produk melalui banyak channel


Benar, Kerap kali UKM/UMKM online hanya mengandalkan satu saluran pemasaran digital. Karena itu, Anda bisa mulai untuk menggunakan banyak channel untuk meningkatkan omzet penjualan, naik itu melalui iklan pay-per-click, email marketing maupun display advertising.

Dalam waktu normal, strategi ini dapat memberikan hasil yang pantas kendati tidak optimal. Di tengah pandemi, menggunakan lebih banyak saluran pemasaran akan menjaring lebih banyak pelanggan baru serta mengembalikan pelanggan lama.

Diversifikasi medium iklan juga akan melindungi UKM/UMKM jika satu di antara saluran tersebut kehilangan efektivitasnya.


Untuk bisnis berukuran kecil, bersaing secara online selalu menjadi tantangan yang cukup masif.

Namun dengan kenormalan baru ini, kebanyakan orang akan lebih berhemat dan lebih selektif mengenai produk apa yang akan mereka beli, benar, mereka akan lebih memilih untuk bertahan hidup.

Inilah alasannya mengapa UKM/UMKM butuh strategi untuk bisa survive atau bertahan.

Apakah itu dengan menambah margin, memperluas wilayah atau pemasaran melalui banyak sekali channel? Dengan pendekatan dan teknologi yang tepat, semua dapat dilakukan dan mendapatkan hasil optimal.

Sumber: CaraBisnisOnline.Net


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di