CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / MotoGP /
Ada Yang Penasaran Harga Swingarm Carbon Motor Balap Marc Marquez?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed64f37a2d1956a187f1ef3/ada-yang-penasaran-harga-swingarm-carbon-motor-balap-marc-marquez

Ada Yang Penasaran Harga Swingarm Carbon Motor Balap Marc Marquez?

Mungkin disini ada yang penasaran soal harga spare part motor balap MotoGP seperti Honda RC213V? karena seperti yang banyak orang tahu, motor balap ini memang sengaja dirancang khusus untuk keperluan race yang setiap detailnya sudah diperhitungkan serta riset yang panjang. 

Semua part dari motor balap MotoGP itu sebenarnya tidak dijual secara bebas, karena notabene motor ini merupakan motor prototipe yang tidak untuk diproduksi massal serta berteknologi khusus.

Yang ada justru pabrikan akan mengambil teknologi hasil perkembangan motor MotoGP, yang kemudian nantinya bakal ditanamkan di motor produksi massal seperti tekonologi winglet dan swingarm carbon.

Ada Yang Penasaran Harga Swingarm Carbon Motor Balap Marc Marquez?

Ngomongin soal swingarm carbon, pasti yang ada dipikiran kita adalah bobotnya yang ringan serta kualitan material yang premium. Motor MotoGP memang sangat membutuhkan komponen yang seperti ini, ringan, kuat dan berkualitas premium.

Tapi apakah kalian penasaran, tekonologi swingarm carbon dibanding dengan swingarm carbon khusus motor MotoGP itu berbeda atau sama? Khususnya dalam segi harga dan kualitas.

Di pasaran memang sudah banyak komponen aftermarket seperti swingarm carbon untuk motor-motor sport. Segala yang berhubungan dengan carbon memang biasanya jauh lebih mahal, tetapi kalau kita samakan dengan swingarm yang dipakai di motor Honda RC213V milik Marquez tentu jauh berbeda.

Ada Yang Penasaran Harga Swingarm Carbon Motor Balap Marc Marquez?

Kelebihannya yang ringan dan rigit tersebut, tentunya sudah diperhitungkan sangat matang…apalagi dalam kebutuhan race yang selalu dipacu dengan kecepatan tinggi serta manuver lincah.

Call mengatakan jika swingarm milik Honda RC213V itu kalau di hitung-hitung bisa mencapai harga 250.000 Euro. Mungkin kalau kita kalkulasikan harga tersebut kurang lebih setara dengan 3.9 Miliar.

Namun tetapi untuk swingarm carbon yang dipakai di motor Ducati, mereka mengembangkannya jauh leih murah.

” Di Ducati untuk lengan ayun karbon, biayanya sekitar 35.000 euro Kami sudah menggunakan model karbon ini pertama sejak 2009…” tutur petinggi Ducati, Paolo Cibatti.

Ada Yang Penasaran Harga Swingarm Carbon Motor Balap Marc Marquez?

Kalau dikalkulasikan 35 ribu Euro itu sekitar 559 jutaan. Cukup masuk akal juga, tidak hanya swingarm saja, tetapi hampir semua komponen yang ada di motor MotoGP itu sangat spesial dan segalanya sudah diperhitungkan.

Referensi : iwanbanaran.com(25/5/2020).


profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di