CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Lolos Interview Programmer dengan Mudah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed63d86b41d3070e9246491/cara-lolos-interview-programmer-dengan-mudah

Cara Lolos Interview Programmer dengan Mudah

Apa pun level Anda, menghadapi interview programmer tetap menghadirkan tantangan tersendiri. Bagi programmer pemula, interview semacam ini dapat membuat gugup apabila tidak mengetahui contoh soal dan tips menghadapinya.

Sedangkan bagi kelas menengah atau senior, interview programmer tetap bukan perkara yang otomatis mudah. Pihak perekrut kemungkinan akan menanyakan hal yang lebih sulit seiring dengan tingkat keahlian programmer yang bertambah baik.

Programmer sendiri bertugas membuat beragam aplikasi, baik yang berbasis mobileweb maupun desktop. Mereka harus mampu merancang dan menulis kode program dengan menerapkan bahasa pemrograman. Ia mesti sanggup mengeksekusi, menguji dan mengendalikan program itu.

Tak cukup di situ. Seorang programmer harus bisa mengetahui kebutuhan pengguna, membuat flowchart dan mencari kesalahan dari program yang dibuat. Pada akhirnya, programmer membuat program yang bisa memberikan manfaat maksimal bagi pengunjung website nantinya.

Mengingat tugas di atas yang cukup berbobot, tak mengherankan pihak perekrut akan memberikan pertanyaan yang komprehensif, baik bagi level pemula, menengah hingga senior.

Berikut tips agar lolos sesi interview programmer dengan mudah:

Cara Lolos Interview Programmer dengan Mudah


1. Menjawab Pertanyaan dengan Taktis dan Ringkas

Tentu saja, Anda harus mengetahui terlebih dahulu contoh pertanyaan yang biasanya ditanyakan. Beberapa yang akan ditanyakan adalan apa saja bahasa pemrograman yang dikuasai dan jabarkan keunggulan masing-masing bahasa pemrograman yang diketahui tersebut.

Pertanyaan pertama ini bisa dibilang soal wajib dalam interview programmer, demikian menurut The Software Guild. Bahasa pemrograman menjadi komponen wajib awal yang harus dikuasai agar bisa menjadi programmer mumpuni. Beberapa bahasa pemrograman yang sering dipakai adalah Java, C++, Python, PHP, dan lainnya. Selain menyebutkan nama bahasa pemrograman yang dikuasai, jangan lupa untuk menjabarkan kelebihan setiap bahasa pemrograman tersebut.

2. Sanggup Mendemonstrasikan Proses Coding  
Cara kedua yakni Anda harus sanggup memberikan contoh coding dengan memakai salah satu bahasa pemrograman yang dikuasai. Lolos tahapan ini memberikan gambaran ke pihak perekrut Anda menguasai baik secara teori maupun praktek bahasa pemrograman yang Anda kuasai.

3. Demonstrasi Coding Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Tak hanya mampu memberikan contoh coding, tunjukkan bagaimana coding tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebelumnya, ketahui profil perusahaan secara lengkap. Dengan demikian, Anda dapat membuat rancangan coding yang tepat guna.

4. Mampu Menjawab Pertanyaan Non-Teknis

Menjadi programmer handal bukan hanya perkara menguasai hal teknis sebagaimana Anda bisa baca dari poin 1 hingga 3 di atas. Faktor non-teknis turut menentukan hasil wawancara Anda. Sebagai contoh, Anda harus bisa meyakinkan ke pihak perekrut bagaimana bisa menghadapi tekanan dalam pekerjaan, bagaimana cara berkomunikasi dengan mitra dalam satu proyek hingga pandangan Anda tentang tren dunia pemrograman saat ini.

Dengan kata lain, asah kemampuan Anda berbicara agar pihak perekrut meyakini Anda adalah kandidat yang selalu ingin belajar hal baru dan berbagi perkembangan proyek terkini dengan sesama mitra proyek.

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Kerja Programmer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Contoh CV Programmer Agar Langsung Diterima Perusahaan


Bagus juga sarannya...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di