CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Computer /
HDMI VS VGA: Mana Yang Lebih Bagus?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed62b5aa2d195536e32e30c/hdmi-vs-vga-mana-yang-lebih-bagus

HDMI VS VGA: Mana Yang Lebih Bagus?

Mungkin kalian saat ini memiliki monitor lama yang tergeletak dan kalian bertanya-tanya apakah saya harus menghubungkannya melalui VGA atau HDMI. Karena harga dari kedua jenis kabel ini hampir sama. Untuk itu mari kita bandingkan HDMI VS VGA mana yang lebih baik dari keduanya?

Mana Yang Lebih Baik HDMI Atau VGA? 
Ketika datang ke HDMI vs VGA, HDMI jauh lebih baik daripada VGA, karena sejumlah alasan. HDMI tidak hanya mampu mentransfer lebih banyak data (yang diterjemahkan ke dalam resolusi yang lebih tinggi dan frame rate yang lebih tinggi) tetapi juga dapat membawa audio. VGA, di sisi lain, hanya mampu mentransfer visual, dan resolusi yang jauh lebih rendah. Singkatnya, HDMI memberikan kualitas gambar yang jauh lebih jelas. 

Perbedaan HDMI Dan VGA 
Kedua kabel ini sangat berbeda. Perbedaan utama adalah VGA menggunakan sinyal analog sedangkan HDMI menggunakan sinyal digital. Dengan kata lain, mereka menggunakan teknologi berbeda untuk mentransfer data. Adaptor HDMI ke VGA: Oleh sebab itu mengubah HDMI ke VGA (atau sebaliknya) hanya mungkin dilakukan dengan adaptor yang memiliki sumber daya eksternal. 

Perbedaan lainnya dari HDMI dan VGA adalah dari segi usia. VGA sudah sangat tua. Teknologi ini diperkenalkan pada tahun 1987. Meskipun port VGA menjadi standar selama bertahun-tahun, dan banyak elektronik saat ini masih memiliki port VGA, perlahan-lahan mereka akan tergantikan oleh teknologi baru. Dan HDMI kini yang menjadi standar baru. Ketika datang ke port, VGA menggunakan konektor 15-pin, biasanya ditandai dengan warna biru. 

Biasanya, kabel dicolokkan ke dalam dan kemudian kalian memutar kedua sekrup untuk mengikat kabel ke konektor. Sebagian besar PC dan TV masih memilikinya. Ada beberapa versi kabel HDMI, tetapi yang paling umum adalah HDMI A yang memiliki 19 pin kecil. Tidak perlu sekrup di sini, kabel biasanya pas di tempatnya. Sementara VGA dapat mendukung resolusi yang cukup tinggi, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sinyal rusak atau hilang. Contohnya seperti panjang kabel (semakin lama, semakin besar kemungkinan kehilangan sinyal), kualitas kabel, koneksi, magnet, medan listrik, dan bentuk-bentuk gangguan lainnya. 

Singkatnya, ini hampir tidak stabil. Enkripsi data juga tidak banyak. Tetapi, jika yang kalian inginkan adalah 1080p, maka kabel VGA dapat melakukan triknya. Admin percaya resolusi maksimum yang mungkin pada VGA adalah 2048 × 1536. HDMI, di sisi lain, dapat mendukung berbagai resolusi, tanpa risiko gangguan atau kehilangan sinyal. Ini jauh lebih stabil, dan memiliki fitur enkripsi data built-in, yang disebut HDCP. Itu juga membawa lebih dari audio, dan versi yang lebih baru dapat membawa melalui internet juga. 

Sumur:

Quote:





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di