CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
New Normal, Bagaimana Cara Sholat di Masjid yang Aman dan Benar?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed61dacfacb95667673ecb3/new-normal-bagaimana-cara-sholat-di-masjid-yang-aman-dan-benar

New Normal, Bagaimana Cara Sholat di Masjid yang Aman dan Benar?

New Normal, Bagaimana Cara Sholat di Masjid yang Aman dan Benar?
Menteri Agama Fakhrul Rozi Sudah Isyaratkan Boleh Sholat di Masjid Gan!

Menjelang penetapan kembali New Normal di Indonesia, tentunya agansis banyak yang mengharapkan agar bisa kembali berkegiatan di masjid. Memang, banyak yang sudah menjadikan kegiatan di masjid sebagai salah satu sendi kehidupan yang penting, dan “kehilangan” kesempatan pergi ke masjid menjadi siksaan tersendiri bagi banyak orang. 

Nah, dengan ketetapan New Normal yang dibuat oleh Pak Presiden Jokowi dalam mengatasi Covid ini, rupanya menteri kesehatan Fakhrul Rozi mengindikasikan kalau dibukanya kembali masjid jadi salah satu kemungkinan, walaupun hanya untuk sholat saja dan dilakukan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Sementara itu, untuk kegiatan ceramah, kultum dan lain-lain masih akan dilihat dan dipertimbangkan apabila mendapat izin dari Camat setempat. (cnnindonesia.com, 27 Mei 2020)
New Normal, Bagaimana Cara Sholat di Masjid yang Aman dan Benar?
Menteri Agama RI, Fakhrul Razi (sumber: google.com)

Ini sesuai dengan surat edaran Menteri Agama No. SE. 15/2020 dan Fatwa MUI No. 14/2020 yang menuliskan agar "Membuka masjid untuk jamaah, baik sholat wajib lima waktu maupun Jumatan dengan tetap mengikuti perkembangan informasi penularan COVID-19 di daerah setempat."

Naaah, menanggapi hal ini, Dewan Masjid Indonesia pun akhirnya mengeluarkan panduan untuk sholat pada era New Normal ini.

Dilansir dari detik.com hari ini, berikut panduan DMI untuk pelaksanaan sholat yang baru:

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, Ranting, dan DKM/Takmir masjid seluruh Indonesia:
1. Membuka masjid untuk jemaah, baik sholat wajib lima waktu maupun Jumatan, dengan tetap mengikuti perkembangan informasi penularan COVID-19 di daerah setempat.
2. Untuk menjaga keselamatan jemaah, masjid harus memberlakukan protokol cegah tangkal COVID-19, di antaranya: Jaga jarak minimal 1 meter antarjemaah, kenakan masker dari rumah, bawa sajadah atau saputangan sendiri atau kelengkapan lain yang diperlukan.
3. Gulung karpet, disiplin membersihkan lantai masjid atau musala dengan karbol dan disinfektan serta menyiapkan hand sanitizer atau sabun.
4. Memanfaatkan pengeras suara masjid sebagai media siar yang efektif untuk informasi penting dan bersifat darurat terkait cegah-tangkal COVID-19.
5. Menampung zakat, infak, dan sedekah masyarakat, baik uang lumsum maupun sembako, serta mendayagunakannya semaksimal mungkin untuk peningkatan imunitas kesehatan jemaah, baik vitamin C dan E maupun pangan bergizi lainnya.
6. Siagakan masjid sebagai Pos Reaksi Cepat (PRC) jika terdapat jemaah tertular COVID-19.
7. Cipta Kondisi Masjid sebagai tempat aman yang steril dari COVID-19 dengan memperkuat moto DMI "Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid."
8. Karena ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, maka daya tampung masjid hanya tinggal 40 persen dari kapasitas normal sebelumnya. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan jemaah dan dengan mempedomani tujuan syariat (maqashidus-syariah) pelaksanaan sholat Jumat diatur sebagai berikut:
a. Di samping di masjid-masjid, juga di musala-musala dan tempat umum.
b. Bagi daerah-daerah padat penduduk, dilaksanakan sholat Jum'at dua (dua) gelombang.

9. Jemaah yang sedang sakit, batuk, demam, sesak napas dan mengalami gejala flu agar melaksanakan sholat di rumah hingga dinyatakan sembuh.
New Normal, Bagaimana Cara Sholat di Masjid yang Aman dan Benar? 
Sholat berjamaah di masjid. Kangen enggak gan? (sumber: google.com)

Tentunya, walaupun protokol sholat di masid yang baru sudah dikeluarkan tidak ada salahnya kalau agansis menerapkan protokol yang lebih ketat untuk diri sendiri. 

Selain mengikuti panduan di atas, tidak ada salahnya bila agansis melakukan beberapa hal berikut agar kita semua terhindar dari Covid-19 dan kesehatan diri dan keluarga bisa lebih terjaga juga:
1.      Memastikan asupan gizi diri sendiri dan keluarga terjaga
2.      Mencuci tangan dan daerah-daerah yang tidak tertutup pakaian sepulangnya dari masjid
3.      Langsung mengganti baju yang digunakan ke masjid dan mencucinya, atau minimal menyemprotnya dengan cairan disinfektan dan dijemur di matahari siang
4.      Mengenakan peci/kopiah agar rambut dan kepala bisa terhindar dari menyentuh permadani masjid bila tidak membawa sajadah sendiri
5.      Pastikan LANGSUNG PULANG ke rumah setelah selesai sholat dan menghindari mengobrol dengan tetangga untuk meminimalisir kontak
6.      Pastikan tidak bersalaman, berpelukan dan cupika-cupiki dengan jamaah yang lainnya. Cukup lah kita salaman lewat udara saja

Covid memang bukan alasan untuk tidak memakmurkan masjid, apalagi dengan adanya izin resmi terukur dan terbatas yang dikeluarkan oleh Menteri Agama. Namun, perlu kita pastikan bahwa masjid juga tidak menjadi klaster penyebaran Covid yang baru juga kan?
New Normal, Bagaimana Cara Sholat di Masjid yang Aman dan Benar?
Say not to Covid-19! (sumber: google.com)

Bagaimana menurut agansis? Ada yang kurang? Silakan berkomentar ya!

Ingat Kaskuser yang budiman tidak lupa untuk kirim-kirim emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star ya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mrdreofzhongwen
Pertamax reserved! Agan2 sudah siap untuk kembali meramaikan masjid?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
kalo ane sih dirumahemoticon-Cool
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh anakjahanam721
Lihat 1 balasan
Alhamdulillah kalau perempuan sholat nya di rumah aja, keren infonya nice Thread ya
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
sedih yaaa kita nggak bisa kayak dulu lagi
Krn udah ada izin dr menag & mui, ane mulai sholat jamaah di mesjid walaupun antar jamaah ada jarak 1 meteran
Nah kalo ada aturannya gini kan enak, jadi sama sama saling menjaga.
Mana yg kemaren suka koar koar dilarang beribadah
yg gw tau..
shalat kan saf nya harus rapat ya,
salah satu syarat kesempurnaan shalat jamaah

nah klo Saf nya berjarak itu hukumnya bijimane gan?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di