CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Persiapan sebelum melakukan Medical Check Up
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed5f99adbf7643d976e4c54/persiapan-sebelum-melakukan-medical-check-up

Persiapan sebelum melakukan Medical Check Up


Persiapan sebelum melakukan Medical Check Up – Medical Check Up merupakan pemeriksaan secara menyeluruh yang penting untuk dilakukan secara teratur.  Sebelum melakukan Medical Check Up itu sendiri terdapat persiapan sebelum melakukannya.

Pemeriksaan Medical Check Up secara rutin sangatlah perlu dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan pada tubuh kita, mendeteksi dini suatu penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Dengan melakukan Medical Check Up kita dapat menentukan langkah pengobatan lebih lanjut atau rujukan ke dokter spesialis jika hasil menunjukan adanya masalah kesehatan.

Persiapan sebelum melakukan Medical Check Up

Mungkin sebagian orang masih beranggapan bahwa paket medical check up murahitu sangatlah jarang. Sesungguhnya saat ini sudah banyak klinik atau rumah sakit yang menyediakan berbagai macam paket medical check up dengan biaya yang cukup terjangkau. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai mahalnya biaya medical check up ya.

Pemeriksaan kesehatan secara berkala dapat dilakukan oleh orang yang sehat, penderita kondisi medis tertentu, atau sesuai dengan kebutuhan, seperti:

·       Penderita penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes.

·       Orang berusia di atas 40 tahun, terutama yang memiliki keluhan fisik atau riwayat penyakit kronis.

·       Persiapan tindakan operasi.

·       Sebagai persyaratan administratif untuk melamar pekerjaan, permohonan aplikasi visa dan asuransi, atau jenjang perguruan tinggi pada jurusan tertentu.

·       Medical Check Up karyawan.

Lalu apa saja hal yang harus Anda lakukan sebelum mendapatkan klinik yang menyediakan paket medical check up murah. Berikut ini kami rangkum beberapa penjelasan mengenai persiapan sebelum pemeriksaaan kesehatan atau Medical Check Up.

1.    Mencatat keluhan

Catat keluhan yang pernah atau selama ini Anda alami misalnya nyeri, sakit kepala, perubahan bentuk anggota tubuh, gangguan siklus menstruasi, alergi, atau muncul benjolan. Selain keluhan fisik, Anda juga bisa menyampaikan keluhan terkait kesehatan mental Anda, misalnya sulit tidur, memiliki rasa cemas, stres, atau sedih berkepanjangan.

2.    Mencatat riwayat kesehatan keluarga

Riwayat kesehatan keluarga mencakup informasi tentang riwayat kesehatan dan riwayat penyakit pada keluarga inti maupun kerabat dekat Anda yang sedarah. Informasi ini penting untuk diketahui oleh dokter agar dokter dapat mendeteksi apakah Anda memiliki faktor risiko kelainan genetik atau penyakit turunan tertentu.

3.    Mencatat obat yang dikonsumsi

Saat menjalani pemeriksaan kesehatan berkala, Anda perlu memberitahukan kepada dokter terkait obat-obatan, suplemen, atau obat herbal yang rutin atau pernah Anda konsumsi dalam jangka panjang. Hal ini penting untuk melengkapi informasi yang diperoleh oleh dokter ketika melakukan pemeriksaan medical check up.

4.    Membawa hasil pemeriksaan medis sebelumnya

Jika sebelumnya Anda pernah menjalani tindakan medis tertentu, seperti operasi, imunisasi, atau fisioterapi, jangan lupa untuk memberitahukannya kepada dokter. Begitu pula jika Anda pernah menjalani pemeriksaan penunjang tertentu, seperti tes darah dan urine, foto Rontgen, USG, CT scane, endoskopi, dan biopsi.

5.    Mencari tahu ketentuan pemeriksaan yang akan dijalani

Beberapa pemeriksaan kesehatan mungkin mengharuskan Anda untuk berpuasa selama 8–12  jam sebelum pemeriksaan dilakukan, misalnya pemeriksaan kolesterol dan gula darah.

Selain beberapa persiapan di atas, Anda juga dianjurkan untuk memeriksa kembali jadwal medical check up yang akan dijalani dan usahakan untuk datang tepat waktu.

Dapatkan berbagai macam penawaran medical check up dengan harga terjangkau hanya di plazamedis.com.

 



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di