CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Eksistensi jual beli online dalam masa pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed5deab337f9341cd3aa25f/eksistensi-jual-beli-online-dalam-masa-pandemi

Eksistensi Jual Beli Online Dalam Masa Pandemi

Jual beli merupakan suatu kegiatan yang melibatkan dua pihak, dari pihak penjual dan pembeli, zaman dulu jual beli sering dikenal dengan sistem pembayaran dengan menukar barang atau sering disebut dengan barter. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, mulai adanya alat tukar berupa uang dan lainnya. Dan pada saat ini kita mulai mengenal jual beli online, dengan berbagai kemudahan yang di tawarkan.
Dilansir dari berbagai sumber, awal mula toko online di Indonesia dimulai pada tahun 1994 saat Indosat menjadi internet service provider pertama di Indonesia sekaligus memberikan koneksi internet bagi seluruh masyarakat. Koneksi internet itu bisa dimanfaatkan sebagai jalan bagi kebanyakan orang untuk berjualan. Cikal bakal toko online baru muncul di tahun 1999 saat Andrew Darwis mendirikan sebuah forum bernama Kaskus yang juga menjadi forum jual beli. Selanjutnya, Bhinneka.com berdiri dan menjadi tempat jual beli juga di tanah air. Menyadari pertumbuhan transaksi online yang berkembang dengan cepat, pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk membuat draft UU e-commerce. 4 tahun berselang, Tokobagus.com berdiri. Ekosistem toko online yang semakin banyak membuat Doku diluncurkan sebagai layanan uang elektronik.2 tahun kemudian, Tokopedia berdiri. Hype e-commerce berhembus dengan kencang saat Go-jek didirikan pada tahun 2010 sebagai layanan transportasi online serta didirikannya Bukalapak. Hingga kini, Tokopedia dan Go-jek terus berinovasi dan telah menjadi perusahaan yang memiliki pengaruh besar pada ekonomi tanah air. Mulai bermunculan perusahaan-perusahaan e-commerce yang bergerak di berbagai bidang seperti Tiket.com yang berdiri pada tahun 2011. Setahun kemudian, giliran Traveloka dan idea yang berdiri serta diadakannya Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Ada banyak toko di Indonesia yang berkembang dengan sangat pesat dengan adanya jual beli online ini, dengan perkembangan tersebut juga memberikan dampak yang sangat bagus terhadap bidang ekonomi. Data analisis Ernst & Young menunjukkan bahwa bisnis online di Indonesia berkembang sebesar 40 % setiap tahunnya . Bisnis online tersebut didominasi oleh pelaku UMKM.
Sejak awal hingga sekarang, pertumbuhan e-commerce membawa banyak pengaruh terutama pada 3 bagian penting di perekonomi Indonesia, lapangan pekerjaan, tingkat belanja masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi daerah.
Namun pada akhir tahun 2019 pandemi mulai mengguncang dunia, mulai muncul virus COVID – 19 yang menggetarakan seluruh pelosok dunia tidak terkecuali Indonesia. Sehingga membuat perekonomian di Indonesia mulai terhambat dan mulai menurun drastis, menurut tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia virus ini masuk ke Indonesia sejak minggu ke – 3 Januari 2020. Banyak usaha yang terkena imbas atau dampak dari virus ini, namun untuk jual beli online malah mengalami pertumbuhan. Karena dari pemerintah memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home serta kegiatan belajar di rumah.
Sejak penyebaran Virus Corona di Indonesia, sejumlah perusahaan jasa pengiriman barang mencatat kenaikan pengiriman barang mencapai 80% . Pada kondisi sekarang ini, sekitar 60% sampai 70% transaksi pengiriman barang perusahaan berasal dari e-commerce. Meskipun saat ini kegiatan jual beli online dinilai menjadi solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengurangi kekhawatiran konsumen dan juga mencegah resiko penularan antar manusia, tentu ada peraturan khusus dan tindakan preventif yang diberlakukan oleh perusahaan-perusahaan pengirim barang dalam masa pandemi ini. Tindakan preventif itu dilakukan sebagai upaya agar pengiriman barang dari transaksi jual beli online tidak terganggu dengan adanya pandemi, beberapa langkah preventif tersebut diantaranya adalah dengan mewajibkan para karyawan untuk menggunakan masker dan sarung tangan baik saat menyortir barang, pengambilan barang, hingga pengantaran selalu melakukan pengecekan suhu tubuh seluruh karyawan.
Selain itu, beberapa perusahaan juga telah menginstruksikan untuk menyemprotkan desinfektan pada seluruh cabang dan setiap paket yang akan dikirim serta memberikan edukasi mengenai upaya antisipasi dan pencegahan penyebarab virus melaluai station pengiriman barang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fadhiel07
Mantap, cuma saran, agar enak dibaca, paragrafnya jangan panjang-panjang, ya!
Lihat 1 balasan
Baik kak, terima kasih krisarnya🤗
Diubah oleh RohayaFadilla
Lihat 1 balasan
kita sebelum pandemi sudah melakukan penjualan online dan ini bekerja. Alhamdulillah bisa menambah pendapatan keluarga. Web kami di spr45.co.id, menjual chemical laundry untuk kebutuhan pengusaha laundry


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di