CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Skill Junior Programmer yang Wajib Dikuasai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed5dd80c8393a16a33eab92/skill-junior-programmer-yang-wajib-dikuasai

Skill Junior Programmer yang Wajib Dikuasai

Pihak perekrut biasanya telah dapat menangkap skill junior Programmer pada saat tahap wawancara. Sesi wawancara teknis ini mewajibkan kandidat menunjukkan sejumlah keahlian sebagaimana dibutuhkan oleh perusahaan incaran.

Sejumlah skill junior Programmer ini beragam isinya, tergantung pada peran yang akan Anda lakukan, industri dan firma yang Anda lamar.

Secara umum, setidaknya ada lima skill junior Programmer yang harus dikuasai:

1. Keahlian Non-Teknis

Keahlian non-teknis atau soft skill memainkan peran yang tak kalah pentingnya dengan keahlian teknis. Dari level pemula sekalipun, Anda harus sanggup mengkomunikasikan pekerjaan, baik proses maupun hasilnya, kepada sesama rekan kerja, klien ataupun atasan jika memang dibutuhkan.

Selain perkembangan pekerjaan, kemampuan berkomunikasi yang baik dibutuhkan dalam mengutarakan suatu masalah hingga menjadi pemimpin dalam tim nantinya. Di dunia dengan level kompetisi yang semakin ketat, keahlian non-teknis semakin berperan menjadikan seorang Programmer berbeda dari yang lain jika benar-benar diasah.

 2. Keahlian Memecahkan Masalah

Skill junior Programmer yang cukup penting adalah kemampuan dalam memecahkan masalah yang mewajibkan mereka memahami cara menyampaikan pemikiran, ide dan pengalaman mereka. Dengan mempunyai orientasi pemecahan masalah sedari awal, seorang Programmer dapat fokus dan efektif dalam menangani suatu proyek atau masalah teknis.

 3. Mempunyai Pemikiran Bisnis

 Jangan hanya bekerja sekadar mengaplikasikan kode yang dikuasai. Sebagai bagian dari sebuah perusahaan, Anda harus belajar mengasah pemikiran bisnis. Pelajarilah bagaimana perangkat lunak atau aplikasi yang dikerjakan cocok dengan cakupan perusahaan yang lebih luas, bagaimana proyek mereka menyumbang terhadap keseluruhan Return on Investment atau ROI hingga keuntungan perusahaan mereka.

Mempunyai keahlian ini dapat memacu Anda bekerja lebih cerdas dan efektif.

 4. Mahir dalam Bahasa Pemrograman Penting

Sudah pasti keahlian teknis termasuk ke dalam skill junior Programmer yang patut dikuasai. Yang pertama dalam keahlian teknis adalah memahami bahasa pemrograman inti beserta kerangka kerja yang digunakan oleh perusahaan yang Anda incar. Di lain pihak, firma berukuran lebih kecil mempunyai sumber yang lebih sedikit guna mendidik Programmer baru sehingga menguasai bahasa pemrograman yang penting akan membantu Anda belajar lebih cepat.

 5. Memahami Algoritma dan Struktur Data

Struktur data merupakan konsep pemrograman inti sehingga wajib bagi seluruh Programmer untuk mengetahuinya. Perusahaan besar cenderung menanyakan lebih banyak pertanyaan tentang algoritma sedangkan firma yang lebih kecil condong menanyakan hal yang lebih berfokus pada pemrograman. Algoritma dan struktur data merupakan indikator penting untuk mengetahui kemampuan komputasi seorang Programmer sekaligus sifat yang dibutuhkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak hebat.

Baca juga artikel lainnya : Cara Menjadi Junior Programmer Agar Dicari Perusahaan

Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Junior Programmer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.
Bagus nih, apalagi belajar soal pemikiran bisnis...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di