CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed5ac83af7e93796d0fa042/tabulampot-tanaman-buah-dalam-pot-indah-dipandang-sedap-juga-dimakan

Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan

Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan
“Lihat kebunku, penuh dengan bunga.” Kalau kamu ingat lagu Lihat Kebunku, kamu juga pasti masih hafal liriknya tersebut. Tapi ternyata bukan cuma bunga saja yang bisa bikin kebunmu terlihat indah, tabulampot tanaman buah dalam pot juga bisa menjadikan lahan kosong terlihat cantik. Dengan media pot, pohon buah bisa ditanam di lahan yang berukuran kecil karena pertumbuhannya memang jadi terbatas. Tapi hebatnya, kebanyakan tabulampot justru lebih subur dan sering berbuah meski terlihat mungil. Praktis, kan? Yuk, lihat tanaman apa saja yang bisa ditanam dalam pot serta cara menanamnya. 

Semangka 

Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan
Sumber: pexels.com


Buah semangka populer banget. Buah ini memang banyak disukai karena rasanya yang begitu segar. Nah, semangka pada dasarnya merupakan tanaman yang merambat. Namun, ternyata kamu juga bisa menanam semangka di dalam pot.

Kamu cukup menyiapkan pot tanaman, lalu diisi tanah, kemudian taburkan benih semangka pada potmu tersebut. Tapi tentu saja bentuk pot harus disesuaikan ya, sebab semangka adalah tumbuhan rambat. Agar pertumbuhan semangkamu maksimal, kamu bisa menambahkan sulur-sulur kawat yang sudah diberi penyangga kayu, di atas pot untuk tempat merambatnya tanaman semangkamu.


Terung
Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan
Sumber: pexels.com


Kalau yang ini merupakan salah satu jenis sayuran yang populer banget. Biasanya, terung dimasak dengan bumbu balado, atau digoreng untuk melengkapi lalapan kemudian dimakan bersama sambal. Kamu pun bisa menanam tanaman ini sendiri di pot di rumah kamu. Meski bukan termasuk buah, tapi cara budidaya sayur satu ini juga sama dengan tabulampot pada umumnya.

Caranya, kamu bisa menyiapkan pot yang memiliki ukuran minimal 12 cm. Tujuannya supaya tanaman terung kamu tumbuh dengan baik. Lalu, setelah mengisi pot dengan tanah, beri tiang penyangga atau ajir untuk tempat menjalarnya tanaman terung kamu. Tidak sulit, kok. 
Anggur
Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan
Sumber: pexels.com


Anggur yang buahnya bulat kecil dan ada banyak dalam satu tangkai, memiliki rasa manis yang khas. Kalau kamu suka makan anggur, kenapa tidak menanamnya sendiri saja dalam pot? Kamu memerlukan pot besar yang kokoh sehingga bisa mendukung pertumbuhan sulur anggur yang kuat.

Mirip seperti terung, kamu juga perlu menambahkan tiang penyangga pada pot anggur kamu tersebut, untuk membantu mempermudah merambatnya sulur anggur. Lalu, kamu tinggal menanam bibit anggur di tanah di dalam pot. Hampir semua jenis anggur bisa ditanam di pot, jadi kamu bebas mau menanam yang mana. 

Stroberi

Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan
Sumber: pexels.com


Ini merupakan salah satu pilihan tabulampot tanaman buah dalam pot terbaik. Stroberi bisa tumbuh dalam pot bahkan jika potnya kecil sekalipun. Sementara, yang perlu kamu perhatikan yaitu perawatannya. Setidaknya, dalam sehari, biarkan stroberimu terkena sinar matahari selama 6-8 jam.
Paparan sinar matahari yang cukup tersebut akan membuat stroberimu tumbuh dengan sangat baik. Untuk menyiramnya, kamu bisa melakukannya secukupnya saja, yang penting tanahnya kamu basahi jika kering. Kalau kamu merawatnya dengan benar, maka kamu bisa memetik stroberi dari kebun sendiri, nih.

Blueberry
Tabulampot Tanaman Buah dalam Pot, Indah Dipandang Sedap Juga Dimakan
Sumber: pexels.com


Selanjutnya, kamu bisa menanam buah blueberry di dalam pot. Saat tanamannya sudah bertambah besar nanti, kamu dapat memangkasnya serta merawatnya supaya tumbuh pendek. Untuk menanamnya, kamu perlu menyiapkan pot berukuran 50 cm yang kedalamannya 45 cm.

Lalu, media tanamnya yang paling cocok adalah cocopeat dicampur dengan pupuk kompos. Jika sudah, kamu tinggal menanam benihnya di dalam pot tersebut. Merawat blueberry tidak sulit, yang penting pangkas tanamannya begitu tumbuh semakin besar, agar tetap bisa pas di pot. Buah ini tergolong cukup mahal di Indonesia, jadi menyenangkan kalau bisa memetik langsung di halaman rumah, kan?

Beragam tabulampot tanaman buah dalam pot tadi pas banget kamu budidayakan sendiri di rumah. Selain mudah merawatnya, kamu juga bisa menjadikannya elemen estetis di pekarangan kamu. Pilih pot dengan warna dan motif yang serasi dengan tema kebun kamu. Seru banget, deh.


Baca Artikel Menarik Lainnya
7 Fakta Unik Tahun Kabisat, Dari Larangan Menikah Sampai Mitos Kelahiran

profile-picture
NEGATIVETHINKIN memberi reputasi
gak kebayang sih nanem semangka dipot. klo terong okelah dia bisa dipot. tp klo semangka kan taneman merambat ya, apa kagak ribet tuh ditanem dipot .. trus merambatnya gimana dong ya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di