CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RUU Cipta Kerja Dinilai Akan Mudahkan Anak Muda Dirikan Perusahaan Rintisan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed58829f4d69572646de50f/ruu-cipta-kerja-dinilai-akan-mudahkan-anak-muda-dirikan-perusahaan-rintisan

RUU Cipta Kerja Dinilai Akan Mudahkan Anak Muda Dirikan Perusahaan Rintisan

 RUU Cipta Kerja Dinilai Akan Mudahkan Anak Muda Dirikan Perusahaan Rintisan

Merdeka.com - Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja yang telah diserahkan pemerintah kepada DPR pada Februari 2020 dinilai telah mengakomodasikan potensi lokal untuk berinvestasi di dalam negeri, dan bukan hanya untuk kepentingan investasi asing.

"RUU Cipta Kerja ini bukan hanya berbicara tentang investasi asing, bukan hanya berbicara tentang korporatisasi investment, tapi juga bicara tentang domestic investment," ujar pakar hukum Universitas Indonesia, Teddy Anggoro dikutip dari Antara di Jakarta, Kamis (28/5).

Dia juga menyampaikan RUU Cipta Kerja memuat aturan yang memudahkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjadi badan usaha, yang selama ini, Undang-Undang Perseroan Terbatas terbilang menyulitkan UMKM untuk berkembang.

Teddy memaparkan, salah satu kemudahan UMKM menjadi badan usaha yang diatur dalam RUU Cipta Kerja adalah tidak diperlukan notaris. Selain itu, UMKM dapat menjadi badan usaha lewat satu orang.

"Selama ini mendirikan PT mesti dua orang. Kita mesti cari orang. Karena bisa jadi yang tahu bisnisnya kita. Itu kan udah membantu banget,” ujarnya.

1 dari 1 halaman
Investasi Domestik

rev1

Adapun terkait investasi domestik, Teddy mencontohkan ketika anak muda mendirikan usaha rintisan, maka mereka akan dengan mudah membentuk PT tanpa harus khawatir dan harus menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

"Saya selalu contohkan yang namanya Bill Gates, Steve Jobs, atau Mark Zuckerberg itu orang yang memulai bisnisnya dari garasi. Artinya apa? Mereka UMKM dulu, kan? Sekarang jadi orang terkaya di dunia," ujarnya.

"Kenapa mereka bisa begitu? Karena hukum di Amerika memungkinkan untuk mendapatkan kemudahan untuk berusaha. Nah, di kita ini tidak ada dan adanya RUU Cipta Kerja itu bagus saya bilang di sisi itu," tambahnya.

Di sisi lain, Teddy menilai DPR mengambil langkah tepat dengan melanjutkan pembahasan RUU tersebut. Sebab, klaster ketenagakerjaan yang sempat menjadi polemik sudah ditunda dibahas oleh Presiden Joko Widodo. [idr]

link

 RUU Cipta Kerja Dinilai Akan Mudahkan Anak Muda Dirikan Perusahaan Rintisan
profile-picture
jeffm12 memberi reputasi
Diubah oleh perojolan13
beresin dulu corona, sia sia ruu ini ada corona tolol
anak muda banyak yg pengen pns dipermudh ujiannya.....
aamiin deh semoga
Daripada nganggarin buzzerrp buat pengiringan opini mending buat penanganan covid
selama ormas gak diberantas ya percuma aja ada UU baru
toko kecil aja gak bebas dari ancaman ormas dalih "uang keamanan"


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di