CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
4 Hal Pemicu Penuaan Dini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed2f26df4d69503b96ed7f0/4-hal-pemicu-penuaan-dini

4 Hal Pemicu Penuaan Dini

Dunya Insan, Jakarta - Menua adalah proses alami yang akan terjadi pada setiap makhluk hidup, meliputi seluruh organ tubuh tak terkecuali kulit. Kulit dianggap cermin penampilan seseorang. Sehingga tidak salah bila banyak orang berusaha merawatnya dan memperlambat proses penuaan. faktor dari dalam diri seperti genetik, ras dan hormonal tak dapat dipungkiri menjadi penyebab umum penuaan.
Proses saat mulai terjadinya menua pada kulit tidaklah sama tiap indivudu. Beberapa menua sesuai usia, namun banyak juga yang mengalami proses penuaan yang tidak sesuai dengan usianya, hal ini disebut dengan penuaan dini.
Dari beberapa tinjauan teori ada beberapa hal yang dapat menyebabkan individu mengalami proses penuaan lebih cepat.
1.       Lingkungan

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menghasilkan radikal bebas yang menyebabkan berbagai kerusakan struktur kulit. Kelembaban udara yang rendah seperti di ruangan AC menyebabkan kulit menjadi kering sehingga mempercepat proses penuaan kulit. Polusi udara dari kendaraan bermotor dan dari pabrik juga mejadi salah satu pemicu. Untuk menhindari hal ini maka ada baiknya menggunakan pelembab yang mengandung macam-macam zat yang dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas sehingga sahabat insani dapat beraktifitas dengan tenang.

2.       Gizi

Banyaknya konsumsi makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan pelezat dapat memicu penuaan dini. Bahan tambahan pada makanan tersebut mengadung radikal bebas yang diketahui dapat menyebabkan kerusakan sel. Contohnya seperti makanan instan, fast food. Hindari makanan tersebut, konsumsilah makanan sehat yang menunjang kebutuhan sel-sel yang ada didalam tubuhmu.

3.       Cara perawatan kulit yang salah

Terlalu sering menggnakan sabun atau pembersih beralkohol pada kulit jenis normal atau kering dapat menghilangkan lemak pada permukaan kulit sehingga hal ini dapat menurunkan elastisitas kulit/kulit menjadi kering. Gunakan kosmetik non alkohol yang dapat menjaga kulit kita agar terhindar dari kerusakan.

4.       Pemakaian otot-otot muka berulang-ulang

Saat Cemberut, mengerutkan kening dan marah tentunya otot-otot muka akan bereaksi lebih dari biasa. Hal ini disinyalir dapat menyebabkan terbentuknya kerutan dan alur kulit yang menetap.

Mulailah menerapkan dan membiasakan hidup sehat, aktif, dan berpikiran positif agar terhindar dari penyakit maupun tanda-tanda tubuh mengalami penuaan dini.

Penulis : saya sendiri










satu lagi, kurangi marah, perbanyak senyum supaya otot-otot muka tidak cepat mengkerut, intinya jangan terlalu serius dalam menghadapi masalah, bawa santai saja asal tetap selesai


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di